Bangun pagi selalu menjadi kesulitan tersendiri bagi kebanyakan orang. Seiring perkembangan zaman, alarm menjadi salah satu fitur yang wajib ada dalam jam weker yang akan membantu kita terbangun dari tidur lelap.

Kini, ada alarm yang tidak hanya menyiksa kita dengan bunyi berisiknya. Tapi juga punya fitur-fitur yang akan memaksa kita bangun sehingga tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan, atau justru kembali tidur. Terutama alarm yang ada pada smartphone

Alarm-alarm tersebut memaksa kita bangun dengan teka-teki, soal matematika, berjalan, berputar, dan berbagai kegiatan lainnya yang harus dilakukan ketika ingin mematikan bunyi bisingnya. Aplikasi alarm bergaya seperti ini banyak tersedia di toko aplikasi.

Tapi kira-kira yang mana yang bagus dan ampuh untuk memaksa kita bangun?

1Spin Me

appsbee.com

Alarm yang satu ini memiliki cara mematikan yang cukup menarik. Ketika alarm berdering, kamu diminta untuk bangun, berdiri, lalu memegang handphone dengan kedua jarimu.

Selanjutnya Spin Me memintamu untuk tetap memegang handphone dalam posisi mendatar sambil berputar sebanyak dua kali. Setelah itu dijamin deh kamu bakal bangun. Karena dalam keadaan sadar saja, penulis merasa pusing ketika mencoba mematikannya.

Spin Me memiliki tampilan yang sederhana dan cara pengaturan yang mudah. Cukup tap gambar jam yang ada pada tampilan utama.

2Puzzle Alarm

play.google.com

Sepeti namanya, Puzzle Alarm mengharuskan pengguna menyelesaikan bermacam permainan teka-teki untuk membuatnya diam. Salah satu teka-tekinya bernama Math Equation, teka-teki ini meminta pengguna untuk menyelesaikan soal matematika untuk mematikan alarm.

Selain Math Equation masih ada bermacam teka-teki lagi, seperti Colors + Shapes, Memory cards, Captcha, dan Rearrange photo.

Kalau penasaran, sebelum menyetelnya kamu bisa mencoba terlebih dahulu.
Kurang menantang? Puzzle Alarm memungkinkan penggunanya memilih tingkat kesulitan teka-teki sampai dengan tingkat kesulitan hard.

Juga menambah jumlah teka-teki yang harus diselesaikan untuk mematikan alarm, sampai dengan lima buah teka-teki. Selain teka-teki, Puzzle Alarm juga dapat dimatikan secara normal (tanpa teka-teki), dengan QR Code, atau dengan mengguncang handphonemu sekuat tenaga.

3Timely

gizmorev.com

Aplikasi yang satu ini memiliki cara yang mirip dengan Puzzle Alarm untuk mematikannya, yaitu dengan teka-teki matematika, random pattern, match it dan shake it. Menariknya, Timely memiliki fitur tersendiri yang cukup keren yaitu Smart Rise dan Cloud Alarm.

Fitur smart rise membuat Timely berbunyi 30 menit sebelum alarm yang kamu jadwalkan seharusnya berbunyi. Fitur ini berdasar kepada teori siklus tidur, sehingga pengguna diharapkan bisa bangun dengan senyum semringah di wajahnya.

Untuk kamu yang suka berganti-ganti devices, fitur cloud alarm akan menyimpan data alarmmu di jaringan internet. Jadi meski berganti atau menggunakan beberapa devices data alarmmu akan selalu ada pada aplikasi Timely.

Di luar dari fitur-fitur menariknya, Timely juga menyajikan tampilan beserta animasi transisi yang menarik.

4Alarm Mon

tipehp.net

Buat yang suka dengan karakter-karakter menggemaskan ala aplikasi Line, kamu bisa menggunakan Alarm Mon yang mengkombinasikan alarm, permainan, dengan karakter-karakter menggemaskan.

Secara default Alarm Mon memberikan penggunanya memiliki tiga karakter menggemaskan yang dapat digunakan sebagai suara alarm. Salah satunya ada karakter bernama Pico yang suaranya adalah suara ayam berkokok

Untuk menambah karakter pengguna bisa menggunakan poin yang didapat dengan mematikan alarm setiap harinya. Namun hanya beberapa karakter yang bisa dibeli dengan poin, sisa karakter lainnya harus dibeli dengan sejumlah uang.

Masing-masing karakter memiliki permainannya masing-masing. Permainan tersebut harus dimainkan untuk mematikan alarm ketika berbunyi pada pagi hari; ini yang kemudian menjadi kesulitan tersendiri.

Di luar dari itu, tidak ada lagi fitur lainnya yang cukup istimewa pada Alarm Mon.

5Walk Up Alarm

crowdnews.co.za

Aplikasi alarm terakhir ini cukup merepotkan. Untuk mematikannya, kamu diminta untuk bangun dan berjalan beberapa langkah. Ditambah, Walk Up Alarm menggunakan suara-suara yang menyebalkan, contohnya suara teriakan perempuan atau suara bocah laki-laki.

Pengguna bisa memilih mulai dari 10, 50, hingga 100 langkah untuk mematikan bunyi Walk Up Alarm. Fitur menarik lainnya dari Walk Up Alarm adalah Evil Mode yang membunuh tombol snooze. Jadi katakan selamat tinggal pada kebiasaan tidur 5 menit lagi karena tombol snooze.

Walk Up Alarm menggunakan model bisnis freemium. Fitur dasar tersedia secara cuma-cuma. Sementara beberapa fitur tambahan lainnya berbayar. Fitur-fitur berbayarnya termasuk sound-pack.

youtube.com
youtube.com

Jadi dengan menggunakan alarm ini, kamu sudah tidak punya alasan lagi untuk bermalas-malasan bangun tidur. Selain suara alarm yang sangat mengganggu, mengagetkan, cara mematikannya pun butuh perjuangan.

SHARE