twitter.com

Anak IPS Nggak Perlu Minder! 7 Jurusan Keren Nan Menjanjikan Ini Telah Menantimu

Posted on

Zaman dulu, banyak yang menganggap anak IPS itu adalah anak sisa atau anak buangan, di mana kalau nggak masuk ke jurusan IPA, ya mau nggak mau masuk jurusan IPS. Padahal, tentunya itu adalah pemahaman yang sangat keliru.

Oleh karena itu, untuk kamu yang anak IPS, kamu nggak boleh minder apalagi sampai depresi karena persoalan kamu jadi anak IPS. Percayalah bahwa tiap orang itu punya potensi, termasuk anak IPS, karena belum tentu anak IPA akan sukses kalau masuk jurusan IPS. Benar begitu kan?

Selain karena dianggap anak sisa atau buangan, keminderan anak IPS biasanya disebabkan karena banyak pendapat bilang bahwa peluang anak IPA itu lebih luas saat memilih jurusan saat kuliah nanti, dan jurusannya pun keren-keren, misalnya saja kedokteran atau pun jurusan-jurusan teknik.

Tapi jangan salah ya, pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS pun nggak kalah keren lho! Dan tentunya nggak kalah menjanjikannya dibandingkan dengan anak IPA. Kalau kamu nggak percaya, langsung kita lihat saja yuk jurusan-jurusan yang dimaksud. Dan setelah ini anak IPS nggak boleh minder lagi.

Psikologi

hidayatullah.or.id
hidayatullah.or.id

Salah satu jurusan yang bisa dimasuki oleh anak IPS adalah Psikologi. Jika kamu sudah mendalami ilmu ini, maka kamu akan menemukan keasyikan sendiri, salah satunya belajar melihat perspektif manusia dari berbagai sudut pandang, melihat keterkaitan antara aspek kognitif, psikososial dan fisik pada perkembangan manusia, dan mempelajari hal lainnya yang tidak kalah seru.

Dan setelah kamu lulus mendapat gelar seorang psikolog, maka kamu pun punya kesempatan untuk bekerja di posisi keren dan menantang, sebut saja HRD, konsultan perusahaan, psikolog anak, psikiater atau pun Market Research psikolog.

Ilmu Hukum

reganandanursa.blogspot.com
reganandanursa.blogspot.com

Kasus hukum yang terjadi di Indonesia makin hari terasa semakin kompleks. Banyak orang dengan mudah memperkarakan sesuatu ke pengadilan. Oleh karena itu, dunia hukum pun selalu membutuhkan lulusan sarjana hukum untuk bisa terlibat dan terjun langsung ke ranah hukum, misalnya saja dengan menjadi Pengacara, Hakim, Notaris ataupun Staff Legal.

Sastra Inggris

konsultanpendidikan.com
konsultanpendidikan.com

Salah satu jurusan yang punya prospek luas di masa depan adalah Sastra Inggris. Nah, jurusan ini pun bisa dipilih oleh anak-anak dari jurusan IPS ketika SMA-nya. Terbukti sekarang saja, setiap lowongan kerja pasti menyaratkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai salah satu skill yang harus dikuasai.

Bisnis dan Manajemen

bisnisukm.com
bisnisukm.com

Jika kamu ingin menjadi orang yang dibutuhkan di mana-mana dan mudah mencari tempat kerja, walaupun saingannya juga banyak, maka kamu bisa coba masuk ke jurusan Bisnis dan Manajemen. Karena hampir tiap perusahaan pasti butuh orang yang mengerti bisnis dan manajemen.

Jurnalistik

janganmales.wordpress.com
janganmales.wordpress.com

Dunia jurnalistik saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, walaupun trend-nya makin ke sini semakin bergeser, yaitu dengan semakin ramainya media online. Dengan semakin ramainya media yang ada, maka semakin dibutuhkan pula jasa seorang jurnalis, baik itu untuk mencari berita, atau pun menuliskannya, baik itu dalam bentuk hard news, featured, artikel atau pun bentuk karya jurnalistik lainnya.

Desain Grafis

blog.solusindo.com
blog.solusindo.com

Untuk kamu anak IPS yang hobi nge-desain sesuatu dan hobi menggambar ilustrasi, maka kamu bisa memilih jurusan Desain Grafis sebagai jurusan kamu kuliah. Jurusan ini cukup menjanjikan lho di era digital seperti sekarang ini? Kamu bisa jadi Desainer ataupun tim kreatif  dan kamu pun bisa jadi illustrator baik di media cetak ataupun online.

Ilmu Perpustakaan

poltektugu.info
poltektugu.info

Untuk kamu anak IPS yang suka sekali dengan tumpukan buku, suka ngoleksi buku apalagi suka baca buku gratisan, maka kuliah di Ilmu perpustakaan pastinya akan sangat menyenangkan. Pasalnya, suatu saat nanti kamu bisa jadi pustakawan yang kerjaannya berdiam diri di dalam perpustakaan, mengatur buku-buku dan tentunya bisa baca buku banyak-banyak tanpa harus membeli.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *