penyebabamandel.com

Waspadai Berbagai Akibat Amandel yang Membengkak Berikut Ini

Posted on

Penyakit membengkaknya tonsil yang istilah medisnya disebut “tonsillitis” biasanya di masyarakat kita memang disebut sebagai penyakit amandel. Karena memang tonsil ini sendiri di Indonesia disebut sebagai amandel.

Nah, fungsi dari tonsil atau amandel ini sendiri sejatinya adalah sebagai salah satu daya tahan tubuh, yang akan membantu memberikan perlawan bagi bakteri atau kuman penyebab penyakit yang hendak memasuki tubuh.

Jika tonsil atau amandel mengalami kerusakan atau gangguan, maka jelas lah fungsi dari imun atau pertahan tubuh juga akan terganggu, terutama yang berada di dekat tonsil atau amandel ini.

Biasanya penyebab tonsil atau amandel membesar adalah karena adanya infeksi dari bakteri atau bahkan juga bisa virus yang membuatnya membengkak dan akhirnya jika benar-benar telah parah harus segera diambil.

Jika tidak segera diambil atau diangkat, tonsil atau amandel yang telah membengkak parah tersebut malah justru bisa menularkan penyakitnya kepada daerah sekitar, yaitu tenggorokan dan sekitar mulut.

Dan yang lebih diantisipasi lagi, jika amandel atau tonsil ini sudah membengkak sangat besar maka harus diangkat karena jika dibiarkan akan bisa menutupi saluran nafas dan membuat penderitanya kesulitan bernafas.

Tak hanya di saluran tenggorokan, akibat yang bisa ditimbulkan karena bengkaknya tonsil atau amandel ini adalah kesulitan menelan makanan bagi penderitanya, selain itu juga terasa sakit sekali di area tersebut saat terkena makanan yang akan ditelan.

Jika sudah sakit atau kesulitan saat menelan, biasanya akan mempengaruhi nafsu makan dari si penderita, dan dampaknya akan membuat si penderita juga bisa kekurangan asupan gizi yang seharusnya bisa membantunya tetap sehat.

Yang berbahaya jika hal tersebut sudah terjadi pada anak-anak, jelas akan membuat mereka terhambat atau terganggu pertumbuhannya.

Amandel atau tonsil yang membesar juga dapat menyebabkan turunnya daya alir oksigen di tubuh, terutama ke otak, sehingga dapat menyebabkan seseorang menjadi lemah berfikir dan kurang konsentrasi.

Dengan berbagai dampak di atas, sudah seharusnya kita waspada dan benar-benar bijaksana dalam menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *