Tujuan tertinggi dari setiap Muslim dalam meniti hidup dan kehidupannya adalah meraih kemenangan besar di akhirat kelak dengan mendapatkan surga

Kemenangan besar yang sangat ditentukan dengan kadar ketaatan seorang hamba kepada Allah dan rasul-Nya. Firman Allah :”Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. 33:71)

Guna mendapatkan surga yang seluas langit dan bumi itu ada beberapa amalan yang bisa dilakukan di dunia. Dan bisa disebut sebagai amalan penduduk surga. Berikut penjabarannya

1Taubat

www.suararakyatindonesia.org

Orang-orang yang taubat atau kembali ke jalan Allah akan dibalas dengan surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

Allah berfirman :”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang.” (QS. 3:133).

2Hijrah

abiummi.com

Berhijrah dari keburukan (jahiliyah) kepada kebaikan (islam), serta berjihad dengan harta dan jiwa demi meninggikan kalimatullah akan berbuah surga.

Allah berfirman, “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.” (QS. 9:20)

3Istiqomah

www.rabithah-alawiyah.org

Istiqomah dalam ketaatan dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Firman Allah :”Sesunguhnya orangorang yang mengatakan : ”Rabb kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada

kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 46:13-14)

4Khusyu dalam Shalat

abiummi.com

Orang yang khusyu dalam shalatnya akan mendapatkan warisan berubah surga yang keindahannya belum pernah terbayang dengan keindahan apapun di dunia ini

Firman Allah :”Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya,” (QS. 23:1-2)

5Berwudhu secara Sempurna

ummi-online.com

Orang yang berwudhu secara sempurna kemudian dilanjutkan dengan membaca syahadatain setelah selesai berwudhu akan dibalas dengan surga.

Dari Umar bin Khattab RA bahwa Nabi bersabda : ”Tidaklah salah satu diantara kalian yang berwudhu`, lalu disempurnakan wudhunya itu, sesudah itu dia berucap : ”Asyhadu an la ilaha illallah, wa anna Muhammadan `abdullah wa rasuluhu (Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang haq untuk disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah seorang hamba dan rasul-Nya) melainkan dibukakan baginya 8 pintu surga yang dapat dimasukinya dari mana saja menurut kehendaknya.” (HR Muslim)

6Shalat Sunnah Rawatib

kangsoal.blogspot.com

Orang yang menjaga shalat sunah rawatib akan mendapat balasan besar berupa surga dari Allah SWT.

Dari Ummu Habibah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah bersabda :”Siapa yang mengerjakan shalat 12 rakaat sehari semalam, akan dibuatkan oleh Allah untuknya rumah di surga.” (HR Muslim)

12 rakaat itu terdiri dari 4 rakaat sebelum shalat Zhuhur, 3 rakaat setelahnya, dan 2 rakaat setelah shalat Magrib dan 2 rakaat setelah shalat Isya, serta 2 rakaat sebelum shalat Shubuh.

7Membangun Masjid karena Allah

pusakaindonesia.org

Membangun masjid atau rumah Allah jelas akan mendapat balasan besar berupa surga dari Allah SWT.

”Barangsiapa membangun masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah semata, maka Allah akan membuatkan pula baginya rumah di surga.” (HR Bukhari Muslim)

SHARE