Alam Indonesia adalah alam yang luar biasa kaya. Tak hanya kandungan perut bumi namun juga kekayaan keindahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata oleh pemerintah setempat.

Salah satu obyek wisata alam yang menjadi favorit warga adalah air terjun. Air terjun digemari masyarakat untuk mendapatkan kesegaran saat bermain air. Selain itu air terjun juga sangat bagus sebagai obyek berfoto selfie.

www.yukpegi.com
www.yukpegi.com

Obyek wisata air terjun yang cukup terkenal adalah Air Terjun Sedudo di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki tinggi 105 meter. Jaraknya sekitar 30 Km arah selatan dari Ibu Kota Kabupaten Nganjuk.

Air terjun ini menyimpan misteri sehingga berujung pada penutupannya secara permanen. Berikut ini misteri air terjun sedudo yang berujung penutupan secara permanen.

1Mitos Membuat Awet Muda dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

www.okenyus.com

Mitos yang pertama air terjun ini dipercaya dapat membuat orang yang mandi di sini menjadi awet muda. Selain itu air terjun ini juga dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Bahkan mitos ini dituliskan di papan informasi menuju air terjun. Mitos inilah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Mereka betah untuk berendam selama berjam-jam atau sekedar mencelupkan kakinya.

Tak hanya orang-orang tua yang biasanya masih percaya dengan hal-hal klenik. Anak-anak muda yang akrab dengan dunia online dan sangat modern pun banyak yang mempercayai mitos ini.

2Ramai Dikunjungi Terutama Menjelang Pemilihan Umum

www.rakyatsultra.co.id

Apa hubungannya air terjun ini dengan pemilihan umum atau pemilu? Ternyata satu lagi mitos yang berkembang adalah berendam di air terjun ini akan melancarkan karir di dunia perpolitikan.

Banyak calon wakil rakyat yang mengunjungi air terjun ini dengan harapan pertarungannya dalam pemilu dapat lancar. Jadi apakah orang-orang intelektual yang duduk sebagai wakil rakyat pantas mempercayai hal-hal seperti ini?

3Pantangan Selama Berada di Air Terjun Sedudo

www.sugimasihada.com

Berkunjung ke air terjun Sedudo ada peraturan ketat yang tidak tertulis namun dipercayai turun temurun.

Beberapa pantangan tersebut diantaranya dilarang berbuat asusila di lokasi air terjun, dilarang membawa pulang barang-barang asli disekitar air terjun, serta dilarang membawa pulang shampo dan sabun yang dibawa dari rumah.

Namun, larangan yang harus lebih hati-hati adalah dilarang untuk berkomentar aneh-aneh jika menemukan sesuatu yang ganjal di air terjun ini.

Konon katanya jika ada pengunjung yang melanggar aturan ini akan mengalami mara bahaya yang berujung pada kematian.

4Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk Mendukung Ritual

www.megapos.co

Salah satu ritual yang didukung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk bertema “Mandi Sedudo.” Adapun ritual ini digelar setiap tanggal 1 Suro atau 1 Muharam dalam penanggalan Hijriyah.

Masyarakat percaya bahwa mandi pada tanggal 1 Suro di Air Terjun Sedudo mendatangkan banyak manfaat.

5Tragedi Tebing Longsor

www.youtube.com

Sebuah musibah telah terjadi di Air Terjun Sedudo pada 21 Juli 2015. Tebing air terjun ini mengalami longsor pada pukul 16.00 dan memakan korban 3 orang.

Berdasarkan hasil rapat lintas instansi yang berlangsung di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nganjuk pada tanggal 27 Juli 2015, telah disepakati penutupan kolam tersebut secara permanen.

Hal ini dikarenakan di wilayah ini masih rawan terjadi longsor kembali.

Sebagai umat muslim, tak semestinya kita mempercaya mitos-mitos yang berkembang dia Air Terjun Sedudo. Bagaimanapun juga aqidah seorang muslim yang lurus adalah kunci utama untuk meraih syurga.

Tiada daya tiada upaya, melainkan Allah yang maha kuasa. Wallahu’alam.

SHARE