Salah satu masa yang membahagiakan adalah masa kehamilan. Bagaimana tidak, pada masa ini seorang ibu mengandung buah hati yang ia nantikan.

Apalagi jika seorang ibu mengandung anak pertama. Biasanya kehamilan pertama disambut dengan segala rasa, antara bahagia, khawatir dan berbagai rasa lainnya.

Selama masa kehamilan seorang ibu tetap harus berhati-hati menjaga nutrisi, kesehatan, dan tidak lupa memenuhi berbagai macam amalan yang bisa dilakukan ketika mengandung.

Apa saja amalan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil?

Amalan pertama yang bisa dilkukakn ialah memperbanyak rasa syukur kepada Allah SWT. Sang Khaliq lah yang telah menciptakan bayi dalam perut ibu.

Maka dari itu, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Yang kedua, terapkan pendidikan kepada anak sejak dalam mereka dalam kandungan. Seperti selalu sholat lima waktu secara khusyu’ dan tepat waktu, rajin membaca Al-Qur’an, perbanyak sholat sunnah, dan bisa mengikuti kajian ilsam.

Ibu  juga bisa membaca do’a-do’a untuk ibu hamil yang terdapat di dalam beberapa ayat-ayat Al-Qur’an antara lain, QS. Ali Imran: 35- 36 dan 38, QS. Ibrahim: 40, serta QS. Al Furqan: 74.

Wanita yang sedang mengandung juga harus mengontrol emosi diri seperti selalu menjaga lisan dari ucapan yang keji, kotor ataupun menghina orang lain.

Amalan selanjutnya yakni pasangan suami istri lebih menjaga kehalalan rezeki baik berupa materi ataupun makanan.

Begitu pentingnya asupan makanan yang masuk ke dalam perut ibu hamil, termasuk kandungannya. Tidak hanya nilai nutrisinya, namun juga diperhatikan kehalalnya. Bisa dilihat dari cara memperolehnya.

Hal tersebut akan berpengaruh pada bayi yang sedang dikandung karena mempengaruhi akhlak sang bayi maupun keluarga. Sangat diperhatikan juga makanan-makanan dari segi kesehatan.

Tidak hanya itu, sebaiknya juga berupaya mencarikan nama yang baik untuk anak. Selalu berpikir postif dan hindari segala hal yang berbau kesyirikan.

Satu lagi, jangan lupa untuk memerikasakan diri secara rutin pada dokter agar senantiasa terpantau kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Demikian beberapa amalan yang dapat dilakuakn seorang ibu ketika mengandung. Semua itu dilakukan dalam upaya mendapatkan kebaikan bagi ibu dan sang buah hati.