Berbagi penggunaan benda pribadi tertentu, ternyata sama saja dengan berbagi jamur, virus dan juga bakteri penyebab penyakit. Tapi, sebagian orang tidak mempedulikan hal ini.

Mereka santai saja menggukan barang bersama dengan anggota keluarga atau pasangan, tanpa merasa bertanggungjawab kalau hal ini bisa menyebabkan menyebarnya penyakit.

Menurut Dr. Whitney Bowe, seorang ahli kulit di New York dan Philip Tierno, Ph.D., professor mikrobiologi dan patologi di New York University School of Medicine, inilah daftar barang yang sama sekali tidak boleh digunakan bersama.

1Sabun Mandi

thinkstockphotos.com

Benda penting untuk membersihkan tubuh. Setelah digunakan, ternyata sabun akan dipenuhi organisme dari kulitmu. Menggunakannya bersamaan berarti berbagi virus dengan orang lain.

Meski sebagian sabun bersifat antibakteri, ini tidak menjamin sabun yang digunakan bersama bebas dari bakteri. Berbagi sabun sama sekali tidak disarankan, karena tiap tubuh punya bakteri unik tersendiri.

2Handuk

kombisnet.ning.com

Setelah dipakai, handuk biasanya digantung. Tahukah kamu kalau handuk basah ternyata penuh dengan bakteri, cendawan dan jamur?

Seperti halnya sabun mandi, handuk adalah benda pribadi yang langsung bersentuhan dengan kulit. Selalu cuci handuk setelah empat kali digunakan dan biarkan dalam keadaan kering sempurna.

3Spoon Mandi

meginsanity.com

Benda ini paling sering digunakan saat menggunakan sabun cair. Dan sangat jarang menemukan benda ini dalam keadaan kering selama penggunaan.

Ini memudahkan jamur dan virus untuk berkembangbiak. Karena itu, setelah digunakan, letakkan benda ini di tempat yang memudahkannya untuk kering untuk mengurangi potensi berkembangnya jamur dan bakteri.

4Pisau Cukur

id.aliexpress.com

Meski dibersihkan dulu sebelum digunakan, menggunakan pisau cukur milik orang lain sangat tidak disarankan.

Alat yang berhubungan langsung dengan tubuh ini memungkinkan luka di tubuh, sehingga bisa menyebarkan penyakit lewat darah seperti hepatitis dan HIV.

5Pemotong Kuku

thinkstockphotos.com

Hampir sama seperti pisau cukur, benda ini juga memiliki resiko tinggi dapat melukai. Selain itu, sebagai alat kebersihan, benda ini juga penuh dengan jamur dan kuman dari jari.

Kamu bisa membersihkan benda ini dengan alkohol setelah digunakan. Tapi tetap tidak disarankan untuk digunakan bersama.

6Jepitan

thinkstockphotos.com

Jepitan atau pinset biasa digunakan untuk merapikan rambut. Jika hanya digunakan untuk mencabut rambut, berbagi jepitan bukan hal buruk, asal tidak terlalu kotor.

Tapi jika kamu menggunakan benda ini untuk mencongkel kuku atau rambut yang terjebak di daging, jangan pernah gunakan benda ini bersama. Meski jarang, benda ini bisa jadi alat untuk menyebarkan penyakit dari darah.

7Apapun yang Ada Dalam Botol

Jupiterimages.com

Perlengkapan seperti pelembab dan juga kosmetik kebanyakan ada di dalam botol. Untuk mengambilnya biasanya menggunakan jari. Hal ini beresiko.

Jari yang kotor bisa menyebarkan penyakit. Apalagi jika benda di dalamnya digunakan bersama dengan orang lain.

Lebih disarankan memilih kosmetik dengan tempat berupa tube dibandingkan botol yang memerlukan jari untuk mengambilnya.

8Pencabut Bulu Hidung

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Berbagi pencabut bulu hidung dengan orang lain benar-benar tidak disarankan. Karena alat ini digunakan di hidung, yang jelas tidak bersih, jadi memiliki potensi besar untuk menyebarkan penyakit.

Meski orang yang menggunakan tidak dalam keadaan sakit sekalipun.

9Alat Pemangkas Rambut

instagram.com

Kecuali alat pemangkas yang dibersihkan khusus di tempat cukur, kamu sebaiknya tidak menggunakannya bersama.

Berbagai alat pemangkas kotor bisa menyebarkan bakteri dari wajah satu orang pada kulitmu, meningkatkan resiko jerawat dan gangguan di wajah lainnya.

10Antiperspirant dan Deodorant

123rf.com

Berbagi benda yang biasa digunakan di bawah ketiak tentu menimbulkan sensasi tidak nyaman.

Sejumlah deodorant berfungsi untuk membunuh bakteri, sehingga anti bakteri ditambahkan. Tapi beberapa yang lain hanya menggunakan aroma segar saja, sehingga tidak aman dari adanya bakteri.

11Lip Balm

instagram.com

Bakteri bisa berpindah melalui selaput mulut ke aliran darah. Lapisan bibir hanya tipis di atas pembunuh darah, sehingga mudah menyerap apapun.

Karenanya, berbagi lip balm atau pelembab bibir hanya akan meningkatkan resiko penyakit seperti herpes.

12Batu Penghalus Kaki

thinkstockphotos.com

Batu ini digunakan untuk membantu mempercepat pengelupasan kulit mati di kaki, sehingga tidak disarankan digunakan bersama.

Tetapi batu ini juga dapat menyebabkan jamur dan sejumlah bakteri berpindah jika digunakan bersama.

13Sikat Gigi

thinkstockphotos.com

Siapa yang mau berbagi benda yang digunakan untuk membersihkan mulut? Meski telah dibersihkan, masih ada bakteri tersisa yang tumbuh di benda ini.

Resiko penyebaran penyakit akan naik secara cepat jika menggunakan benda ini bersama.

14Pasta Gigi

ciricara.com

Sama seperti sikat gigi, pasta gigi sebaiknya tidak digunakan bersama.

Meski tidak digunakan langsung pada tubuh, pasta gigi digunakan dengan sikat gigi yang memiliki resiko tinggi penyebaran kuman jika digunakan bersama.

15Anting

perhiasanmutiaralombok.com

Anting sebenarnya adalah benda yang digunakan untuk perhiasan. Tetapi, ada kemungkinan penyebaran penyakit dari darah dengan cara berbagi benda ini.

Jika terpaksa digunakan berantian, bersihkan anting dengan alcohol sebelum dan setelah digunakan.

16Sandal Mandi

thinkstockphotos.com

Sangat jarang menemukan benda ini dalam keadaan kering. Itu karena benda ini biasanya digunakan selama mandi.

Sandal mandi sebenarnya adalah benda pribadi karena mudah dipenuhi jamur dan bakteri dari kaki orang yang menggunakannya, terutama saat keadaan basah.

17Earbuds

instagram.com

Untuk mendengarkan musik, kadang kamu menggunakan earbuds atau headset. Setelah digunakan, kadang tanpa sadar kamu juga membawa serta kuman dari lubang telinga.

Bakteri akan meningkat banyak saat kamu menggunakan benda ini saat berlatih. Keringat dan keadaan lembab saat digunakan juga meningkatkan jumlah bakteri yang berkembang.

Karenanya, jangan pernah menggunakan benda ini bersama. Earbuds adalah benda pribadi yang sebaiknya hanya digunakan sendiri.

Itulah tadi 17 benda pribadi yang tidak boleh digunakan bersama. Itu jika kamu peduli dengan kesehatan tubuhmu.