Keputihan menjadi salah satu masalah bagi para wanita. Secara pengertian keputihan sering juga disebut fluor albus. Biasanya terjadi sekresi pada organ intim wanita.

Menurut wikipedia, keputihan sendiri dibagi menjadi dua golongan. Pertama keputihan normal atau fisiologis. Biasanya keputihan fisiologis muncul mengikuti fase menstruasi pada wanita. Artinya keputihan jenis ini bisa muncul setiap bulan.

Keputihan jenis kedua adalah abnormal (patologis). Keputihan ini dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam organ kewanitaan.

Yang sering menimbulkan keputihan patologis antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Keputihan memang menyebabkan ketidaknyamanan. Jika tidak segera diobati bisa menimbulkan masalah lain. Nah guna mengetahui apa saja akibat dari keputihan yang harus diwaspadai, berikut ulasannya.

1Menimbulkan Bau tak Sedap

jabar.tribunnews.com

Keputihan kadang mengeluarkan bau tak sedap. Biasanya ini terjadi pada keputihan abnormal. Jika keputihan disebabkan karena bakteri atau kuman, maka cairan yang keluar akan berbau tak sedap.

Keputihan yang normal umumnya tidak menimbulkan efek samping yang merugikan meski membuat rasa tidak nyaman di organ intim akibat basah atau lembab. Namun keputihan yang normal terjadi tidak sampai menyebabkan bau yang tidak sedap.

2Rasa Gatal

tokoalkes.com

Selain bau tak sedap, kadang keputihan abnormal juga memiliki efek samping berupa gatal di sekitar organ kewanitaan.

Rasa gatal dan bau dari keputihan memang banyak dikeluhkan oleh wanita yang mengalami keputihan secara tidak normal. Penyebabnya tak lain karena bakteri atau kuman yang menyebabkan keputihan juga turut mempengaruhi permukaan kulit.

3Infeksi

pondokibu.com

Sebenarnya infeksi akibat keputihan adalah turunan dari rasa gatal yang menyerang. Jika rasa gatal sudah sangat akut, dan para wanita menggaruknya bisa jadi bakteri itu justru akan menyebar.

Selain itu jika kuku tangan tidak steril, maka bisa menimbulkan luka kecil akibat garukan di area yang gatal. Jika kuman masuk dalam luka tersebut bisa menimnbulkan infeksi.

4Nyeri di Organ Kewanitaan

kuherbal.com

Pada keputihan yang cukup mengganggu, organ kewanitaan bisa merasakan sakit dan nyeri. Penyebabnya selain gatal, pH di sekitar organ kewanitaan terganggu karena kuman dan bakteri yang mempengaruhi.

Ketika keseimbangan pH di dalam organ intim ini terganggu, bakteri atau flora baik berubah menjadi bakteri buru dan kemudian berkembang biak membelah diri.

Nyeri ini bisa terasa juga saat wanita yang keputihan buang air kecil. Sarannya segaralah ke dokter untuk diperiksa karena gangguan keputihan.

5Menular ke Suami

iberita.com

Jangan kira jika keputihan tidak bisa menular ke laki-laki. Keputihan yang abnormal yang disebabkan karena kuman dan baktri bisa menular ke laki-laki lewat hubungan intim.

Jika sang istri memiliki kondisi keputihan abnormal yang cukup parah, maka suami bisa tertular. Akibatnya organ kelamin pada pria akan mengeluarkan cairan juga termasuk bisa ejakulasi dini.

Infeksi kelamin pada pria, dapat berakibat fatal. Dapat mengakibatkan radang buah zakar dan saluran kemih, dan menimbulkan infeksi.

Infeksi para organ kelamin laki-laki berakibat terganggunya produksi sperma, hingga kualitas air mani menurun. Infeksi di saluran kemih juga berpotensi menimbulkan gangguan prostat.

Maka, ketika istri positif mengidap keputihan patologis, sebaiknya segera diobati. Suami yang terinfeksi juga perlu ikut diobati. Tujuannya agar istri dan suami dapat sembuh dengan tuntas. Jika hanya istri yang diobati, maka suami dapat menularkan kembali ke istrinya.