Halo anak kos baru? Bagaimana rasanya hidup jauh dari keluarga dan tinggal di kos-kosan? Tuntutan kalau kamu jauh dari rumah, kalau tidak hidup di kosan ya kontrak.

Tapi, tentu lebih nyaman kosan karena kamu tidak harus memikirkan banyak hal. Berikut ini 13 hal yang akan kamu temui di kosan, sebagai anak kos baru.

1Kangen Segala Hal Tentang Rumah

hipwee.com

Hidup di kosan tanpa fasilitas terbaik dan tanpa orang-orang terdekat, sering membuatmu kangen rumah. Meski sebenarnya kalau di rumah, kamu juga lebih sering dimarahi orang tuamu.

2Belajar Menyuci dan Menyetrika sendiri

sasha-shop.blogspot.com

Kalau kamu punya cukup uang, jasa laundry dan seterika bertebaran di sekeliling kosan. Tapi, kalau uang bulananmu saja pas-pasan, mau tidak mau kamu harus belajar mengerjakannya sendiri.

3Akrab dengan Pok-we dan Warteg

kucingorengemok.blogspot.com

Pok-we atau dalam bahasa Jawa njupuk dewe, artinya mengambil sendiri. Dibanding restoran yang dilayani, kamu akan lebih memilih warung makan yang membebaskanmu mengambil nasi dan menu.

4Merindukan Awal Bulan

puteka85.blogspot.com

Bagi anak kosan, awal bulan adalah angin segar yang paling ditunggu. Biasanya wajah anak kosan akan tampak sumringah, apalagi kalau kiriman sudah datang. Meski sebenarnya, tidak bertahan lama juga.

5Selamat Tinggal Hidup Damai

www.blog-netizen.com

Kalau di rumah, paling kamu bertengkar dengan saudara. Tapi, lupakan hidup damai di kosan. Kamu harus bisa memaklumi tetangga kamar yang menyetel musik keras sampai malam. Atau suara cekikian tetangga kamar yang ngerumpi sampai pagi.

6Akrab dengan Mie Instan

kapanlagi.com

Ini nih, sahabat setia anak kosan. Pada saat uang saku sudah menipis, maka makanan satu ini terpaksa harus kamu akrabkan. Makanan ini bisa mendadak laris manis di akhir bulan.

7Horor Ketemu Ibu Kos

hipwee.com

Punya ibu kos galak? Duh, nasibmu deh. Tidak semua pemilik atau pengelola kos itu ramah dan baik. Ada juga yang judes dan pelit, terutama kalau urusan bayar kos.

Tapi, kalau kamu bisa bersikap baik, ibu kos juga tidak akan seseram itu kok.

8Mbak Kosku Kok Galak Ya?

dhemendutyank.blogspot.com

Penghuni lama kos kadang jadi momok tersendiri untuk anak kos baru. Tidak jarang, ada kakak kos yang galak dan sok ngatur.

Kalau kamu ketemu yang seperti ini, sabar saja ya. Berdoalah supaya dia cepat cabut dari kos, tidak akan lama lagi kok.

9Punya Teman Seperjuangan

www.kaskus.co.id

Sesama anak kos biasanya memiliki rasa kebersamaan yang besar. Apalagi untuk kamu yang berasal dari tempat jauh dan bertemu kawan sekampung.

Sayangnya kalau sedang bokek, teman baik yang mau meminjami uang, sulit dicari.

10Punya Idola dan Musuh Bersama

chubiechurubie.wordpress.com

Susah untuk bisa menyimpan rahasia dari teman-teman sekos. Kalau kamu mengidolakan sesuatu atau seseorang, atau bahkan memusuhinya, kadang itu juga akan jadi idola dan musuh bersama.

11Barang Pribadi = Barang Bersama

nalagarlong.blogspot.com

Pinjam meminjam barang di kosan jadi hal yang wajar. Bisa jadi, barang yang terlalu sering dipinjam akhirnya berubah jadi barang bersama.

Tapi kamu juga harus hati-hati, jangan sampai semua barangmu bernasib seperti itu ya.

12Melarikan Diri dari Jadwal Piket Kebersihan

alatkebersihan.com

Kebersihan kos sebenarnya jadi tanggung jawab penghuni kos. Meski tidak jarang, pemilik kos memberikan fasilitas petugas kebersihan.

Tapi, bagi kos yang tidak menyediakan hal itu, biasanya ada jadwal giliran piket kebersihan. Nah, bagi kamu yang melarikan diri jadi jadwal piket kos, siap-siap jadi bahan bully-an seisi kos ya.

13Kepo Kos-kosan Lama

hipwee.com

Saat masa kos kamu berakhir, kamu akan pergi dari kos lama. Baik pulang ke rumah ataupun pindah kos baru. Ada kalanya kamu akan merindukan suasana kos lama, meski banyak hal menyebalkan yang terjadi.