Bukan hanya orang tua saja, anak-anak juga bisa merasakan stres lho. Mungkin stres pada anak jauh lebih kompleks karena mereka bisa jadi belum bisa berkomunikasi dengan baik.

Bagi ayah bunda, tidak perlu khawatir. Dengan mengenali tanda-tanda stres pada anak, dijamin kita bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apalagi jika kita sudah tahu salah satu tanda dan bisa menghubungkan dengan tanda lain. Tanpa anak-anak memberi tahu apa yang ia rasakan kita bisa melakukan pencegahan.

Nah para ayah bunda, kenali yuk beberapa tanda jika anak-anak sudah mulai mengalami stres.

1Terlalu Aktif

www.theenquirer.co.uk

Bila amak anak ayah bunda termasuk dalam anak yang aktif, maka ayah bunda pasti akan sangat senang. tapi bagaimana bila terlalu aktif?

Anak yang terlalu aktif hingga melukai dirinya dan orang di sekitarnya juga merupakan salah satu tanda anak dalam kondisi stress. Pelajari cara menghadapi anak yang terlalu agresif seperti suka memukul dan berteriak.

2Pemalu

loveisnotareward.com

Sikap pemalu yang berlebihan pada anak menunjukan kemungkinan anak ayah bunda mengalami stres. Ayah bunda patut curiga bila anak malu saat bertemu dengan orang lain terlebih pada orang yang baru dikenal.

Rasa takut untuk berbicara dengan orang lain bahkan dengan teman seumurannya bisa bertanda telah terjadi sesuatu yang membuat anak menjadi seperti itu.Pupuk rasa percaya diri anak dengan memberinya dukungan dan menggali bakatnya.

3Mudah Menangis

www.mom365.com

Anak lebih sering menangis. Terkadang tangisannya disebabkan karena hal-hal kecil yang mereka alami. Suka mengadu dan tidak percaya diri.

Saat anak mudah menangis atau sangat sensitif karena hal-hal kecil, bisa jadi ia sebenarnya bukan hanya menangisi satu hal yang anda kira, tapi juga menangisi hal lain yang ia pendam dan terpancing karena satu hal tertentu yang merusak moodnya.

4Suka Mengamuk

www.dzikirsm.web.id

Ciri lainnya adalah dengan menunjukkan gejala-gejala tantrum atau mengamuk, apalagi jika anak mengamuk tanpa sebab atau tidak mau mengungkapkan sebabnya kepada ayah bunda.

Sikap suka menggigit, menendang, menjerit tanpa sebab menjadi salah satu ciri-ciri anak mengalami stres. Dalam hal ini, kesabaran ayah bunda sangat diperlukan karena kemarahan yang ayah bunda tunjukan justru hanya akan meningkatkan stres pada anak.

5Mengompol

blog.tokopedia.comĀ 

Anak ayah bunda sudah besar tapi masih sering mengompol ? Bisa jadi anak ayah bunda mengalami stres. Rasa gelisah yang dirasakan anak akan terbawa sampai mereka tidur.

Perasaan yang tidak tenang akan membuat anak sukar untuk mengendalikan rasa hendak buang air kecil terlebih saat sedang tidur.

Ketidaktenangan yang dirasakannya terbawa hingga tidur dan menyebabkan ia ingin kencing di malam hari dan akhinya mengompol di kasur.

6Susah Makan

www.macleans.ca

Saat mengalami stres anak cenderung tidak nafsu makan. Mereka akan memilih makanan yang akan dimakan dan hanya akan makan makanan kesukaannya.

Luangkan waktu untuk mengobrol berdua dengan anak untuk membicarakan hal yang menyebabkannya tidak mau makan ini itu.

7Susah Tidur

nisrina.co.id

Petunjuk awal pada anak-anak yang mengalami stres adalah mereka tergolong dalam anak-anak yang susah tidur.

Waktu tidur yang tidak menentu seperti sering tidur larut malam bahkan hingga menjelang pagi. Anak menjadi sangat resah dan sukar untuk memejamkan mata.

Jika tanda ini terjadi, ajak anak untuk rileks saat mendekati jam tidur dengan cara memberinya susu hangat dan membacakannya buku dongeng.

SHARE