geraihaydar.com

Sudahkah Kamu Melakukan 5 Amalan Sunnah Hari Jumat Berikut Ini?

Posted on

Sebagai seorang muslim yang mengetahui betapa agungnya hari jum’at, siapapun pasti akan bersemangat untuk melaksanakan berbagai macam ibadah yang dituntunkan pada hari tersebut.

Salah satu contohnya yaitu membaca surah Al Kahfi pada hari jum’at. Sebetulnya, sunnah-sunnah ibadah yang Rasulullah Saw tuntunkan untuk dikerjakan di hari jum’at sangat banyak lho.

Baik sunnah-sunnah secara umum, maupun sunnah khusus bagi laki-laki yang hendak melaksanakan shalat jum’at.

Apa saja sunnah-sunnah umum tersebut?

Memperbanyak Shalawat

carajuki.com
carajuki.com

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”

Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Rasulullah Saw bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

Membaca Surah Al-Kahfi

flickr.com
flickr.com

Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat AlKahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan meneranginya di antara dua Jum’at.” (HR. Hakim)

Perbanyak Doa

wrthrough.com
wrthrough.com

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Swt, niscaya permintaannya akan dikabulkan.”

Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud dengan detik terakhir dari hari Jum’at adalah saat menjelang maghrib, yaitu ketika matahari hendak terbenam.

Perbanyak Dzikir Mengingat Allah

tuntunanshalat.com
tuntunanshalat.com

Allah Swt berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al-Jumu’ah: 9)

Surah As-Sajdah dan Al-Insan

republika.co.id
republika.co.id

Dari Abu Harairah ra, Rasulullah Saw biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alif Lam Mim Tanzil…” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama

dan “Hal ataa ‘alal insaani ḥiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuuraa” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.” (HR. Muslim)

Tapi seorang imam hendaknya tidak memaksakan diri untuk membaca kedua surah tersebut ketika kondisi makmumnya tidak mampu berdiri terlalu lama.

Selamat mengamalkan!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *