Kamu yang pernah bermeditasi, senam yoga, serasa bumi ini tenang sekali ya. Gak sadar ternyata bumi yang tenang ini setiap harinya muter-muter kerjaannya.

Entah bumi muterin matahari sesuai orbitnya, yang dinamain revolusi bumi. Atau bumi yang muter sendiri pada porosnya, disebutnya rotasi bumi.

Yang pasti bersyukurlah bumi kita masih mau muter, coba kalau nggak? wuih, bisa gawat tuh!

Kata peneliti London Michael Stevens, kalau bumi ngambek nggak muter lagi, benda yang ada di bumi bisa meluncur layaknya peluru.

“Itu akan melemparkan ke timur dengan kecepatan 1000 mil per jam, tubuh kamu akan menjadi peluru kaliber 9 inchi,” kata dia. Ngeri bener ya!

Nah, makannya penting bagi kamu untuk paham tentang gerak putar bumi. Yang kita tahu, bumi genap muter pada porosnya butuh waktu 23 jam, 56 menit.

Itu itungan satu hari dalam tahun hijriyah, tahunnya umat Islam. Selisih sekitar 4 menit dari hari di tahun masehi yang berpatokan pada revolusi bumi. Selanjutnya kita akan bahas tentang akibat adanya rotasi bumi.

Rotasi bumi juga mengakibatkan banyak fenomena alam yang melekat pada kehidupan kita. Berikut beberapa akibat dari rotasi bumi yang perlu kamu ketahui.

1Bikin Ada Siang dan Malam

imagiooland.worpress

Kenapa waktu di Jakarta siang hari, tapi di New York masih malam hari. Penyebabnya karena ada rotasi bumi. Muternya bumi pada porosnya bikin posisi bumi terhadap matahari menjadi dua bagian.

Sebagian bumi menghadap matahari akan mengalami siang hari dan sebagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam.

Selama 12 jam dua bagian akan bergantian, Jakarta jadi malam dan NewYork jadi siang.

2Bikin Beda Waktu Banyak Tempat di Bumi

andrewbales.wordpress.com

Terangnya siang dan gelapnya malam juga mendorong adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini pada tempat-tempat yang beda letak meridiannya. Setiap 1° beda 4 menit atau setiap 15° beda 1 jam.

Total ada 24 daerah waktu di bumi. Kota Greenwich di Inggris ditetapkan sebagai pusat daerah waktu dunia, karena dilewati garis bujur 0°. Setiap perbedaan 15° berarti ada selisih satu jam

laportadoradesuenos.blogspot.com
laportadoradesuenos.blogspot.com

Sebelah timur Greenwich lebih awal waktunya, dan sebelah barat lebih lambat waktunya. Jadi seperti Jakarta yang ada di 95° bujur barat beda selisih waktu 7 jam dengan pusat waktu Greenwich.

3Adanya Percepatan Gravitasi Bumi

geodesy.curtin.edu.au

Rotasi bumi membuat adanya gaya sentrifugal, yaitu gaya yang punya arah ngejauhin pusat.

Gaya Sentrifugal ini yang bikin bentuk bumi jadi nggak bulat sempurna, tapi pepat pada kedua kutubnya dam menggembung pada khatulistiwa.

Diameter kutub bumi jadinya lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Karena hal inilah percepatan gravitasi bumi lebih besar di daerah kutub daripada daerah khatulistiwa.

Hal ini menyebabkan percepatan gravitasi bumi lebih besar di daerah kutub daripada derah khatulistiwa.

4Tipuan Gerak Semu Matahari

bali.panduanwisata.id

Matahari terbit dari timur dan berakhir tenggelam di barat. Seolah-olah matahari yang berjalan mengitari bumi. Padahal kita tahu justru sebaliknya kan. Nah, ini karena rotasi bumi yang muter pada porosnya.

Jadi gerak semu matahari hanya tipuan dari keterbatasan visual kita. Sampai-sampai waktu ilmu pengetahuan belum maju, orang jaman dahulu ngira matahari yang muterin bumi dan bumi jadi pusat tata surya.

5Bikin Pembelokan Arah Angin

geologycafe.com

Kita pahami angin berpindah tempat karena perbedaan tekanan. Menurut hukum Buys Ballot angin bertiup dari tempat yang bertekanan tinggi menuju tempat yang bertekanan lebih rendah.

Pada belahan bumi selatan angin berbelok ke arah kiri dan pada belahan bumi utara angin berbelok ke arah kanan, menuju tekanan lebih rendah.

Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut ini sebagai akibat rotasi bumi dan disebut efek Coriolis.