cinemapoetica.com

Begini Keseruan Suasana Ramadhan yang Hanya Bisa Dinikmati Oleh Anak Pondok

Posted on

Sebelum membaca artikel ini, coba angkat jari dulu siapa di antara pembaca yang adalah mantan atau seorang anak pondok? Hehehe.

Dan walaupun bukan anak pondok, tidak ada salahnya kok kamu tahu kehidupan anak pondok yang luar biasa dan tak terlupakan ini. Siapa tahu ada di antara kamu yang ingin merasakan mondok atau memondokkan anaknnya.

Salah satu yang menjadi kenangan tak terlupakan bagi anak pondok adalah ketika bulan Ramadhan tiba. Lalu sebenarnya keseruan apa yang dialami anak-anak pondok sampai kenangan tersebut tak terlupakan?

Antri Makan Sahur Sambil Masih Ngantuk-ngantuk

www.insancendekiategal.com

Anak pondok mendapat jatah makan yang sudah ditentukan. Ada beberapa pondok modern yang sudah menerapkan sistem seperti catering, setiap anak mendapat satu rantang atau kotak nasi beserta lauknya di setiap waktu makan tiba.

Namun kebanyakan, pondok-pondok masih menerapkan makan secara prasmanan, yang mengajarkan santrinya untuk tertib antri dan sabar serta toleran kepada sesame saudara, tidak mengambil banyak karena ingat banyak saudara lainnya yang belum ambil.

Nah, di waktu sahur tiba, setelah melakukan sholat tahajud, santri akan berduyun-duyun menuju ruang makan dan mengantri sambil masih terkantuk-kantuk untuk mendapatkan jatah makan sahur.

Berbekal piring, sendok, dan gelas yang siap diisi serta menanti giliran tiba. Kenangan semacam ini memang tak layak untuk dilupakan ya? Hehehe.

Antri Kamar Mandi dan Giliran Wudhu Saat Waktu Sholat Tiba

pardisetiawan.wordpress.com

Di pondok, semua santri baik putra maupun putrid wajib sholat di masjid kecuali yang sakit atau tidak enak badan. Maka dengan waktu sholat yang bersamaan itu, membuat kamar mandi dan tempat wudhu yang terbatas akan penuh antri saat waktu tiba.

Antri mandi, antri buang air, antri mencuci, dan antri yang berhubungan dengan kamar mandi maupun tempat wudhu sudah tidak asing di lokasi pondok.

Berusaha Mengejar Hafalan dan Khatam

syafiiakromjenggot.wordpress.com

Di bulan Ramadhan, para ustadz dan ustadzah pondok akan memberikan arahan yang wajib dilaksanakan para santri, yaitu menambah banyak hafalan Qur’an dan berapa kali khatam Qur’an dalam sebulan Ramadhan tersebut.

Anak pondok pasti sudah tak asing dengan pemandangan di sudut-sudut pondok, para santri berusaha menyendiri untuk menambah hafalan atau mengejar target khatam Qur’an, tanpa mau diganggu.

Suasana pondok berubah menjadi sangat sibuk dnegan suara-suara ayat suci Al Qur’an yang dibaca maupun dihapalkan oleh para santri. Kenangan yang amat sangat susah untuk dilupakan.

Suasana Panas, Saatnya Tidur Sembarangan di Lantai

accountingone6.wordpress.com

Hal ini terutama bisa ditemukan di pondok putra. Tidak di emperan masjid, tidak di emperan kamar, atau bahkan di bawah pohon, dimana ada tempat sejuk, maka tempat tersbeut layak digunakan sebagai tempat tidur. Hehehe.

Apalagi dengan suasana panas, tidak makan dan minum seharian, serta aktivitas pondok yang tetap padat seperti biasanya, butuh tempat yang sejuk bukan untuk beristirahat. Maka tak usah heran dengan pemandangan ini di dalam pondok.

Itulah sedikit suasana tak terlupakan dari Ramadhan di pondok, masih banyak sebenarnya suasana khas pondok yang tak akan mungkin dilupakan oleh para santri. Karena dari pondok kita belajar banyak tentang Islam, dan tentang persaudaraan yang kuat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *