esqlife.com

Ajarkan Sholat Pada Anak dengan 7 Cara Ini

Posted on

Di dalam konteks bimbingan pertama untuk anak-anak, para orang tua bertanggung jawab untuk mengajarkan sholat. Sebab ialah salah satu amanah yang sangat penting dan berat bagi orang tua.

Mengajar dan mendidik anak untuk sholat tidak semudah mengajarkan anak huruf abjad dan berhitung angka. Pertanggungjawaban atas hal besar ini pasti akan menghadirkan berbagai ujian dan cobaan.

Nah, bagaimana cara orang tua supaya mudah mengajari sholat pada anak? Simak 7 cara berikut ini;

Beri Teladan yang Baik

salamdakwah.com
salamdakwah.com

Ibu dan bapak ialah teladan terbaik dan terdekat untuk diikuti oleh anak. Jika sang ayah selalu pergi ke masjid, maka ibunya mendukung dari rumah dengan menyiapkan perlengkapan untuk sang anak.

Wujudkan Suasana Agamis

hifdziua.wordpress.com
hifdziua.wordpress.com

Lingkungan yang kondusif akan menjadikan anak mampu terpengaruh dan pada akhirnya mengikuti apa yang terjadi di sekitarnya.

Apabila anak terbiasa melihat ibu dan bapaknya shalat tepat waktu, berjama’ah, dan dibiasakan mendengar lantunan ayat Al-Qur’an, maka akan berdampak sangat baik bagi anak.

Ajaklah Anak

babyzona.com
babyzona.com

Jangan sampai orang tua merasa jenuh mengajak anak shalat. Biarpun mereka masih sangat baru dan asing terhadap aktivitas sholat, tapi teruslah konsisten mengakrabkan sholat, mulai dari ketika mendengar adzan.

Pahamkan, Buat Apa Kita Sholat?

esqlife.com
esqlife.com

Katakan pada anak-anak secara intens tentang masjid dan aktivitas ibadah di dalamnya dengan cara menyenangkan. Ajaklah anak ke masjid.

Kenalkan ahklak adab-adab selama berada di dalam masjid, bagaimana shalat jama’ah, bagaimana caranya berhubungan sosial dengan jama’ah lain, dan aktivitas kebaikan lainnya.

Ajari Tanggung Jawab

kompasiana.com
kompasiana.com

Apabila anak sudah mencapai usia 9 tahun, orang tua sudah harus mulai tegas terhadap aktivitas sholat anak.

Anak sudah harus paham bagaimana doa ketika mendengar adzan, melantunkan adzan, doa berwudhu, adab berwudhu, bacaan sholat, dan seluruh bentuk aktivitas sholat sudah harus dihapal anak di luar kepala.

Denda dan Hukuman

youtube.com
youtube.com

Memang tidak mudah bagi orang tua untuk menjatuhi hukuman dan memukul anak, namun seperti yang Rasulullah Saw contohkan, pukulah bukan dalam keadaan emosi, tapi dengan rasa sayang.

Doa

wrthrough.com
wrthrough.com

Setelah pengajaran mengenai sholat sudah tuntas, saatnya mengajarkan pada anak untuk berdoa dalam setiap kesempatan. Pertama, berdoa setelah selesai sholat.

Jika anak sudah bisa melakukannya dengan rutin, maka ajarkan secara bertahap bagaimana berdoa di waktu-waktu lain yang mustajab, di luar sholat wajib 5 waktu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *