Tubuh memerlukan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup setiap harinya agar senantiasa sehat dan fit.

Salah satu asupan nutrisi yang harus dipenuhi adalah karbohidrat. Kita tahu bahwa karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh, karena karbohidrat berperan sebagai penghasil energi selain dari lemak dan protein.

Karbohidrat juga berperan penting dalam proses metabolisme, melancarkan pencernaan, mengoptimalkan kerja protein dan masih banyak lagi.

Nah, ternyata karbohidrat sangat penting bagi tubuh kan? Maka dari itu kita harus mencukupi kebutuhankarbohidrat dalam setiap harinya.

Orang yang kekurangan karbohidrat tubuhnya tidak akan bisa menciptakan energi yang cukup akibtanya tubuh menjadi mudah lelmah dan lelah.

Tubuh yang kekurangan karbohidrat juga dapat terserang berbagai macam penyakit. Berikut beberapa penyakit akibat kekurangan karbohidrat.

Menyebabkan masalah hipoglikemia. Hipoglikema adalah penyakit yang disebabkan karena rendahnya gula darah dalam tubuh yakni di bawah 70 mg/dL.

Penyakit ini bisa terjadi pada semua kalangan baik bayi,anak-anak hingga orang tua. Gejala awal dari hipoglikemia  antara lain kulit basah, cepat marah, sering berkeringat, detak jantung cepat, dan sering lapar.

Kekurangan karbohidrat juga menyebabkan penyakit kekurangan kalori dan protein (KKP/ PEM). Protein Energy Malnutrition ini adalah penyakit akibat kekurangan gizi seperti karbohidrat, vitamin, asam lemak esensial dan lain-lain.

KKP / PEM dibedakan menjadi 3 yakni Marasmus, Kwasiorkor, dan Marasmus-Kwasiorkor. Marasmus umumnya terjadi pada anak-anakdi bawah usia 5 tahun.

Mereka yang terjangkit penyakit ini karena kekurangan asupan karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsinya.

Marasmus disebabkan oleh beberapa hal antara lain lahir premature, penyakit bawaan, kelaparan kronis, kekurangan vitamin, dan lainnya.

Selanjutnya Kwasiorkor. Penyakit Kwasiorkor adalah salah satu penyakit dimana penderita mengalami protein dan kalori yang berat.

Ciri-ciri dari penyakit ini diantaranya badan kurus dan lemas, rambut rontok, raut muka seperti sudah tua, dll.

Sedangkan Marasmus-Kwasiorkor merupakan campuran dari penyakit marasmus dan kwasiorkor. Dikategorikan sebagai penyakit yang sangat kekurangan nutrisi.

Penyakit ini sangat perlu diwaspadai. Untuk pencegahannya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin.

Maka dari itu cukupi kebutuhan karbohidratmu agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan tersebut.