Uang merupakan benda yang tidak dipisahkan dari kehidupan, setiap hari dan setiap saat kita membutuhkannya. Uang juga merupakan bagian dari alat untuk memenuhi keinginan kita, tanpa uang maka tidak akan bisa.

Uang tidak hanya menjadi solusi bagi kehidupan manusia, tapi bisa juga menjadi masalah serius yang tidak bisa di sepelekan. Ketika kita menaruh uang sembarangan atau uang itu di bawa oleh anak-anak kita yang belum tahu cara mengaturnya.

Akan menjadi masalah yang perlu perhatian khusus ketika anak kita sudah mulai tahu tentang bagaimana enaknya memegang uang.

Secara sifat dasar anak adalah jajan, ketika dia tahu bahwa jajan butuh uang secara otomatis dia akan merengek minta uang.

Ketika anak kita mulai tahu tentang pentingnya uang, maka kita sebagai orang tua, harus benar-benar selektif dan memperhatikan betul apa yang di beli anak kita.

Berikut beberapa tips bagi orang tua untuk di ajarkan kepada anaknya yang sudah mengenal uang, yuuk disimak ya.

1Uang Bukan Hanya Untuk Jajan

psikologan.blogspot.com

Katakan kepada anak kita, bahwa uang bukan untuk jajan saja, uang berguna untuk kebutuhan hidup. Untuk sekolah, untuk beli ini dan itu, katakan secara halus.

Ketika anak merengek minta uang untuk jajan, maka batasi lah, beri sesuai jumlah minimal. Jangan di beri dengan jumlah yang banyak.

Ketika dia diberi dengan jumlah yang banyak, maka anak akan berfikir, dia bisa membeli lebih dari yang di inginkan. Misal seperti membeli roti dengan harga 5 rb, maka berikan uang yang pas, jangan sampai lebih atau malah 2 kali lipatnya.

Hal ini membuat anak akan disiplin, lama-lama anak akan mengerti dan terbiasa dengan hal seperti ini.

2Batasi Uang Jajan

republika.co.id

Jika anak sudah mengenal jajan, maka berilah batasan tiap minggu atau bulannya. Katakan jujur pada anak kita, bahwa uang jajan seminggu adalah segini, tidak lebih. Maka si anak akan terus berpikir, bahwa ia harus mengatur uang jajannya.

Memang tidak semua anak bisa berpikir positif, ada juga yang berontak, ngamuk atau ngambek. Butuh waktu dan proses yang tidak sedikit, tapi pasti lama-lama si anak pasti akan menjadi berpikir baik.

Hal ini ber efek positif pada manajemen keuangan keluarga dan perkembangan pola pikir anak, membuat anak menjadi cepat berpikir lebih bijak.

3Jelaskan Pentingnya Menabung

bekasiurbancity.com

Jelaskan pentingnya menabung pada anak kita. Jelaskan enaknya menabung dan hal positif yang di dapat. Atau usahakan hal ini sejak ia kecil, sejak ia belum mengenal uang.

Sediakan di rumah tabungan yang berbetuk lucu, yang unik atau yang sesuai dengan kesenangan anak kita. Misal anak kita suka robot, maka belilah tabungan yang berbentuk robot.

Kebiasaan ini memang seharusnya di latih sejak anak kita kecil, para orang tua harus memberi contoh yang baik tentang hal ini. Kuncinya memang orang tua, anak itu mencotoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

4Jelaskan Pentingnya Uang dalam Keluarga

female.kompas.com

Ketika pikiran anak terus berkembang, jelaskan juga tentang pentingnya uang dalam keluarga. Bagaimana peran uang dalam pemenuhan kebutuhan, bagaimana tiap orang membutuhkan kebutuhan masing-masing.

Jelaskan secara baik-baik, ketika anak sedang enak diajak ngomong atau saat sedang berkumpul bareng. Anak akan merasa senang diajak berbagi atau diajak ngomong, dan secara perlahan-lahan dia akan mengerti dan semakin dewasa dalam berpikir.

5Ajarkan Cara Mandiri

psikologan.blogspot.com

Ini merupakan hal penting dalam pertumbuhan pola pikir anak, ketika kita bisa mengajak anak kita berpikir untuk mandiri atau belajar mencari uang sendiri, akan membuat anak semakin matang pikiran.

Hal ini juga menumbuhkan sifat wirausaha kepada anak, anak akan termotivasi dan tentunya kemungkinan untuk sukses bagi anak saat dewasanya nanti peluangnya besar.

 

SHARE