Ayah adalah laki-laki tangguh yang bekerja dalam diam untuk menjadi penopang utama dalam kehidupan keluarga kecilnya. Ayah tak pernah sekalipun mengeluh meski rintangan berat dihadapinya dalam mencari nafkah.

Setiap kembali ke rumah, rasa lelah pun tak nampak sama sekali pada raut wajahnya. Ayah bahkan tak mengabaikan anak-anaknya, Ia selalu meluangkan waktu untuk bermain dan berkumpul bersama keluarga.

Itulah pelajaran hidup tak tersirat yang seorang ayah ajarkan untuk anaknya. Mungkinkah kamu merasakan hal yang sama? Saat kini dirimu sudah menjadi seorang ayah, adakah hidupmu meniru ketegaran dari yang ayahmu lakukan dulu?

Pasti kamu menyadari bahwa ayah adalah orang paling berpengaruh dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan pada diri anak-anaknya.

1Tanggung Jawab

www.mirifica.net

Ayah adalah orang yang tegas. Prinsip itu selalu ia pegang teguh dalam mendidik anak-anaknya. Apakah sama denganmu? Apa kamu kerap menerima nasehat dan hukuman dari tindakan yang salah?

Ketegasan yang ayah miliki itu menurun dalam diri anak-anaknya. Ia melatih mental sang anak agar dapat menjadi laki-laki yang sesungguhnya. Selain ketegasan, ayah mengajarkan bahwa kejujuran adalah nilai penting yang harus dijaga dalam hidup ini.

Walau terkadang nasehat ayah aku hiraukan, ayah selalu sabar dan tak pernah lelah untuk kembali memberi nasehat di setiap waktu. Meski tak jarang ayah dibuat kesal oleh anaknya.

followthatkinder.com
followthatkinder.com

Sering pula terjadi pertengkaran kecil antara dirimu dan ayah. Namun, bagaimanapun juga, pertengkaran tak akan menghalangimu untuk mencari ayah jika ada suatu hal yang ingin kamu diskusikan bersamanya.

Dan kini, saat kamu telah memiliki seorang anak, kamu paham betul bagaimana rasanya menjadi seorang ayah. Bagaimana ia membesarkanmu dengan melewati berbagai masalah kehidupan.

Masalah itu yang kini menjadi pelajaran berharga bagi dirimu. Kamu pun pada akhirnya belajar mengenai tanggung jawab seorang ayah pada anaknya. Ayah bertindak tegas demi masa depan cemerlang sang anak.

Kamu pun tak akan pernah lupa bahwa tanggung jawab yang kamu miliki sekarang adalah hasil dari didikan ayahmu tercinta.

2Kedewasaan

lifetimewishes.wordpress.com

Bagi beberapa anak, ayah merupakan seorang yang ditakuti dalam keluarga. Ayah pun termasuk orang yang paling disegani selama hidup ini. Mungkin karena ayah mendidik anaknya dengan tegas dan sedikit keras.

Ayah yang mengajarkan tentang keberanian, terkadang membuat seorang anak menjadi tertekan. Ayah ingin membuat anaknya belajar untuk berani dalam segala hal tentang kehidupan, agama, dan banyak hal lain di luar sana.

Meski seringkali apa yang diharapkan ayah tak bisa dilakukan dengan baik, ayah selalu memberi dukungan yang tinggi. Ayah pasti berkata, “kamu bisa karena kamu mampu”. Kata-kata itulah yang menjadi motivasi besarku hingga kini.

www.themoderngladiator.com

Karena ayah ingin buah hatinya berhasil dan berada dalam pencapaian tertinggi dalam bidang yang ditekuni anaknya dengan baik. Inilah yang ayah lakukan dalam membuat anaknya menjadi dewasa.

Pelajaran hidup yang penuh dengan tantangan untuk menguatkan diri anak agar dapat menjalani rintangan yang lebih berat lagi kedepannya dengan sangat baik.

3Kepala Keluarga yang Baik

www.kerygmateenz.com

Bagi seorang anak, ayah adalah panutan utama dalam menjalani kehidupan ini. Dari seorang ayah, anak belajar mengenai banyak hal. Salah satunya belajar tentang menjadi seorang kepala keluarga yang baik.

Saat remaja, ayah pasti akan memberimu arahan untuk tetap berada pada jalan yang lurus. Ayah tak ingin anaknya masuk dalam kehidupan yang salah. Dan hal yang utama adalah, ia tak ingin anaknya menentang ibunya sendiri.

Kamu diajarkan bermacam-macam nilai tentang menghargai wanita. Ayah pun memberikan panutan yang baik dalam memperlakukan istri dan keluarganya. Ia tak pernah sekalipun membiarkan ibu untuk berbelanja sendirian ke pasar.

www.mistynolanphotography.com
www.mistynolanphotography.com

Jika ayah tak bisa menemani, maka anaknya yang harus menggantikan. Karena ayah berkata bahwa laki-laki dan perempuan itu sama, mereka harus saling bahu-membahu dan mendukung satu sama lain.

Tak jarang, ayah pun menjadi ibu kedua dalam keluarga, ia menggantikan ibu saat sedang sakit. Ayah bisa memasak dan mengerjakan segala pekerjaan rumah tangga. Itu ayah lakukan karena ia adalah suami yang bertanggung jawab.

Sikap ayah itulah yang akan diperhatikan dan dipelajari oleh seorang anak. Kini, kamu pasti mencoba untuk melakukan hal yang sama seperti yang ayah lakukan dulu.

Bukan hanya memberikan nafkah atau materi saja pada seorang istri, melainkan dukungan yang nyata dalam urusan rumah tangga dan mengurus anak pun kamu lakukan.

Seorang anak pasti ingin meniru ayahnya yang selalu menjaga keharmonisan bersama istrinya. Meniru cara ayah dalam menjadi kepala keluarga yang baik untuk keluarga kecilnya yang akan selalu bahagia.

Begitulah ayah, menjadi seorang penyayang yang tangguh demi menjaga keluarganya agar selalu terlindungi. Serta memberikan pelajaran berarti untuk anak-anaknya yang terkasih.