solucionista.es

Mengenal Al Bahr Towers, Gedung Pencakar Langit Kembar dengan Teknologi Pengatur Cahaya Matahari Otomatis

Posted on

Kamu mungkin sadar bahwa saat ini telah banyak muncul gedung pencakar langit. Kamu bisa banyak menemukannya di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia. Namun, gedung-gedung tersebut hanyalah gedung perkantoran biasa.

Di kawasan terdekat dengan Indonesia, tentu saja yang paling terkenal adalah Twin Tower di Malaysia. Gedung ini sudah sangat sering keluar diberbagai film hollywood, film animasi, maupun film lokal Asia.

lightlive.com
lightlive.com

Nah, mungkin kamu punya beberapa referensi gedung pencakar langir favorit kamu sendiri yang sangat ingin kamu kunjungi. Namun, gedung pencakar langit yang satu ini sungguh berbeda dengan gedung lainnya.

Ia punya kepribadian yang sedikit ‘pemalu’. Mari berkenalan dengan Al Bahr Towers di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Apa dan Siapa?

compositesandarchitecture.com
compositesandarchitecture.com

Al Bahr Towers diselesaikan pembangunannya pada tahun 2012. Dua gedung pencakar langit ini bertinggi 145 meter. Terletak di kota Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab, tepat pada persimpangan jalan Al Saada dan Al Salam.

Satu gedung digunakan oleh Abu Dhabi Investment Council (ADIC), salah satu lembaga investasi milik pemerintah kota Abu Dhabi. Sedangkan satu gedung lainnya ditempati oleh Bank Al Hilal.

Gedung ini di desain oleh AHR, jasa konsultasi arsitektur asal Inggris. Konstruksinya di kerjakan oleh Al-Futtaim Carillion, jasa kontraktor asal Dubai yang memang fokus dalam bidang pembangunan infrastruktur.

Gedung Pemenang Berbagai Penghargaan

ahr-global.com
ahr-global.com

Sebelum membahas desain dan konsep smart building yang dimiliki oleh gedung ini, kamu perlu tahu bahwa gedung ini memenangi banyak penghargaan dan berbagai nominasi.

Beberapa diantaranya adalah sebagai ‘Best Overall Project in the Middle East’ dan ‘Commercial Project of the Year’ dalam Middle East Award 2013. Peringkat kedua pada Emporis Skyscraper Award.

Juga sebagai pelopor sebagai gedung pencakar langit ramah lingkungan dan meraih penghargaan ‘Leadership in Energy and Environmental Design (LEED)’. Selain itu juga dinominasikan sebagai 20 gedung paling inovatif di abad ke-21.

Apa Istimewanya Al Bahr Towers?

edditiveblog.wordpress.com
edditiveblog.wordpress.com

Saat pertama kali melihat gambar menara kembar Al Bahr pasti hal pertama yang akan mengalihkan pandanganmu adalah dinding berbentuk segitiga dengan jumlah yang sangat banyak dan bisa membuka serta menutup.

Gedung ini memang dilengkapi dengan semacam ‘kulit’ berbentuk geometri dengan panel triagular yang dapat mengatur masuknya cahaya matahari ke dalam gedung kantor.

Uni Emirat Arab sangat panas, bahkan pada tahun 2002 pernah mencapai panas yang sangat ekstrim hingga 51,2 ⁰C. Masalah lainnya, pendingin ruangan adalah teknologi yang mahal dan sangat boros.

oberjuerge.com
oberjuerge.com

Dari situlah konsep gedung ini bermula. Kulit pintar yang menutupi gedung hingga 50% ini dapat diatur secara otomatis lewat teknologi komputerisasi yang terdapat di dalam gedung.

Ada setiap segitiga dilengkapi dengan fiberglaas yang diprogram secara otomatis untuk merespon pergerakan matahari. Umumnya pada siang hari seluruh kulit segitiga ini terbuka secara penuh.

Saat malam hari seluruh kulit akan tertutup. Jadi kamu tetap dapat menyaksikan suasana malam kota metropolitan Abu Dhabi yang memesona. Sebuah konsep dan desain yang indah dan tepat untuk gedung di Abu Dhabi.

Konsep kulit penutup ini terinspirasi dari bunga yang dapat mekar dan menguncup secara cepat, juga terinspirasi dari mashrabiya. Mashrabiya adalah penghalang cahaya yang dipasang di jendela, terbuat dari kayu.

allaboardforadventure.wordpress.com
allaboardforadventure.wordpress.com

Mashrabiya umumnya mempunyai berbagai desain yang cantik dan menarik. Sungguh sangat pas untuk dijadikan ide dasar pembuatan smart building Al Bahr Towers ini. Brilian. Bagaimana? Cukup istimewa bukan?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *