Menjadi apapun seorang wanita ketika berumah tangga kelak, itulah pilihan hidup masing-masing yang harus kita hargai. Menjadi wanita karir, bukan berarti dia tidak peduli keluarga dan egois.

Tentu pada setiap pilihan hidup, ada konsekuensi yang harus siap diterima tanpa protes. Menjadi wanita karir, keterbatasan waktu bersama keluarga, khususnya anak, harus disikapi dengan bijak.

Nah, pilihan yang berisiko seperti ini, tetap diambil oleh para wanita yang memilih berkarir di luar rumah karena 5 hal berikut;

1Mengejar Mimpi

abiummi.com

Masih ada impian pribadi yang belum selesai dan tetap ingin dicapai meskipun sudah berumah tangga adalah hal yang wajar. Lagi-lagi, tergantung bagaimana kesepakatan antar suami dan istri.

Namun yang perlu digarisbawahi di sini adalah, pilihan seorang wanita untuk berkarir sebetulnya tidak terbatas pada upaya mengejar impiannya sendiri saja, tapi disinergiskan dengan impian keluarga kecilnya sekarang; suami dan anak.

writing-everything.blogspot.com
writing-everything.blogspot.com

Jika sekarang ini kita menemukan banyak wanita (istri) yang rela berlelah-lelah melanjutkan pendidikan hingga Master atau bahkan Doktor, maka ilmu itu tak lain dan tak bukan adalah untuk mendidik anak-anaknya.

2Aktualisasi Diri

kellijanephoto.com

Sekarang ini, semakin banyak wanita melakukan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Aktualisasi diri ini dilakukan sebagai upaya agar kemampuan yang dimiliki seorang wanita tidak terbuang sia-sia.

Maka mereka ingin berbuat lebih untuk sekitar, salah satunya dengan berkarir di luar rumah. Tentu tanpa melupakan pendidikan dan kebermanfaatan yang sesungguhnya di dalam rumah.

3Kepuasan

cantik.com

Meraih prestasi dan mendapatkan jabatan yang diinginkan merupakan kepuasan tersendiri bagi wanita. Karena itulah banyak wanita yang ingin memiliki jalan karir yang sesuai dengan passion mereka.

Jika jabatan tinggi sudah diperoleh, apakah selesai begitu saja? Oh tidak. Bagi wanita karir yang cerdas dan memahami prioritas keluarga, maka jabatan itu akan ia jadikan sebagai sarana kontribusi lebih pada masyarakat.

4Memiliki Penghasilan

cermati.com

 

Nah, untuk yang satu ini, banyak juga menjadi alasan para wanita memilih berkarir. Keuangan keluarga yang dirasa belum cukup, biasanya menjadi alasan utama seorang istri bekerja, membantu suami.

5Gaya Hidup

snipview.com

Ada juga yang memilih menjadi wanita karir karena gaya hidup modern yang seolah-olah menuntut seorang istri harus bekerja di luar rumah.

Namun, semakin modern sebuah zaman, sebuah negara, maka semakin cerdas pula para wanitanya untuk tidak sekadar berkarir karena ikut-ikutan, tapi memang ada prinsip dan keputusan-keputusan yang membuatnya memilih hal tersebut.

Apapun pilihanmu, semoga itulah yang terbaik bagi dirimu dan keluarga.

SHARE