Di masa modern sekarang ini, tak bisa terelakan bahwa komputer, laptop, netbook, dan sampai tablet kemudian menjadi sebuah kebutuhan yang bersifat primer.

Hampir semua orang punya minimal satu dari media elektronik tersebut. Fungsinya selain sebagai penunjang kehidupan, pekerjaan, dan pendidikan, juga bisa sebagai hiburan.

Nah, bagi yang tertarik mengetahui tentang dunia teknologi semacam ini, pasti sering mendengar istilah alat input komputer. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan alat input komputer itu?

Alat input komputer adalah alat-alat yang berfungsi sebagai untuk memasukkan data atau perintah dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

Berikut ini ada sekitar sembilan macam alat-alat input dari komputer:

Yang pertama adalah keyboard, berfungsi untuk memasukkan angka, huruf, karakter khusus, serta sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah-perintah tertentu pada komputer.

Yang kedua adalah mouse, berfungsi sebagai pemindah pointer atau kursor secara cepat, serta sebagai pengatur posisi kursor di layar sesuai perintah pengguna komputer.

Yang ketiga adalah scanner, berfungsi sebagai pengopi atau penyalin teks maupun gambar yang kemudian dapat disimpan memori komputer.

Yang keempat adalah joystick, berfungsi sebagai pelengkap untuk memainkan game-game tertentu yang ada dalam komputer. Alat ini tergantung kebutuhan dari pengguna saja.

Yang kelima adalah touch pad, berfungsi sebagai penggerak kursor pada monitor yang mirip fungsi mouse. Biasanya ada pada laptop atau netbook.

Yang keenam adalah track ball, yang memiliki fungsi sebagai simulator pergerakan mouse secara vertical, sehingga pengguna tidak perlu menggerakan mouse secara berulang-ulang.

Yang ketujuh adalah light pen, yang memiliki fungsis ebagai model modifikator dalam desain gambar secara langsung kepada monitor atau screen. Biasanya ada pada laptop atau netbook layar sentuh, dan tablet.

Yang kedelapan adalah kamera dan video digital, untuk menangkap objek gambar atau video. Dan yang terakhir adalah headphone sebagai alat pelengkap untuk mendengarkan musik.