Zam zam adalah sebuatan bagi sebuah sumur istimewa yang memiliki kedalaman hingga 42 meter. Berada di kawasan Masjidil Haram. Tepatnya sebelah tenggara bangunan Ka’bah. Berdasarkan sebuah riwayat, mata air sumur tersebut ditemukan oleh Siti Hajar, istri dari Nabi Ibrahim.

1Sejarah Air Zam Zam

dahsyat.net

Sumber sumur zam zam ini ditemukan setelah Siti Hajar berlari bolak balik mencari air untuk putranya yang kehausan antara Bukit Shafa dan Marwah. Putranya yang ketika itu masih bayi bernama Ismail menghentak-hentakkan kakinya ke tanah sebagaimana kebiasaan bayi pada umumnya.

Lalu mukjizat pun terjadi. Tanah gurun yang tadinya gersang dan berpasir kemudian muncul mata air yang terus mengalir.

Ajaibnya, meski ribuan tahun berlalu sejak munculnya sumber air zam zam. Hingga kini tak pernah habis, bahkan surut sekalipun. Padahal di sekililingnya merupakan dataran gurun yang begitu luas dan sangat jarang sekali hujan.

Fenomena keajaiban ini sebagaimana nama zam zam yang dalam bahasa Arab berarti melimpah ruah. Meski terus dipompa untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 20 juta umat muslim yang berhaji ke Tanah Suci Mekkah. Berliter-liter air juga dibawa pulang oleh para jamaah sebagai bekal kembali.

Para ahli juga menyebutkan bahwa air zam zam merupakan air terbaik di dunia. Sebagaimana beberapa alasan berikut ini.

2Sebagai Obat Berbagai Penyakit

biroumrohmalang.blogspot.co.id

Apapun hajat atau keinginan yang dipanjatkan, melalui perantara air zam zam, Allah akan mengabulkan permohonan tersebut. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits.

“ Air zam zam adalah berguna untuk apa yang peminumnya inginkan. Jika seseorang minum supaya disembuhkan (dari penyakit), Allah akan menyembuhkannya. Jika seseorang minum supaya kenyang, Allah akan membuatnya kenyang. Dan jika seseorang minum untuk dahaga, maka Allah akan menghilangkannya.” (Hadits Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah)

3Menghilangkan Rasa Lapar Sebagaimana Makanan

enziblogpedia.blogspot.com

Berbeda dengan air pada umumnya yang hanya bisa menghilangkan rasa haus atau kekurangan cairan tubuh. Air zam zam juga berguna untuk menghilangkan rasa lapar bagi peminumnya. Hal ini karena kandungan air zam zam yang sangat kaya akan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah yang berbunyi, “Air zam zam itu makanan bagi orang yang lapar dan sebagai obat terhadap penyakit.”

4Air Mineral Terbaik

dakwatuna.com

Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan. Ditemukan bahwa air zam zam memiliki kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. beberapa diantaranya seperti kalsium, magnesium dan fluorida yang tinggi.

Air zam zam juga memiliki muatan ion-ion yang seimbang. Hal ini menjadikan siapapun yang meminumnya tidak akan mengalami kelebihan zat mineral yang justru berdampak buruk bagi tubuh.

Penelitian lain menyebutkan bahwa kualitas air zam zam adalah yang terbaik di dunia. Sehingga selama apapun jangka penyimpanannya, dimanapun tempatnya, air zam zam tidak akan berubah tekstur, warna dan baunya.