Mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang tua yang harus sabar setiap kali membujuk anakmu untuk pergi ke sekolah? Beberapa anak menilai bahwa sekolah adalah hal yang tak menyenangkan.

Karena mereka harus duduk di sebuah bangku dalam suatu ruangan untuk menerima materi pelajaran dalam waktu yang lama setiap harinya. Sehingga rasa malas pun kerap menghinggapi diri mereka.

Alhasil, sangat susah untuk membuat mereka mau berangkat sekolah dengan suka rela. Lalu, bagaimana caramu meyakinkan mereka agar mau ke sekolah selama ini sudah tepat?

Mungkin kamu memaksa mereka? Atau bahkan memberikan sebuah ancaman hingga ulitimatum? Wah, gawat tuh. Bukannya mereka ke sekolah dengan senang hati, namun dengan beban dan paksaan.

Cobalah membuat cara lain yang bisa membangkitkan semangat anakmu agar mereka mau berangkat sekolah dengan ceria. Sehingga mereka pun bisa menikmati suasana kelas dengan tenang dan menangkap materi pelajaran yang baik.

Ini nih beberapa langkah cerdas yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua untuk mendorong anakmu bersekolah tanpa adanya paksaan.

1Membangunkan Mereka dengan Penuh Kasih

moodyliciouschildrensspa.com

Membiasakan anak untuk bangun pagi bukanlah hal yang mudah. Perlu ketelatenan dan kedisiplinan tinggi agar anak-anak bisa bangun sepagi mungkin dengan sendirinya. Meski susah untuk bangun pagi, coba bangunkan mereka dengan lembut tanpa memarahi.

Jangan ucapkan kata-kata kasar dengan nada yang keras agar mereka mau bangun. Apabila kamu melakukannya seperti itu, bagaimana anakmu akan memulai harinya dengan ceria? Bangunkanlah mereka dengan lebih baik lagi.

Banyak-banyaklah memberikan kata-kata manis dan pujian ketika mereka sudah mau bangun pagi. Hal ini bisa memacu semangat mereka untuk bangun pagi di hari berikutnya.

2Mandi dan Bermain

www.bilna.com

Setelah anak berhasil untuk dibangunkan, biasanya mereka akan mengulur-ulur waktu jika disuruh untuk mandi. Banyak sekali alasan yang mereka karena malas untuk mandi pagi. Kamu pun harus memutar otak untuk membuat anakmu mau untuk mandi pagi.

Ajak saja mereka mandi sambil bermain. Kamu bisa membuat beberapa kegiatan saat anakmu sedang mandi. Mungkin meminta mereka membuat gelembung sabun yang besar dari shampoo atau main tembak-tembakan menggunakan air dan sebagainya.

Mungkin cara ini akan efektif untuk mereka mau bersekolah dengan lebih ceria lagi setelah bermain-main ketika mandi.

3Membuat Sarapan

www.huffingtonpost.com

Jangan biarkan buah hatimu melewatkan sarapan sebelum berangkat sekolah. Anak-anak membutuhkan lebih banyak energi untuk menyerap berbagai macam informasi yang diberikan oleh guru-guru mereka.

Siapkanlah paling tidak satu  potong roti maupun sereal untuk makan pagi anakmu. Jika kamu memiliki waktu yang lebih banyak di pagi hari, mungkin kamu bisa menyiapkan sarapan yang lebih spesial dari hari-hari biasanya.

Anak-anak akan senang jika sesekali mendapatkan pancake atau nasi kepal dengan berbagai macam bentuk seperti bento yang sering menjadi bekal untuk anak-anak di Jepang sana.

4Snack After School

dietexpertnj.wordpress.com

Banyaknya kegiatan di sekolah terkadang membuat buah hatimu menjadi letih dan kurang bersemangat. Agar mereka kembali ceria, kamu bisa menyiapkan makanan ringan untuk dinikmati sepulang sekolah.

Bahkan kamu bisa mengajak mereka membuat cemilan bersama saat hari libur untuk dimakan seusai melakukan kegiatan di sekolah.

Anak-anak pasti lebih senang dan bersemangat untuk membuatnya. Mereka pun bisa menciptakan sendiri cemilan sesuai dengan kreasi dan inovasi yang dimiliki.

5Mengajak Bermain

www.paternalaffairs.com

Sekolah pun bisa membuat seorang anak memiliki beban pikiran, sehingga mereka perlu menyegarkan diri sejenak. Ajaklah mereka untuk bermain seusai sekolah. Kamu bisa membawa mereka pergi ke taman untuk menghirup udara segar.

Jika tidak, ajak saja mereka bermain video game di rumah. Tetapi, kamu pun perlu memberi batas waktu untuk mereka melepaskan penat agar tidak keterusan.

6Berikan Hadiah

www.kshumane.org

Anak-anak suka sekali dengan yang namanya hadiah. Kamu bisa membuat sebuah perjanjian dengan mereka mengenai beberapa hal. Misalkan saja kamu ingin mereka lebih rajin bersekolah, mendapatkan nilai bagus di bidang tertentu dan lain-lain.

Jika mereka berhasil untuk melakukan hal-hal yang telah disepakati, berikan hadiah sesuai dengan keinginannya.

Untuk membuat mereka tetap berfikir dalam memilih hadiah, kamu dapat membuat kesepakatan tentang budget maksimal yang akan kamu gunakan untuk hadiah tersebut.