Zaman dulu, banyak yang menganggap anak IPS itu adalah anak sisa atau anak buangan, di mana kalau nggak masuk ke jurusan IPA, ya mau nggak mau masuk jurusan IPS. Padahal, tentunya itu adalah pemahaman yang sangat keliru.

Oleh karena itu, untuk kamu yang anak IPS, kamu nggak boleh minder apalagi sampai depresi karena persoalan kamu jadi anak IPS. Percayalah bahwa tiap orang itu punya potensi, termasuk anak IPS, karena belum tentu anak IPA akan sukses kalau masuk jurusan IPS. Benar begitu kan?

Selain karena dianggap anak sisa atau buangan, keminderan anak IPS biasanya disebabkan karena banyak pendapat bilang bahwa peluang anak IPA itu lebih luas saat memilih jurusan saat kuliah nanti, dan jurusannya pun keren-keren, misalnya saja kedokteran atau pun jurusan-jurusan teknik.

Tapi jangan salah ya, pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS pun nggak kalah keren lho! Dan tentunya nggak kalah menjanjikannya dibandingkan dengan anak IPA. Kalau kamu nggak percaya, langsung kita lihat saja yuk jurusan-jurusan yang dimaksud. Dan setelah ini anak IPS nggak boleh minder lagi.

Back

1. Psikologi

Salah satu jurusan yang bisa dimasuki oleh anak IPS adalah Psikologi. Jika kamu sudah mendalami ilmu ini, maka kamu akan menemukan keasyikan sendiri, salah satunya belajar melihat perspektif manusia dari berbagai sudut pandang, melihat keterkaitan antara aspek kognitif, psikososial dan fisik pada perkembangan manusia, dan mempelajari hal lainnya yang tidak kalah seru.

Dan setelah kamu lulus mendapat gelar seorang psikolog, maka kamu pun punya kesempatan untuk bekerja di posisi keren dan menantang, sebut saja HRD, konsultan perusahaan, psikolog anak, psikiater atau pun Market Research psikolog.

hidayatullah.or.id
Back