Siapa sih yang tidak suka gorengan? Hampir semua orang Indonesia pasti mengonsumsi makanan dengan cara digoreng. Kalau makan makanan rebusan atau kukus, rasanya kurang nendang, kurang mantap.

Apa sih yang sebetulnya membuat orang Indonesia sangat menyukai gorengan?

1Produsen Sawit

bumn.go.id

Indonesia salah satu negara produsen minyak sawit terbesar di dunia. Karena alasan inilah, persediaan minyak goreng tak terbatas mempengaruhi pemakaian (konsumsinya) di masyarakat.

2Menu Andalan Digoreng

kulinerindonesiauwks.wordpress.com

Hampir semua menu makanan andalan orang Indonesia di goreng, mulai dari makanan utama (makanan berat) sampai kue-kue kecil.

Beberapa contohnya, yaitu nasi goreng, ayam goreng, mie goreng, pangsit goreng, kerupuk, rempeyek, martabak, bahkan sampai es krim yang basah pun ada dalam bentuk goreng.

3Godaan Penjual Kaki Lima

solusisehatku.com

Kaki lima yang menjual gorengan atau jajanan pinggir jalan pun menjadi faktor yang membuat masyarakat lebih memilih gorengan sebagai pengganjal perut, sebab aksesnya yang mudah dan ada di mana-mana.

4Lebih Mantap

majalahkesehatan.com

Makanan yang digoreng memiliki penampakan yang lebih menantang dibanding makanan yang direbus atau dibakar.

Sensasi kriuk-kriuk makanan yang digoreng tentu sangat menggugah selera, daripada makanan rebus atau kukus.

5Cocok dengan Sambal

kesehatan88.com

Gorengan paling asyik jika disajikan dengan sambal. Cara makannya pun dengan dicocol. Bahkan warga Bugis Makassar pun jika makan pisang goreng dan ubi goreng pasti ditambah sambal sebagai pasangan santapan. Wow!

6Tahan Lama

detikkesehatan.com

Makanan yang digoreng lebih tahan lama dibandingkan makanan yang tidak digoreng. Jika disimpan dan ingin dimakan lagi, maka tinggal menghangatkan dengan digoreng kembali.

7Praktis dan Cepat

m.keepo.me

Bagi orang yang super sibuk, menyiapkan makanan yang digoreng adalah salah satu pilihan paling cepat dan praktis, karena tidak butuh banyak waktu.

Cukup tuang minyak di wajan lalu masukkan bahan yang sudah dicampur garam sedikit. Tunggu beberapa detik atau menit, jadilah lauk yang akan dimakan.

8Pengaruh Iklan di TV

cpfood.co.id

Mau tak mau, iklan di televisi membuat para penontonnya menjadi tergoda untuk makan gorengan. Sebab di layar televisi, sajian gorengan tersebut tampak menggiurkan dan lezat.

9Kebiasaan

hipwee.com

Kalau sejak kecil kamu sudah dibiasakan makan gorengan, maka ketika sudah dewasa dan menua, kemungkinan besar akan susah menghentikan kebiasaan tersebut.

Makin bertambah usia, makin tua, apalagi wanita yang sudah menopause, harus berhenti makan gorengan, sebab penyakit kolesterol yang pasti akan dialami.