Siapa sih yang tidak gundah bila jodoh belum tiba sesuai harapan? Satu demi satu teman, sahabat, kerabat, saudara-saudara, menikah.

Pertanyaan orang tua dan keluarga besar seketika menjadi suara-suara yang menyeramkan: “Kapan menikah? Kapan bisa menimang cucu?” Nah lho! Tentu kapan datangnya jodoh bukanlah kehendak diri kita sendiri. Sekadar cari pasangan itu tak sulit.

Tapi menemukan cinta sejati yang bersamanya menghabiskan waktu hingga akhir hayat, bersamanya membangun cita-cita sederhana hingga spektakuler, bersamanya membangun surga, wah… yang begini ini sulit.

Bila saat indah itu belum juga tiba, maka bukan berarti kamu gagal dan itulah finalnya. Bukan. Jangan buru-buru menilai dengan sudut pandang negatif ya.

Justru ada banyak hal yang bisa kamu upayakan untuk mendekatkan jodoh apabila ia jauh, menenangkan diri apabila resah, dan tetap menjadi manusia yang istimewa dalam kesendirian dengan sejumlah prestasi dan kontribusi.

1Jangan Pernah Berhenti Berdoa

wrthrough.com

Jangan pernah berhenti meminta. Kamu tidak akan pernah tahu bagaimana takdir Allah bekerja. Kamu hanya perlu meminta dengan kesungguhan dan terus-menerus.

2Perbanyak Ibadah

tuntunanshalat.com

Ibadah adalah kedekatan agama dan Sang Pencipta, diakui sebagai salah satu cara ampuh coping stress. Ibadah tak hanya mendekatkan seorang hamba pada Penciptanya tapi juga membuat egostrength menjadi jauh lebih tangguh menghadapi segala.

3Positive Thinking

withdivinepurpose.com

Berpikir positif adalah melihat situasi dari sisi yang lebih terang dan bijak, Hal tersebut akan membuatmu lebih konstruktif dan kreatif. Kamu akan memiliki emosi positif, optimistik, harapan, kegembiraan, dan kesejahteraan.

4Berbakti pada Orang Tua

akhbarislam.com

Berbakti pada orang tua ini sepanjang masa lho. Bukan cuma saat kita sudah dewasa. Ketika kamu berkeluarga nanti, tentu akan ada banyak waktu bersama orang tua yang tersita. Maka, kesempatan di waktu lajang menjadi momen berharga untuk berbakti.

5Membaca Biografi

gebyndut.blogspot.com

Membaca biografi tokoh-tokoh besar akan membuat wawasanmu bertambah. Ciri-ciri orang besar adalah hidupnya tidak terus berkubang pada masalah itu-itu saja, tetapi segera beralih melakukan pencapaian lain.

6Kerja Sosial

socialworkdegreeguide.com

Aktivitas kemanusiaan, misalnya, dengan menjadi relawan bencana alam. Aktivitas positif semacam itu akan membuka cakrawalamu bahwa banyak manusia yang kurang beruntung. Sementara dirimu berada dalam keadaan cukup, lengkap fisik dan sehat mental.

7Tekuni Hobi

businessplanuniversity.com

Hobimu yang sempat terbengkalai bisa menjadi sangat berharga apabila ditekuni kembali. Cobalah kembangkan dirimu melalui hobi yang diasah rutin, terus-menerus, hingga kamu bisa menghasilkan manfaat pada orang lain melalui hobi tersebut.

8Jaga Perilaku

futuready.com

Kalau hatimu resah, pikiran gelisah, bukan berarti boleh bersikap gusar penuh amarah. Sangat memprihatinkan melihat seseorang tak mampu menjaga kehormatan dirinya yang terletak pada lisan dan perilaku.

Maka jauhi lingkungan yang nantinya dapat membuatmu tersinggung, kalau memang kamu sulit beradaptasi cepat dengan lingkungan tersebut. Stay quiet and keep calm

9Perbanyak Relasi

linkedin.com

Relasi di sini bukan asal relasi sehingga membabi buta melakukan pertemanan yang tak bermanfaat. Relasi bisnis online, grup belajar di media maya, klub hobi, merupakan contoh hubungan yang bermanfaat.

Relasi yang hanya sekadar bicara ke sana kemari menghabiskan waktu tanpa diskusi jelas terarah adalah hal yang patut dan wajib kamu hindari.

SHARE