Listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Bagaimana tidak, listrik memiliki fungsi yang sangat penting salah satunya merupakan energi untuk penerangan.

Dengan adanya listrik memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Banyaknya hal yang membutuhkan energi listrik di rumah membuat penggunaan listrik semakin tinggi.

Akhirnya tagihan listrikpun juga naik. Maka dari itu, sekarang ini juga diciptakan alat penghemat listrik.

Di Indonesia, alat semacam ini mulai dipasarkan sejak 2003. Berbagai merek didatangkan dari luar negeri, baik Jerman, Italia maupun negara Eropa lainnya.

Bagaimana cara kerja alat penghemat listrik ini?

Sebenarnya cara kerja alat ini cukup sederhana. Menurut teori, untuk mengurangi pemakaian energi listrik diperlukan sebuah kompensator daya.

Kompensator daya bekerja sebagai pengatur tegangan yang akan mengurangi catu tegangan ke beban.

Dengan kata lain mengurangi catu daya ke beban. Maka dari itu, dengan mengurangi catu daya secara otomatis energi yang terpakai pun akan berkurang dibanding dengan keadaan normal.

Terdapat dua jenis kompensator daya, yakni kompensator yang dipasang secara paralel denagn beban dan kompensator yang dipasang seri dengan beban.

Di pasaran banyak dijual genset daya yang dipasang paralel.

Kompensator yang dipasang secara paralel dengan beban sebenarnya adalah kompensator daya aktif-reaktif.

Jenis arus yang ada di dalam alat ini memnafaatkan arus yang dialirkan PLN ke pelanggan, yaitu arus bolak-balik dengan dua komponen daya aktif dan reaktif.

Daya aktif adalah daya sebenarnya yang dibutuhkan beban. Sedangkan daya reaktif adalah daya yang dapat terjadi karena induktansi maupun kapasitansi.

Terjadinya induktansi karena komponen yang berbentuk kumparan seperti motor listrik maupun transformator step down pada adaptor.

Dan terjadinya kapasitansi karena komponen kapasitor. Nah, jumlah dari kedua hal itu kemudian membentuk daya nyata.

Faktanya, daya yang dipasok oleh PLN adalah daya nyata. Maka dari itu daya untuk mengurangi daya yang dipasok PLN maka sebisa mungkin daya reaktif diminimalisasi.

Umumnya peralatan di rumah bersifat induktif, maka kompensator daya untuk mengeliminasi daya reaktif berupa kapasitor.

Biasanya alat ini dipasang secara paralel pada jaringan listrik, setelah sekreing yang telah terpasang sebelumnya.

Itulah ulasan singkat mengenai cara kerja alat hemat listik di lingkungan rumah.