Hmm, pasti bagi beberapa masyarakat Indonesia, mungkin juga kamu, masih sangat asing dengan nama salah satu dari ribuan air terjun yang ada di Indonesia ini ya?

Ya, nama air terjun Jumog memang belum setenar air terjun-air terjun lain, di Jawa Tengah, terlebih di Indonesia ini.

Air terjun Jumog adalah sebuah wisata alami pegunungan yang terletak di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Yang membuat air terjun ini begitu menarik adalah suasana alam dan pedesaan khas nuansa pegunungannya yang masih alami dan menyegarkan. Airnya bersih dan pemandangannya hijau dengan pepohonan yang masih perawan.

Mungkin karena terhitung jarang ada wisatawan yang mampir atau karena memang pembangunan untuk kecantikan wisata yang masih terbilang baru maka nuansa alami di air terjun ini masih kuat dipertahankan.

Selain itu, tiket masuk menuju wana wisata ini juga termasuk sangat murah. Pada hari biasa kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 3000, dan saat liburan besarnya Rp 5000.

Dengan harga tiket yang relatif murah, membuat banyak pengunjung yang puas dengan fasilitas yang disuguhkan di wana wisata ini. Selain area yang walau agak sempit namun terjaga kebersihannya, juga kamar mandi umum yang bersih dan berair jernih.

Di sini kamu juga akan menemukan banyak warung makan yang enak-enak, terlebih warung makan sate ayam dan sate kelinci yang dibakar dari arang, disuguhkan dengan bumbu sate nikmat, sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Setelah kenyang dan cukup tenaga untuk berpetualang, kamu bisa mendaki tangga khas dari wana wisata ini. Tangga yang dibangun pada tahun 2004 dengan membabat semak belukar di sekitar area ini memiliki anak tangga sejumlah 116 buah.

Di sini kamu juga bisa menemukan jembatan cantik yang dihiasi dengan sungai mengalir di bawahnya, airnya jernih dan bersih dari sampah. Area ini sungguh cocok untuk kamu yang hobi berfoto bersama atau selfie, hehehe.

Hmm, bagi kamu yang hobi traveler, perlu mencoba datang kesini nih ya!