Air terjun merupakan salah satu zona wisata alam favorit. Aliran airnya yang jernih dan segar membuat raga enggan beranjak.

Indonesia harus bangga karena mempunyai banyak air terjun dengan keindahan tiada duanya. Inilah 6 air terjun terindah yang ada di Indonesia.

1Air Terjun Dua Warna

trover.com

Air terjun unik ini berlokasi di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang. Dinamakan Dua Warna karena airnya terbagi atas dua gradasi warna yakni warna putih dan biru muda. Tinggi air terjun sekitar 1270 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sumber air terjun tersebut berasal dari Gunung Sibayak. Meskipun jarak yang ditempuh untuk sampai ke sana cukup jauh, tapi tidak menghalangi tekad para pengunjung. Hutan belantara dan jalan berliku dilalui dengan penuh kesabaran dalam waktu 2-3 jam.

2Air Terjun Sri Gethuk

sewamobilsololestari,com

Kalau kamu merasa letak Air Terjun Dua Warna terlampau jauh untuk dikunjungi, cobalah mampir ke Air Terjun Sri Gethuk. Lokasinya berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya di tepi Sungai Oyo.

Air Terjun Sri Gethuk ini berasal dari tiga sumber mata air yaitu Kedung Poh, Ngandong dan Ngumbul. Ketiga aliran sungai itu menyatu dan jatuh dari tebing batu-batuan karst. Nama Sri Gethuk diambil dari mitos yang beredar di sana.

Mitos tersebut bercerita tentang adanya kethuk (sejenis gamelan) milik Jin Anggo Meduro yang disimpan di dalam air terjun. Menurut penuturan masyarakat, suara gamelan masih sering terdengar gaungnya dim omen tertentu.

Terlepas dari mitos, Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang punya panorama indah. Jalan menuju ke sana dipenuhi hutan kayu putih dan hutan jati milik Perhutani. Selain itu, hamparan persawahan yang hijau dan jernih Sungai Oyo semakin mempercantik pemandangan.

3Air Terjun Sendang Gile

rentalmobildilombok.blogspot.com

Air Terjun Sendang Gile merupakan air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Tingginya mencapai 600 mdpl. Tidak jauh beda seperti air terjun sebelumnya, air terjun ini juga menjadi tempat favorit para pelancong dari dalam maupun luar daerah.

4Air Terjun Sipiso-Piso

rizkirahmatia.wordpress.com

Sumatera memang kaya akan keindahan air terjunnya. Salah satunya adalah Air Terjun Sipiso-Piso. Tinggi air terjun ini mencapai 120 meter. Letaknya berada di kawasan bukit yang tingginya 800 mdpl.

Kamu akan menyaksikan pemandangan hutan pinus saat sampai di sana. Untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus menaiki anak tangga yang berada di punggung bukit. Selama satu jam perjalanan harus kamu tempuh untuk bisa menikmati sejuknya air terjun.

5Air Terjun Saluopa

wisatab.id

Air Terjun Saluopa merupakan air terjun paling indah di Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Air terjun ini terletak di Desa Leboni, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Air Terjun Saluopa berasal dari mata air gunung yang melintasi 12 tingkatan. Ketinggian air terjun sekitar 25 meter. Hutan tropis yang dihuni aneka fauna merupakan daya tarik utama Air Terjun Saluopa.

6Air Terjun Mursala

laurencius1.blogspot.com

Letak air terjun yang satu ini yakni di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias. Tinggi air terjun mencapai 35 meter. Air terjun mengalir di atas bebatuan granit hitam kemerahan. Uniknya, air terjun langsung jatuh ke atas Samudera Hindia.

Ketika sampai di sana, kamu akan disuguhi pemandangan laut lepas dengan air terjun yang jatuh dari tebing batu. Selain itu, terumbu karang langka juga turut menjadi daya tarik kawasan air terjun tersebut.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sana, yaitu snorkeling dan diving. Kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekeliling air terjun dengan menyewa sebuah kapal.