Gadget merupakan alat canggih yang semakin meraja lela di era sekarang, hampir semua kalangan, dari anak sekolah, para pekerja sampai ibu rumah tangga mempunyai gadget.

Gadget memang banyak membantu dan memudahkan komunikasi, baik komunikasi secara instan, mudah dan komunikais jarak jauh.

Gadget juga memudahkan kita mencari informasi di dunia internet, bagi mereka yang bekerja secara online sangat terbantukan dengan adanya gadget.

Tapi bukan berarti gadget tidak ada kelemahan, bagi anak yang belum cukup umur  justru gadget menjadi masalah tersendiri. Mereka bisa lupa belajar, malas beraktifitas dan terus-terusan bermain game.

Ini menjadi masalah tersendiri bagi para orang tua,mereka bingung bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan gadget.

Di bawah ini ada tips bagaimana cara mengendalikan anak yang kecanduan gadget. Yuuk disimak

1Habiskan Waktu Lebih Banyak dengan Anak

bisamandiri.com

Para orang tua yang memiliki anak yang kecanduan gadget hrus bekerja lebih ekstra, terutama masalah waktu. Orang tua harus mempunyai banyak waktu bersama anak, entah diajak bekerja, diajak ngobrol atau diajak ke rumah tetangga.

Dengan begitu orang tua bisa mengalihkan  perhatian anak dari tv dan gadget, sehingga anak akan lupa dengan sendirinya.

2Biarkan Anak Memiliki Kegiatan di Luar Rumah

blog.tokopedia.com

Jika anak belum tahu apa saja kegiatan di luar rumah, maka orang tua wajib mengenalkan dan mencontohkan. Banyak sekali kegiatan di luar rumah yang justru bermanfaat bagi anak, baik bagi fisik dan perkembangan otaknya.

Misal bermain bola, berenang atau main petak umpet bersama teman tetangga, biarkan anak menikmati permainan seperti ini, tapi tentu tetap ada batasan

3Buat Area Bebas Gadget

123rf.com

Misal di ruang belajar, disitu tidak boleh adanya gadget ada, di kamar tidur, hanya fokus untuk istirahat, bisa juga di ruang makan, hany boleh untuk makan.

4Jadwalkan Waktu Menonton TV dan Bermain Gadget

mcninfo.wordpress.com

Anak memang harus didik dengan disiplin, berikan jadwal nonton TV atau bermain gadget, misal setiap hari nonton TV hanya 1 jam, bermain gadget setelah belajar atau bisa juga bermain gadget dengan syarat sudah mengerjakan PR.

5Jangan Berikan Gadget Pada Saat Masih Kecil

abiummi.com

Ketika anak masih kecil, usahakan jangan dikasih gadget, jangan dikenalkan pada gadget, karena nanti bisa mempengaruhi perkembangan otak anak.

6Tidak Menggunakan Gadget di Depan Anak

bisamandiri.com

Para orang tua harus membatasi diri, untuk tidak bermain gadget di depan anak, karena ketika dilakukan, maka anak akan ikut melihat, ikut tertarik dan tentunya mereka berpikir akan mencontoh orang tuanya.

Gunakan gadget pada saat anak tidur, saat bekerja di luar atau anak sedang bermain di luar, usahakan jangan sampai anak melihat kita sedang memakai gadget.

Semoga bermanfaat ya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here