Tubuh manusia bisa diibaratkan sebagai sebuah mobil. Ada berbagai mesin di dalamnya yang harus tetap bekerja dengan seimbang agar mobil bisa berjalan dengan baik menuju tempat yang akan dituju si Pengemudi.

Nah, berbagai organ dalam tubuh manusia, beserta macam-macam komponennya seperti otot, pembuluh darah, bahkan struktur terkecil dalam tubuh manusia sekalipun, juga membutuhkan keseimbangan agar tetap mampu menopang kesehatan tubuh manusia.

Faktor utama penopang keberlangsungan gerak seimbang dari tubuh manusia adalah asupan gizi yang baik dan sehat, baik dari makanan, minuman, maupun suplemen.

Zat-zat gizi tersebut berasal dari bahan pangan yang kemudian masuk ke tubuh untuk diolah sebagai semacam kekuatan bagi beberapa organ tertentu demi menguatkan daya tahan dan kesehatan tubuh manusia.

Macam-macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia antara lain adalah karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Mereka memiliki fungsinya masing-masing sebagai ‘bahan bakar- bagi tubuh manusia ini.

Protein sendiri memiliki fungsi yang amat vital bagi tubuh, seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan memori, dan juga sebagai sumber energi manusia.

Bagaimana jika tubuh manusia kekurangan asupan protein? Hmm, tentu berbagai dampak ketidaksehatan akan dialami.

Seperti beberapa macam penyakit berikut ini:

Marasmus, yang ditandai dengan penurunan berat badan drastis, dan dehidrasi yang berlebihan. Biasanya terjadi pada anak-anak di usia pertumbuhan.

Kwashiorkor, yang ditandai dengan perut membesar, dehidrasi berlebihan, serta kelelahan yang amat sangat. Biasanya terjadi pada para remaja.

Cachexia, yang ditandai dengan penipisan otot dan penurunan berat badan yang amat drastis. Jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan kematian.

Tubuh manusia yang ekkuranga protein umumnya akan mengalami gangguan pertumbuhan, penurunan massa otot, masalah rambut dan kulit.

Dan jika berlebihan maka penyakit-penyakit tingkat tinggi itulah yang bisa tiba-tiba saja datang menyerang dan mengancam kematian dari manusia itu sendiri.

Maka berhati-hatilah, dan mulai sekarang jaga hidup dan pola makan untuk tetap dalam kondisi sehat. Karena sehat itu harganya mahal sekali.