Semenjak boyband dan girlband Korea masuk ke Indonesia, sepertinya dunia hiburan tanah air secara perlahan mulai dinomorduakan, bahkan banyak juga yang sudah beralih total.

Demam Korea makin menjangkiti setiap remaja, ketika tak hanya musik yang mulai jadi trendsetter, namun juga dramanya.

Seolah remaja Indonesia haus dengan hiburan yang tidak melulu menyajikan episode panjang yang jalan ceritanya dinilai hanya ikut-ikutan.

Yap. Drama korea yang ceritanya cenderung sedikit, tidak berbelit-belit, simple, membuat anak muda Indonesia mulai membanding-bandingkannya dengan sinetron buatan negara sendiri.

Sebenarnya, kenapa sih drama Korea banyak diminati kaum wanita?

1Pemainnya Berwajah Menarik

rantyferlisa.wordpress.com

Sudah tidak aneh lagi kalau para aktor dan aktris korea punya wajah yang nyaris sempurna. Mereka seperti punya kewajiban untuk operasi plastik setiap masuk usia 17 tahun.

Berbeda dengan FTV, film layar lebar, dan sinetron Indonesia yang cenderung dipenuhi pemain-pemain berawajah campuran.

2Peran yang Dimainkan Sangat Pas

viki.com

Di dalam dunia hiburan korea, para selebriti yang bisa bertahan di tengah gemerlap kehidupan tersebut, hanya yang punya talenta beragam.

Artis korea dituntut untuk bisa membawakan acara (MC), bernyanyi, menari, bermain musik, dan akting. Jika kemampuannya lengkap seperti itu, maka dialah yang akan bertahan.

3Soundtracknya Pas dan Bervariasi

superrefreshing.blogspot.com

Drama Korea selalu dilatari soundtrack yang membuat semangat (beat atau pop) maupun yang bernada syahdu, melankolis.

Dengan begitu, para penonton pun tidak hanya mengingat alur cerita sebuah drama, tetapi juga mengingat soundtrack-soundtracknya. Drama Korea sangat kreatif dan variatif dalam menyisipkan soundtrack.

Terkadang, satu karakter dalam K-Drama diwakilkan oleh satu soundtrack. Lirik soundtracknya pun sangat pas bagi setiap karakter tersebut. Ini nih yang biasa bikin baper. Hayoo ngaku!

4Alur Ceritanya Cenderung Berani

dramabeans.com

Drama Korea cenderung berani ‘bermain-main’ dengan alur ceritanya. Meskipun ada beberapa adegan yang terlihat klise atau bahkan beberapa drama Korea ada yang memiliki latar belakang cerita yang sama, tetap saja penonton dibuat terpukau.

Selalu ada hal unik yang membuat alur cerita drama korea menjadi seolah-olah terlihat menarik. Padahal, tidak jarang beberapa drama Korea mengadaptasi cerita dari drama Jepang, manga Jepang, bahkan komik Korea.

5Sinematografinya Enak Dilihat

erjud-chayob.blogspot.com

Drama korea memiliki detail-detail shoot yang enak dilihat. Penggarapannya juga asik sekali. Contohnya, salah satu drama dengan teknik shoot dan editing yang keren adalah Flower Boy Next Door.

6Figuran Berakting Baik

dramabeans.com

Semua pemain, mulai dari yang mendapat porsi adegan besar dan banyak, sampai yang sedikit, pasti akan ditampilkan secara sempurna.

Akting setiap pemainnya, meskipun hanya figuran, dilakukan dengan sangat baik, seakan mereka tengah memproduksi film.