Sebagai orang tua, tentunya kamu ikut andil dalam membangun kehidupan masa depa anak-anakmu, baik anak perempuan maupun laki-laki.

Hal itu dipengaruhi bagaimana caramu mendidik mereka. Tidak membeda-bedakan itu laki-laki atau perempuan.

Anak-anak itu lebih baik diberi stimulasi untuk memiliki beberapa kemampuan yang dapat berguna di kehidupannya kelak, karena bukan hanya pendidikan dan fasilitas yang akan menjamin masa depan anakmu, terutama anak laki-laki.

Bagaimana caramu mengasuh dan mendidik juga berperan penting. Jadi, berilah anakmu kebebasan yang terawasi, agar mereka memiliki kemampuan yang mungkin anak laki-laki lain tak punya.

Pastikan bahwa kamu tidak melakukan hal-hal berikut ini kepada anak laki-lakimu, mungkin saja ini yang akan membantu kehidupan mereka kelak.

1Melakukan Kekerasan Fisik

followthatkinder.com

Mencubit atau memukul termasuk kekerasan yang dilakukan kepada anak, jika kamu tau, hal tersebut dapat menghancurkan masa depan anak lelakimu. Kenapa demikian?

Karena, kodrat anak adalah meniru apa yang telah dilakukan orang tuanya. Kekerasan yang telah kamu lakukan kepada anakmu adalah sebuah kesalahan. Jangan sampai mereka menganggap bahwa melakukan kekerasan itu diperbolehkan.

Sehingga, kamu menjadikannya lelaki yang kasar dan keras. Mungkin kamu akan sering menerima panggilan dari guru BK karena anakmu gemar berkelahi dengan temannya. Tapi jangan salahkan mereka, karena anakmu hanya meniru apa yang kamu perbuat.

Bahkan bisa saja anakmu akan menjadi seorang yang tidak lagi mengerti sopan santun dan tak berperasaan di masa yang akan datang.

2Melarangnya Bermain dan Hanya Belajar

www.jazzplugins.com

Sekolah memang perlu, karena dari sana kita akan memperoleh ilmu dan memiliki wawasan yang tinggi, sehingga kita akan menjadi orang yang cerdas dan pandai.

Tapi, jangan hanya menyuruh anakmu untuk terus belajar tanpa memberinya waktu untuk melakukan kegiatan yang lain, misalkan mengikuti ekstrakurikuler di bidang olah raga atau seni.

Bisa juga masuk organisasi yang ada di sekolah, di rumah atau kegiatan di luar, seperti OSIS, Karang Taruna, Organisasi pecinta hewan, dan sebagainya. Karena anakmu membutuhkan skill yang lebih untuk masa depannya.

Apalagi anak laki-laki, mereka pasti ingin terlihat lebih baik di depan teman-temannya, jika mereka memiliki keahlian pasti lebih membanggakan dirinya.

Buatlah mereka berkembang dengan kegiatan lain, jangan hanya menekan dan menyuruh anakmu untuk menjadi sempurna di sekolah. Nilai bukalah satu-satunya indikator keberhasilan saat ini, namun kemampuanlah yang lebih diperhitungkan.

3Tidak Menanamkan Tata Krama Pada Anak

www.huffingtonpost.com

Bagaimana jika anakmu tidak memiliki sopan santun? Semestinya orang tua menanamkan sopan santun sejak kecil. Apabila kamu tidak mengajarkan bagaimana tata krama yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, hancurlah masa depan mereka.

Jika anak lelakimu tidak lagi berbicara dengan sopan kepada orang yang lebih tua, tidak mungkin dia akan dielu-elukan, mungkin saja dia akan dibenci dan dihindari dari lingkungan sekitar.

Bisa saja dia akan mendapat kesulitan di kemudian hari karena sikapnya yang sudah tidak sesuai dengan norma-norma dalam masyarakat.

4Melarang Anak Laki-lakimu Menangis

www.betterparentinginstitute.com

Apa salahnya dengan menangis? Jika dengan menangis dapat membuat dirimu merasa lebih baik, lakukanlah. Bukan berarti lelaki yang menangis adalah seorang yang lemah. Jangan larang anak laki-laki untuk menangis.

Jika mereka menahan apa yang mereka rasakan, itu akan berdampak lebih buruk, karena kita tidak tau kemana mereka akan melampiaskannya. Jadi, kamu sebagai orang tua jangan melarangnya.

Seharusnya kamu harus menenangkan mereka, mendekati dan menanyakan apa yang terjadi pada mereka. Biasanya anak laki-laki yang mudah menangis itu memiliki perasaan yang lebih peka.

5Mengajarkan Anak untuk Bohong

www.huffingtonpost.com

Bukan dengan sengaja juga kita ingin berbohong kepada anak, terkadang dalam keadaan terdesak kita terpaksa untuk berbohong demi kebaikan. Tetapi, tidak boleh dilakukan untuk seterusnya.

Anak pasti lama-kelamaan juga akan tahu jika ternyata kamu membohongi mereka, maka katakanlah saja dengan jujur ketika mereka sudah siap untuk mendengarnya. Jika kamu berbohong, maka jangan kaget jika anakmu juga pandai untuk melakukannya kelak.

Laki-laki yang baik adalah laki-laki yang jujur dan dapat dipegang semua omongannya.

6Tidak Diajarkan Cara Mengurus Rumah

www.parenting.com

Kita tidak lagi hidup dengan membeda-bedakan peran antara laki-laki dan perempuan di rumah. Bukan hanya anak perempuan saja yang harus pandai mengurus rumah tangga, anak laki-laki pun harus bisa melakukannya.

Ajarkan bagaimana caranya menyapu, mencuci, melipat, hingga memasak. Siapa tau mereka perlu dengan keahlian itu.

Mungkin nanti anakmu ingin pergi merantau dan harus hidup sendiri. Mereka tidak lagi khawatir untuk mengurus kegiatan rumah tangga seorang diri.

7Memberi Uang Saku yang Amat Banyak

www.ridgewoodmoms.com

Uang saku yang berlebihan itu tidak baik untuk masa depan seorang anak. Apa kamu ingin mendidik anakmu untuk hidup dengan harta berlimpah tanpa bersusah payah terlebih dahulu? Uang bisa membuat anakmu manja.

Jangan jadikan anakmu korban dalam hal ini. Jika dewasa kelak, pastinya kita tidak mau jika anak kita menjadi seorang koruptor karena mereka hanya menginginkan uang tanpa perlu bekerja keras.

Untuk melatih anakmu, berikan saja uang yang sekiranya mereka butuhkan. Sehingga, anakmu bisa belajar mengelola uang yang mereka terima.

SHARE