bacathok.com

Percaya! 6 Air Terjun Terindah di Jawa Timur Ini Akan Mengalihkan Duniamu

Posted on

Di Jawa Timur terdapat sedikitnya 6 air terjun terindah yang karakteristiknya menarik serta ada history menarik yang menjadi latar belakang keberadaan air terjun tersebut.

Air terjun sendiri bisa menjadi wahana untuk bersantai dengan keluarga dan dapat juga digunakan sebagai sumber energi potensial pembangkit tenaga listrik.

Sehingga, kita harus bisa menjaga apa yang telah Tuhan berikan dan memanfaatkan sebaik mungkin. Dan inilah 6 air terjun itu!

Air Terjun Madakaripura

triptrus.com
triptrus.com

Madakaripura? Ya, dari nama Mada kita bisa menebak bahwa ada sejarah yang tersingkap dari nama air terjun Madakaripura tersebut. Masyarakat lokal meyakini Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Konon, sumber kekuatan sang patih yang luar biasa berasal dari dalam gua di dekat Air Terjun Madakaripura. Di sana Gajah Mada sering datang untuk bermeditasi.

Nama lain dari Air Terjun Madakaripura adalah air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya untuk mencapai ke tujuan utama.

Suasana kawasan air terjun dilengkapi dengan pemandangan hijau khas pegunungan, serta udara yang masih bersih dan segar. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 200 meter.

Menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura yang ada di Kabupaten Toba Samosir, Parapat, Provinsi Sumatera Utara.

Medan untuk menuju ke lokasi air terjun ini memang agak berat. Apalagi di kawasan ini sering terjadi banjir dan longsor.

Kamu yang asli Jawa Timur, mampirlah ke air terjun di Probolinggo ini!

Air Terjun Putuk Truno

berlibur-yuk.blogspot.co.id
berlibur-yuk.blogspot.co.id

Menurut cerita, nama Putuk Truno diambil dari salah satu pertapa di air terjun ini yaitu Joko Truno, yang akhirnya menjelma menjadi ular (Putuk).

Air Terjun Putuk Truno adalah salah satu air terjun dari beberapa yang ada di kaki Gunung Welirang, tepatnya berada di Jl. Putuk Truno, Prigen, Tretes, Pasuruan.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter, sehingga hempasan air menciptakan percikan air yang cukup indah bila dilihat dari atas.

Dari pintu masuk utama, kamu harus menuruni jalan setapak kurang lebih 300 m untuk mencapai air terjun ini. Di beberapa tempat, kamu akan melihat peringatan untuk berhati-hati karena daerah tersebut rawan longsor.

Sisi kanan adalah tebing, sementara di kiri ada sungai yang tertutupi oleh rimbunnya pepohonan. Di atas tebing sebelah kiri, kamu dapat melihat Vihara yang persis dibangun di pinggir tebing.

Air Terjun Tancak

ranselpetualang.wordpress.com
ranselpetualang.wordpress.com

Air Terjun Tancak berada di Kabupaten Jember yang akan diproyeksikan menjadi tempat wisata andalan masyarakat Jember. Letaknya di daerah perbukitan Tancak, sekitar 16 Km dari barat daya kota Jember.

Perjalanan menuju lokasi pun, pengunjung akan tersuguhi dengan pemandangan kebu kopi yang sangat indah. Sampainya di lokasi, Air Terjun Tancak akan memanjakan pengunjung dengan hembusan udara dan kesegeran yang luar biasa.

Air Terjun Kakek Bodo

wisatajatim.info

Air Terjun Kakek Bodo merupakan air terjun terindah kedua di Kabupaten Pasuruan yang letaknya berada di tengah hutan dan awalnya merupakan tempat semedi seorang kakek yang telah lama mengabdi pada keluarga kaya raya.

Dalam pengabdiannya, sang kakek memutuskan untuk bersemedi dan meninggalkan segala hal yang bersifat keduniawian. Atas pilihan hidupnya ini, keluarga Belanda menyebut sang kakek dengan sebutan ‘Si Kakek Bodo’.

Namun demikian, di tempat semedi berupa air terjun di tengah hutan tersebut, sang kakek mendapatkan kesaktian yang digunakan untuk membantu warga sekitar saat membutuhkan pertolongan.

Dari pintu gerbang menuju lokasi air terjun, para pengunjung harus berjalan kaki menanjak sekitar 2 km, atau setara dengan 1 jam perjalanan.

Namun demikian, tak perlu khawatir dengan track yang becek dan licin, pasalanya pihak pengelola telah membuat akses jalan menjadi bagus, sehingga mudah dilewati oleh semua pengunjung dari berbagai usia.

Air Terjun Kakek Bodo memiliki tinggi pancur sekitar 40 meter, yang bersumber dari aliran sungai Kaligetik. Di bawah curahan air terdapat kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter.

Berani menerima tantangan untuk bisa ke lokasi dengan berjalan kaki selama 1 jam?

Air Terjun Sumber Nyonya

obyekwisataindonesia.com
obyekwisataindonesia.com

lagi-lagi, Kabupaten Pasuruan menampakkan keindahan alamnya yang masuk dalam air terjun terindah setelah Air Terjun Putuk Truno dan Air Terjun Kakek Bodo . Air Terjun Sumber Nyonya terletak di Dusun Gunung Sari, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Air Terjun Sumber Nyonya sebenarnya bertingkat, hanya saja air terjun yang pertama dan kedua agak jauh, sedangkan air terjun yang ketiga jaraknya dekat sekali.

Air Terjun Gunung Sari ini merupakan air terjun yang tergolong aman karena air tidak langsung jatuh ke tanah, dimana air yang jatuh terlebih dahulu mengenai bebatuan yang berada di tingkat yang lebih rendah, sehingga tidak ada tempat yang dalam di sekitar hempasan air.

Air Terjun Nglirip

nahlbee.blogspot.co.id
nahlbee.blogspot.co.id

Bagi kamu yang berasal dari Tuban, mungkin sudah mengenal Air Terjun Nglirip?

Air terjun ini sangat terkenal sekali dengan mitos-mitosnya diantaranya jika kamu mandi di air terjun ini maka dia akan dimudahkan untuk mendapat jodoh.

Air Terjun Nglirip berada di wilayah Kecamatan Singgahan, Tuban lebih tepatnya di Desa Mulyo Agung. Kurang lebih sekitar 30-40 KM dari kota Tuban. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter.

Sumber mata airnya berasal dari Hutan Kerawak yang berada kurang lebih 3 Km dari air terjun ini. Jika dilihat dari agak jauh akan nampak bbegitu Indah karena terlihat warna airnya yang kehijau-hijauan dan disandingkan dengan pepohonan yang rimbun.

Sangat cocok sekali buat kamu yang suka hunting foto pemandangan alam!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *