Kali ini kita akan berkunjung ke air terjun Tumpak Sewu. Yup, ada yang bilang untuk menikmati indahnya air terjun Niagara tak perlu jauh-jauh ke Amerika.

Di Indonesia juga memiliki air terjun yang tak kalah dengan air terjun Niagara. Adalah air terjun Tumpak Sewu, sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Ada yang menyebut air terjun ini dengan nama Coban Sewu atau Grojogan Sewu. Hampir mirip dengan Air Terjun Coban Pitu di Pujon Malang, bedanya air terjun Tumpak Sewu memiliki jumlah sumber mata air yang lebih banyak.

Itulah alasan kenapa air terjun ini dinamakan Coban Sewu, ya karena jumlah mata airnya yang sangat banyak.

Mata air tersebut mengalir dari atas dengan jumlah yang banyak di sepanjang tebing. Air terjun ini sangat tinggi sampai-sampai terasa seram jika kamu mengambil foto dari atas tebing.

Untuk sampai ke lokasi air terjun Tumpak Sewu, kamu dapat melalui rute dari Kota Malang-Jawa Tiur yang kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang menuju Lumajang Bululawang ke Dampit lalu Tirtomoyo kemudian ke Pronojiwo.

Menariknya kamu dapat melihat pemandangan air terjun dari atas dan dari bawah. Jika kamu ingin melihat air terjun dari bawah maka kamu dapat turun melalui Goa Tetes. Lalu dapat dilanjutkan dengan berjalan menyusuri melawan arus.

Pemandangan yang disuguhkan begitu menawan dan eksotik baik dari bawah maupun dilihat dari atas.

Yang perlu diperhatikan harus lebih berhati-hati jika turun karena medannya sangat licin dan berbahaya.

Wisata ini tergolong wisata yang ekstrim karena identik dengan petualangan. Kamu harus menyususri sungai, naik turun di tebing yang penuh lumut, tentunya sangat licin.

Akan tetapi semua perjuangan menempuh medan yang cukup ekstrim tadi tidak akan sia-sia, karena ketika sudah sampai  kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang begitu menawan.

Indahnya pemandangan hijau roo-royo, kejernihan air dan keasrian tempatnya yang masih terjaga, kamu pun dapat berfoto di sana, mengabadikan momen dengan setting keindahan air Terjun Tumpak Sewu

Jika melihat dari atas pemandangannya tak kalah menajubkan lho, seperti  ‘serpihan surga’ yang tersembunyi di kota Lumajang.

Bagaimana? Tertarik untuk berpetualang ke air terjun ini?