Daniele Boido, penulis The Human Being Of The Future mengatakan bahwa membersihkan emosi negatif dan meningkatkan hubungan bisa membantu menciptakan kehidupan yang lebih bahagia. Percayakah kamu dengan hal ini?

Sebetulnya, bahagia bisa diperoleh dari mana saja, dari hal paling sederhana. Alangkah indahnya jika perasaan bahagia itu muncul sangat awal ketika bangun pagi. Tentu akan berefek pada aktivitasmu selama seharian penuh.

Nah, kalau begitu, kamu harus bisa menyusun strategi bagaimana caranya supaya kamu tidur dalam keadaan nyaman, tenang, hingga ketika terbangun, hatimu akan merasa bahagia.

Lalu, aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan menjelang tidur pada malam hari supaya tidurmu berkualitas dan satu hari yang sudah kamu lalui menjadi berarti?

1Membaca

gebyndut.blogspot.com

Inilah aktivitas paling keren yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Selain menambah ilmu dan membuka wawasan, membaca juga bisa membuatmu merasa senang dan bahagia.

Cobalah membaca buku biografi, buku dengan topik yang benar-benar menginspirasi. Melalui buku motivasi seperti itu, maka kamu akan terpancing untuk memiliki semangat hidup yang positif.

2Refleksi Diri

openskywilderness.com

Luangkan waktu sejenak, sekitar 10 sampai 15 menit hanya untuk merenungi kembali apa yang sudah kamu lakukan seharian ini.

Refleksi diri akan membuatmu merasa tenang, sekaligus melatih otak untuk bisa berpikir jernih. Proses berefleksi ini juga dapat mengurangi stres, menmbantu menghilangkan depresi, dan tidur menjadi lebih lelap.

Apabila kamu bisa merefleksi diri sampai menangis, itu akan terasa jauh lebih menenangkan. Hal tersebut bisa membantumu mengurangi risiko stroke serta serangan jantung.

3Tulis Rencana

businessplanuniversity.com

Merencanakan dengan jelas apa yang akan kamu lakukan esok hari akan menjadikan mentalmu lebih siap menghadapi aktivitas selanjutnya.

Kamu akan merasa lebih tenang karena semua keperluan esok telah dipersiapkan dengan baik dan matang pada hari ini. Kamu akan lebih santai dan tentu tidak merasa terburu-buru besok paginya.

Biasanya yang serba mendadak, terburu-buru sampai lupa sesuatu ini mengakibatkan perasaan kita menjadi buruk, cepat letih, dan merasa sial.

4Minum Madu

intisari-online.com

Wah, khasiat madu ini banyak sekali lho. Selain bisa digunakan untuk kecantikan wajah, kulit, bisa juga dikonsumsi untuk kesehatan.

Madu hangat akan membuat hari-harimu yang melelahkan terasa lebih ringan dan tubuhmu menjadi bugar kembali. Madu akan membantu tubuhmu memulihkan stamina agar siap beraktivitas panjang lagi pada esok hari.

5Minum Secangkir Cokelat Hangat

barabroccoli.se

Buatlah secangkir cokelat hangat untuk merilekskan pikiranmu. Cokelat dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih santai, perasaan menjadi lebih tenang dan tentu rasa bahagia akan muncul.

Kamu tidak perlu takut akan menjadi gemuk jika makan atau minum cokelat malam-malam, apalagi sebelum tidur. Kamu bisa melakukan ini sesekali saja jika aktivitas padatmu yang seharian itu membuat badan terasa sangat letih.

Cokelat akan membantu meningkatkan mood-mu, dan membuatmu lebih santai dan bisa pulas tidur.

6Berwudhu

khalifah.co.id

Nah, aktivitas yang satu ini sangat dianjurkan bagi siapapun yang hendak pergi tidur, tapi masih ada perasaan tak nyaman dalam hati.

Entah itu perasaan sedih, marah, gelisah, bahkan yang jelas mampu dirasakan oleh tubuh seperti letih, pegal, dan lainnya, maka berwudhu adalah cara yang sangat ampuh mengatasi semua masalah tersebut.

Air wudhu akan membantu menghilangkan amarahmu, menghilangkan rasa gelisah, sedih, dan mengubah semua perasaan itu menjadi ketenangan dan ketenteraman tiada tara. Kamu juga akan merasa jauh lebih bugar ketika sudah selesai berwudhu.

Dengan berwudhu sebelum tidur, maka tidurmu akan lebih berkualitas, tenteram, dan tenang. Lalu esok pagi, kamu akan terbangun dengan perasaan bahagia.

SHARE