Al Qur’an merupakan kitab suci agama Islam yang di dalamnya terdapat tuntunan bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan.

Al Qur’an adalah pedoman bagi umat islam, tidak ada keraguan di dalamnya karena kitab tersebut merupakan kalam atau kata-kata Allah SWT.

Umat Islam wajib untuk mampu membacanya,menjaga serta mencintainya. Bahkan sebagian dari umat Islam membuat sebuah karya yang bisa dikatakan sebagai salah satu wujud kecintaannya kepada Al Qur’an.

Yakni membuat Al Qur’an dengan ukuran yang sangat besar. Al Qur’an memiliki 30 juz, dan sungguh menajubkan lembar-lembar yang mencakup seluruh ayat dalam Al Qur’an tersebut di tuangkan dalam sebuah ukiran-ukiran yang indah.

Adalah Alwuran Al Akbar, nama dari Al Qur’am raksasa yang terdapat di Kota Palembang. Al Qur’an raksasa ini tersusun rapi dan memiliki tinggi 15 meter dengan 315 potongan kayu tembesu berukuran 177 x 140 sentimeter yang kedua sisinya di ukir.

Sehingga jumlah tersebut menjadi 630 halaman serta dilengkapi tajwid dan do’a khatam Al Qur’an bagi para pemula.

Sangat unik, bagi siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum. Bagaimana tidak, ukiran-ukiran dalam Al Qur’an merupakan ukiran khas tradisional Palembang. Karya tersebut dibuat sendiri oleh putra-putra Sumatera Selatan.

Al Qur’an terbesar ini dibuat mulai tahun 2002 dan selesai pada tahun 2009. Alwuran dibuat dari ukiran khas Palembang berwarna dasar kayu cokelat menggunakan huruf Arab timbul berwarna kuning keemasan.

Pada setiap lembaran ukiran terdapat motif kembang di bagian tepi dan juga berwarna keemasan. Ukiran dan warna tersebut mencerminkan kebudayaan khas Kesultanan Darussalam Palembang.

Kamu dapat mengunjungu tempat dimana Al Qur’an terbesar di dunia ini disimpan yakni di Bait Al Qur’an Al Akbar yang terletak di komples Pondok Pesantren I.G.M Al-Ihsaniyah, Suak Bujang, Gandus, 6 kilometer dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin II ke Jembatan Musi 2.

Pada bulan Ramadhan, Al Qur’an raksasa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Sungguh luar biasa. Bagaimana penasaran kan dengan Al Qur’an terbesar di dunia ini? Ternyata Al Qur’an terbesar di dunia ini ada di Indonesia.