Ada beberapa hal yang sering kita anggap remeh karena sangat mudah dilakukan. Padahal, belum tentu semua hal di dunia ini bisa kita lakukan. Mulai dari hal sulit, sampai hal sederhana sekalipun.

Beberapa hal di bawah ini merupakan jenis aktivitas yang sering dianggap sepele oleh sebagian besar manusia karena tampak sangat mudah dilakukan.

Tapi ternyata….

1Menjaga Kebugaran Tubuh

buahsehat-alami.blogspot.com

Menjaga kebugaran tubuh dengan olah raga barangkali menjadi hal paling mudah yang bisa kita lakukan setiap hari. Bangun pagi, langsung saja olah raga dapat dilakukan di mana saja.

Tapi ternyata, olah raga adalah hal sederhana yang justru paling sulit dikerjakan. Dikerjakan sepekan sekali pun sulit, apalagi rutin setiap hari. Olah raga harus dimulai dari tekad kuat untuk hidup sehat, kemudian berusaha disiplin dengan diri sendiri.

Manusia tidak pernah luput dari rasa malas. Inilah penyakit paling berbahaya, musuh terbesar bagi diri sendiri. Rasa malas bisa hilang kalau kamu selalu punya motivasi dan tujuan jelas untuk hidup sehat.

2Menggambar

psikologan.blogspot.com

Orang-orang bilang, menggambar itu mudah sekali. Tinggal lihat contoh, asal ada pensil atau pulpen, kertas, maka semua sudah beres.

Tapi ternyata, tidak semua orang mampu menggambar dengan baik. Ada yang bilang kalau pandai menggambar itu adalah bakat namun, ada juga yang bilang kalau kemampuan menggambar bagus itu bisa dilatih.

Gambar manga, misalnya. Di toko buku sudah banyak panduan cara menggambar manga untuk pemula. Itu artinya, kemampuan ini bisa dilatih asalkan kita tidak pernah menyerah di tengah jalan.

3Menabung

bprdbl.co.id

Ini juga salah satu hal yang sulit dilakukan, apalagi sekarang sudah menjamur toko online. Kemudahan akses belanja menjadi faktor manusia yang semakin konsumtif. Lupa bahwa untuk kebutuhan di masa depan, kita perlu menyimpan uang.

Kuncinya, tahan diri. Disiplin dengan diri sendiri. Jangan sampai terbawa nafsu ingin punya barang ini itu, ingin beli benda di toko sana sini. Jangan sampai uang kita habis untuk kebutuhan yang bukan utama, bukan kebutuhan primer.

Kamu bisa buat rekening khusus di bank untuk menabung. Jika kamu tetap ingin berbelanja, cobalah menyiapkan uang tersendiri untuk pengeluaran tersebut. Khusus untuk dana belanja. Kamu harus punya manajemen keuangan yang baik

4Menari

trueachievements.com

Siapa bilang menari mudah?

Meskipun seluruh anggota badan tinggal bergerak saja mengikuti irama musik namun, tak semua orang terbiasa menari dengan lentur. Kalau kamu ingin menari untuk perlombaan misalnya, maka harus disiapkan dengan baik. Berlatih keras secara serius.

Tapi kalau kamu hanya ingin bersenang-senang, maka menarilah sesuka hati dan jangan pernah peduli kamu akan ditertawakan. Menari saja dengan hati bahagia.

5Menjadi Orang Dewasa

stayontargetstayontarget.blogspot.com

Dewasa adalah pilihan. Tapi tua adalah kepastian.

Kamu bisa saja beranggapan bahwa seiring bertambahnya usia, kamu pasti akan berubah menjadi dewasa. Anggapan tersebut ada benarnya namun, perlu ditambahkan. Dewasa itu meliputi alur berpikir dan cara bersikap.

Semakin tua seseorang, belum tentu alur berpikir dan caranya bersikap menjadi dewasa seiring usia. Dewasa adalah pilihan. Ketika kamu lebih mementingkan ego, lebih mengejar gengsi, maka itu sama saja kamu memilih untuk tidak menjadi dewasa.

Banyak lho orang-orang yang sudah tua dari segi usia, tapi masih kelihatan seperti anak-anak.

6Handcrafting

pinterest.com

Sama seperti menggambar, aktivitas ini butuh latihan yang intens, terus-menerus, gigih, dan ketelitian. Membuat prakarya memang tidaklah mudah. Tapi setiap orang pasti bisa sepanjang mau berlatih secara kontinyu.

Cobalah mempraktikannya mulai dari kerajinan tangan sederhana seperti origami, pembatas buku, menggulung kertas kokoro menjadi bentuk hewan, dll.

7Menulis Artikel

indraibe.wordpress.com

Menulis artikel mudah, asal terus berlatih. Sama seperti pekerjaan menggambar, membuat kerajinan tangan, berolah raga, semuanya sama-sama butuh kegigihan, tekad, dan konsistensi.

Sebelum memulai menulis, pastikan kamu tahu ilmunya. Bagaimana cara menulis artikel yang menarik, ringkas, jelas, dan informatif.

8Berkomentar

tweakyourbiz.com

Akibat sosial media yang menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari, pekerjaan berkomentar adalah yang paling mudah. Mungkin kamu selalu menganggap kalau berkomentar di media sosial bukanlah hal berarti. Itu biasa saja.

Tapi ternyata, berkomentar di media sosial juga berpeluang menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Kenapa bisa berbahaya?

Komentar negatif, misalnya. Jika tanpa sengaja menyinggung pihak tertentu, dan pihak tersebut merasa nama baiknya tercoreng, bukan tak mungkin kamu bisa dilaporkan ke polisi. Sudah banyak kasus mengerikan yang terjadi akibat komentar yang tidak baik.