Tak hanya di Indonesia, ternyata di pesta pernikahan manapun di belahan dunia, budaya memberikan kado barang atau uang hadiah kepada pengantin baru yang mengundang kita dalam pesta pernikahannya seperti sudah menjadi hal yang wajib.

Bahkan rasanya aneh, jika seseorang hadir di pesta pernikahan namun tak membawa kado barang atau uang hadiah sebagai bentuk ikut berbahagia atas pernikahan orang yang mengundangnya tersebut.

Namun memang setiap tempat memiliki budayanya sendiri dalam memberikan kado atau hadiah tersebut, termasuk di Indonesia. Dimana di Negara kita tercinta ini memang telah menjadi khas bahwa ada beberapa barang yang biasa digunakan untuk kado pernikahan.

Nah, jika kamu akan menikah dan mengundang banyak orang di pesta pernikahanmu, tak hanya uang hadiah yang mungkin kamu dapatkan, namun bersiaplah juga mendapat barang-barang seperti di bawah ini:

Magic Com

2f8821f9-c2a6-45c3-ac1e-61918df65a5d
katalog.or.id

Magic Com atau Magic Jar, yang merupakan alat penanak dan pemanas nasi atau lauk pauk memang menjadi salah satu barang yang dibutuhkan dalam rumah tangga dewasa ini.

Maka tak aneh jika kemudian barang berteknologi maju ini menjadi salah satu barang yang termasuk dijadikan kado favorit bagi seseorang atau lebih untuk teman atau sahabat atau keluarganya yang melangsungkan pernikahan.

Jadi bersiap lah saja menerima hadiah ini, mungkin saja kamu juga akan mendapatkannya. Hehehe.

Kitchen Set

PM-7CS Panci Supra Pink
www.bintangdapur.com

Seperangkat alat memasak atau makan yang disebut kitchen set juga menjadi salah satu kado favorit bagi seseorang yang akan memberikan kenang-kenangan untuk sahabat atau teman atau saudaranya yang menikah.

Selain praktis, beberapa alat masak atau makan ini juga pasti menjadi barang yang berguna bagi mereka yang akan memulai kehidupan baru dalam berumah tangga.

Seprei

sprei-mawar-surabaya-0815-5124-3055
produsenspreisurabaya.wordpress.com

Seprei lengkap beserta sarung bantal dan gulingnya juga menjadi barang favorit untuk kado pernikahan. Selain memang praktis dan secara ekonomis juga cenderung murah, barang ini juga memberikan manfaatnya tersendiri.

Pastinya bagi pengantin baru ataupun yang sudah lama sekalipun tak mau kan kondisi tempat tidurnya kotor dan tak sehat karena kasurnya jarang diganti seprai atau sarung bantal dan gulingnya? Hehehe.

Baju Kembaran

sarimbit-parang-kecil-hijau-rp-160-000
bursabatik.wordpress.com

Bagi masyarakat Jawa, baju semacam ini disebut Sarimbit, yang artinya baju dengan motif dan warna corak sama persis untuk pasangan suami istri.

Ada beberapa orang yang lebih memilih memberikan kado baju atau kain pasangan ini, karena bagi pasangan suami istri memang perlu memakai baju kembaran dalam beberapa acara yang akan mereka datangi bersama nantinya.

Buku

DSC_0363
bursabatik.wordpress.com

Nah, kalau kado favorit yang satu ini biasanya lebih banyak variasinya dan sangat praktis. Karena orang yang menikah, mereka suka membaca atau tidak pasti butuh referensi. Entah dalam menjalani rumah tangga atau membesarkan anak.

Sehingga memberi hadiah buku diharapkan menjadi salah satu solusi mencari referensi bagi pasangan suami istri dalam menjalani rumah tangganya tersebut. Tentunya memilih kado buku yang memiliki tema relevan dengan rumah tangga.