Hutan merupakan paru-paru dunia. Bagaimana tidak, hutan juga berperan sebagai penghasil oksigen yang sangat dubutuhkan manusia.

Di sana pula tampat berlindung berbagai satwa-satwa liar yang mungkin keberadaannya hampir punah.

Namun, kebakaran hutan kini sudah sering terjadi khususnya di hutan dan lahan gambut Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera hingga Kalimantan.

Kebakaran hutan bisa terjadi karena beberapa faktor, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Tak hanya faktor alam yang berpengaruh tapi karena ulah manusia yang tidak sadar akan pentingnya hutan dan sikap ceroboh yang mereka lakukan.

Faktor alam misalnya karena suhu pada musim kemarau yang sangat panas, petir yang menyambar atau aktivitas vulkanik dari guung berapi.

Kecerobohan manusia juga bisa menyebabkan kebakaran hutan seperti membuang puntung rokok sembarangan atau pemboman liar, dan lain sebagainya.

Yang pasti kebakaran hutan menimbulkan banyak dampak yang sangat merugikan baik darisegi ekologi sampai ekonomi.

Pertama, bisa mengakibatkan hilang dan rusaknya habitat satwa liar. Indonesia memmiliki beragam satwa liar yang hidup di dalam hutan dan lahan.

Bahkan beberapa wilayah hutan di Indonesia menjadi Taman Nasional dan juga menjadi habitat asli bagi sejumlah spesies yang dilindungi.

Beberapa spesies yang dilindungi seperti beruang madu, owa-owa, harimau atau orang hutan. Jika kebakaran hutan terjadi maka satwa-satwa tersebut kini terancam punah.

Kedua, dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. Hutan adalah tempat untuk menyerap gas karbondioksida bebas yang ada di atmosfer.

Jika hutan terbakar maka akan melepaskan karbon dan emisi gas lainnya ke udara sehingga menyebabkan pemanasan global.

Yang ketiga dapat mengganggu kesehatan manusia. Kebakaran hutan yang terjadi bisa menyebabkan polusi udara.

Tentu hal ini berpengaruh langsung bagi masyarakat sekitar. Masyarakat bisa terinfeksi saluran pernapasan karena terpapar partikel asap.

Selain itu kebakaran hutan juga mengakibatkan negara  mengalami kerugian secara ekonomi. Asap bisa membuat banyak aktivitas manusia terganggu, seperti sekolah terpaksa diliburkan hingga perdagangan terhenti.

Tidak hanya itu, jika asap yang keluar sampai ke wilayah negara tetangga dapat berakibat buruk bagi hubungan bilateral Indonesia.

Itulah beberapa akibat dari kebakaran hutan, mengerikan bukan?

SHARE