boredpanda.com

Anak Kecil Merokok? Lihatlah Foto Karya Frieke Janssens Ini, Kemudian Merenunglah Kalian Para Perokok

Posted on

Bahaya merokok sudah banyak sekali  disuarakan oleh banyak pihak. Kebiasan orang dewasa dalam merokok pun tidak baik untuk menjadi contoh para generasi muda. Karena anak-anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang di sekitarnya.

Apalagi jika yang melakukan hal itu adalah orang tuanya sendiri. Mereka bisa terpengaruh untuk merokok ketika melihat ayah atau ibunya sendiri merokok dengan bebas setiap harinya. Seperti yang diungkapkan dalam American Journal of Public Health.

Anak-anak yang orang tuanya merokok, maka mereka akan tiga kali lebih mungkin untuk mencoba melakukan hal yang sama diusia remaja. Mereka pun dua kali berisiko menjadi seorang pecandu rokok dibanding dengan yang orang tuanya tidak merokok.

Beberapa waktu yang lalu sempat heboh mengenai berita seorang anak kecil yang berusia dua tahun mampu membakar hingga 40 batang rokok dalam sehari. Hal ini bahkan menjadi perbincangan internasional.

Kejadian itulah yang menjadikan seorang fotografer wanita bernama Frieke Janssens memiliki ide untuk membuat suatu karya mengenai anak kecil yang merokok. Ia melakukan pemotretan dengan anak-anak berusia empat hingga sembilan tahun.

Awalnya ia terkejut dengan berita itu. Sehingga karya ini dibuatnya untuk menjadi pertimbangan dari signifikansi budaya merokok dan dampaknya bagi anak-anak.

Janssen mengatakan, “Saya rasa anak kecil yang merokok akan mempengaruhi siapa saja yang melihat dan memaksa mereka untuk melihat aksi atau cara anak kecil itu merokok daripada membuat asumsi tentang kelakuannya.”

Berikut ini beberapa karya dari Frieke Janssens yang seharusnya bisa membuat kamu para perokok mulai merenungkan dampak dari merokok.

Foto 1

boredpanda.com
boredpanda.com

Lihatlah, betapa “canggih”-nya anak ini menirukan gaya seseorang yang akan merokok. Mirip sekali seperti saat ayahnya hendak menyalakan api untuk membakar rokok yang akan dihisapnya hingga habis.

Foto 2

boredpanda.com
boredpanda.com

Ohh, kira-kira berapa usia anak ini? Dia seakan-akan merokok dengan baik. Lihat baju yang dikenakannya. Memang Frieke Janssens sengaja mengambil foto dari anak-anak ini menggunakan pakaian dari beberapa profesi yang ada.

Seperti artis, seorang bos, ibu rumah tangga, dan masih banyak profesi lain.

Foto 3

boredpanda.com
boredpanda.com

Mereka benar-benar diarahkan untuk merokok seperti seorang profesional. Frieke Janssens melakukan hal ini karena keprihatinan yang sangat mendalam mengenai kejadian yang terjadi di Indonesia.

Foto 4

boredpanda.com
boredpanda.com

Selain arahan yang baik dari Frieke Janssens, model ini pun melakukannya dengan begitu sempurna. Semoga pesan yang ingin disampaikan oleh sang fotografer pun dapat mengena kepada masyarakat.

Foto 5

boredpanda.com
boredpanda.com

Begitu juga dengan anak ini, kalian yang melihatnya jangan khawatir dengan rokok yang mereka gunakan. Karena Frieke Janssens sudah menggantinya dengan keju ataupun kapur. Sehingga bahan tersebut tidak berbahaya.

Foto 6

boredpanda.com
boredpanda.com

Asap yang seolah dikeluarkan oleh gadis kecil ini pun bukan asap rokok, melainkan dupa Cina yang dibakar. Baunya pun lebih baik daripada asap rokok yang mampu merusak fungsi paru-parumu.

Foto 7

boredpanda.com
boredpanda.com

Gaya yang nampak natural ini memperlihatkan keseriusan dari pengerjaan foto yang dibuat untuk iklan dan disimpan secara pribadi oleh Frieke Janssens.

Foto  8

boredpanda.com
boredpanda.com

Seperti tingkah seorang wanita dewasa yang sedang merokok, model cilik ini mendapatkan pose dan ekspresi yang sangat mirip.

Foto 9

boredpanda.com
boredpanda.com

Anak kecil pastinya tidak akan merokok jika tidak meniru orang dewasa di sekitarnya yang merokok. Anak-anak yang merokok adalah korban yang harus segera dipulihkan dari kebiasaan buruk ini.

Foto 10

boredpanda.com
boredpanda.com

Foto ini pun menunjukkan bagaimana seorang anak bisa meniru cara orang dewasa untuk mengeluarkan asap dari hidung. Mereka pun bisa membakar beberapa batang rokok dalam satu hari.

Foto 11

boredpanda.com
boredpanda.com

Seperti seorang bos yang menggunakan cerutu untuk merokok. Gadis kecil ini mampu bergaya secara maksimal dan sempurna.

Foto 12

boredpanda.com
boredpanda.com

Anak lelaki ini pun demikian, ia mengeluarkan asap rokok dari mulutnya dan memegang cerutu rokok di tangannya. Dengan mengenakan jas yang rapi, anak ini seperti seorang eksekutif yang memberi pengaruh buruk bagi kesehatan dirinya sendiri.

Foto 13

boredpanda.com
boredpanda.com

Cara orang dewawa mengambil rokok dari bungkusnya pun dibuatkan karya tersendiri oleh Frieke Janssens. Ini menandakan bahwa anak-anak itu akan mengamati secara detail dan seksama apa yang mereka lihat di depan matanya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *