Kalau usiamu sekarang sudah cukup dewasa dan telah disibukkan oleh pekerjaan, kamu mungkin akan lupa banyak fakta yang telah dipelajari selama masa sekolah. Terutama pelajaran masa SD dan SMP.

Nah, bagaimana kalau kamu punya anak dalam masa pertumbuhan, lantas anakmu bertanya banyak hal detil mengenai alam semesta ini? Jika kamu menjawab tidak tahu, maka itu akan jadi impresi yang tidak baik untuk anakmu.

Tentu saja salah satu informasi dasar yang ingin diketahui oleh anakmu adalah tempat ia hidup. setelah ia cukup dewasa untuk memahami lingkungan rumah dan lingkungan sekitar. Anak sampailah ia pada pertanyaan mengenai bumi.

Nah, artikel ini membahas bagian kecil dari banyaknya fakta dan ilmu pengetahuan tentang bumi. Salah satu yang paling mendasar adalah revolusi bumi. Bagaimana? Kamu mulai lupa ingat bukan hal apa saja yang berkaitan dengan revolusi bumi?

Ayo ajak anakmu menjelajahi bumi, kenalkan ia dengan bumi yang luar biasa. Kenalkan ia untuk mudah merasa takjub dan mudah bersyukur pada ciptaan Tuhannya yang Maha Luar Biasa.

1Revolusi Bumi

en.wikipedia.org

Revolusi bumi adalah gerak bumi mengelilingi matahari. Pada awalnya anakmu akan mengira bahwa bumi mengelilingi matahari secara teratur sehingga di seluruh belahan bumi juga akan sama saja tanpa dampak yang berbeda.

Namun, nyatanya tidak seperti ini. Orbit bumi tidaklah bulat sempurna, bentuknya elips, bulatan yang agak lonjong. Banyak hal ternjadi dan bisa dipelajari dari revolusi bumi ini. Mari lanjutkan ke pembahasan berikutnya.

2Siang dan Malam

www.nasa.gov

Saat kamu mengajari anakmu untuk membiasakan diri berpuasa. Kamu bisa menceritakan bagaimana puasa di Indonesia adalah kegiatan yang mudah dibandingkan beberapa negara lain.

Kamu bisa menjelaskan bagaimana di Islandia puasa dilakukan selama 22 jam, di Swedia 20 jam dan banyak di berbagai negeri lain yang mesti berpuasa lebih jauh dari lama puasa di Indonesia yang hanya 13 jam.

Itulah perubahan perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Perbedaan itu disebabkan oleh revolusi bumi. Namun, ada kondisi khusus pada waktu tertentu saat seluruh belahan bumi mengalama perubahan waktu yang sama.

Penasaran? Cari tahu sendiri dan jelaskan pada anakmu. Jelaskan juga tentang apotema dan hipotema. Banyak yang harus kamu cari tahu untuk membuat anakmu antusias terhadap alam semesta ini.

3Gerak Semu Matahari

dinamikasains.blogspot.com

Coba ajak anakmu mengamati matahari terbit secara berkala pada tanggal 22 Desember hingga 21 Juni, bandingkan dengan pengamatan matahari pada tanggal 22 Juni hingga 21 Desember. Ini akan jadi pengamatan setahun penuh.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Lihat perbedaannya sendiri dan biarkan anakmu menganalisanya. Jika ia mampu melihat bedanya, berarti pengajaranmu berhasil. Mungkin ia akan bertanya “kenapa matahari terbit di berbagai titik atau tempat yang berbeda?”

Jelaskan bahwa matahari sebenarnya tidak bergerak, perpindahan posisi matahari tersebut karena sudut pandang kita yang berubah dikarenakan sumbu rotasi bumi yang miring. Jadi, bumi itu tidak tegak, tapi miring.

4Tahun Matahari

michaelfinery.blogspot.com

Hal lain yang bisa kamu jelaskan adalah tentang tahun. Berapa hari dalam satu tahun, kenapa ada 365 hari, kenapa ada tahun kabisat. Dan banyak lagi hal lainnya yang bisa kamu jelaskan.

Lamanya revolusi bumi adalah 365. Nah, pada setiap tahun terdapat kelebihan ¼ hari. Disitulah dilakukan pembulatan pada tahun kabisat. Penambahan tanggal 29 pada setiap bulan Februari di tahun kabisat.

Tahun kabisat adalah angka tahun yang habis jika dibagi dengan angka empat, misalnya tahun 2000. Jelaskan juga bahwa anak yang lahir di tanggal 29 Februari hanya punya peluang merayakan ulang tahun pada tahun kabisat pula.

www.createadvantage.com
www.createadvantage.com

Itulah kalender masehi, disebut tahun matahari karena didasarkan pada revolusi bumi, gerak bumi mengelilingi matahari.

Ada dua lagi hal yang terjadi akibat revolusi bumi, ialah perubahan musim dan perubahan kenampakan rasi bintang. Kamu bisa ajarkan hal yang lebih rumit ini sembari bercerita tentang musim di Indonesia berbeda dengan negara lain.

Juga tentang navigasi para pelaut zaman dahulu yang menggunakan rasi bintang sebagai penunjuk arah. Sebuah keterampilan unik untuk membaca alam. Akan membuat anakmu mampu bersahabat dengan alam.