Awalnya si kecil sangat semangat makan makanan pendamping ASI yang bunda siapkan. Namun, saat ia sudah mulai lepas dari ASI entah kenapa kemudian si buah hati menjadi anak susah makan?

Ia bahkan menutup mulutnya rapat-rapat saat bunda menyuapkan bubur tim sayuran hijau yang susah payah bunda siapkan. Namun, memaksa si kecil untuk makan sama sekali bukan keputusan yang bijak.

Meskipun masih berusia di bawah 3 tahun, si kecil justru merekam semua perkataan dan kebiasaan yang bunda ajarkan tanpa di filter sama sekali. Efek ‘pemaksaan makan’ tak hanya terlihat saat ini namun juga hingga ia dewasa.

jenahara.blogspot.com
jenahara.blogspot.com

Anak yang dipaksa makan akan meninggalkan jejak rasa tertekan. Efek jangka pendek perasaan tertekan ini adalah menghambat pertumbuhan anak menjadi anak yang bahagia. Efek yang lebih bahaya adalah anak menjadi tidak stabil secara emosi di masa depan.

Rasa tertekan juga memberikan efek domino seperti perasaan benci terhadap makanan. Anak akan menyalahkan makanan sebagai sumber perasaan tertekannya. Alhasil ia juga tidak akan menghargai makanan.

nitips.com
nitips.com

Meskipun anak tidak menyukai sayuran hijau dan hanya menyukai makanan tertentu seperti abon sapi misalnya, bunda tetap harus berusaha melengkapi kebutuhan gizi anak. Anak yang hanya monoton memakan suatu jenis makanan akan mengalami gangguan kesehatan.

Contoh gangguan kesehatan adalah sembelit karena kekurangan serat dari sayur mayur, sariawan karena kekurangan vitamin dari buah serta daya tahan tubuh yang tidak baik sehingga sakit.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapi anak yang susah makan agar kebutuhan gizinya tetap terpenuhi.

1Kenali Karakter dan Kesukaan Anak

mymedinamecca.wordpress.com

Anak kembar identik pun memiliki karakter yang berbeda. Bunda sebagai orang yang paling dekat dan paling sering berinteraksi dengan anak harus mengenali karakter masing-masing anak. Jangan samakan anak pertama dengan anak kedua dan seterusnya.

Secara umum anak akan merasa tersinggung jika dibanding-bandingkan dengan saudaranya. Bermodal pemahaman karakter anak ini bunda dapat menentukan sikap untuk ‘mengakali’ anak agar mau makan.

zwitsal.co.id
zwitsal.co.id

Sebagai contoh ada anak yang lengah saat bermain, sehingga mau membuka mulut dengan sendirinya tanpa mau dipaksa. Gunakan insting bunda untuk menghadapi si kecil.

Mungkin si kecil memiliki kapasitas lambung yang kecil sehingga tidak nyaman bila makan banyak dalam satu waktu.

Hal terpenting perut anak harus tetap terisi meskipun hanya dua atau tiga sendok. Bunda dapat menyuapi si kecil lebih sering meskipun sekali makan hanya sedikit.

2Variasikan Rasa dan Tekstur Makanan

dapuresep.com

Salah satu kemungkinan penyebab anak susah makan adalah ia bosan dengan menu makanan yang sama setiap hari. Bunda harus kreatif dalam memvariasikan rasa dan tekstur makanan agar si kecil tidak bosan makan satu jenis makanan.

Selain itu anak yang terbiasa dengan berbagai rasa dan tekstur makanan akan tumbuh menjadi anak yang tidak pilih-pilih makanan. Sebagai contoh memvariasikan makanan adalah mangga.

Bunda dapat menyuapi si kecil dengan potongan kecil buah mangga, diblender menjadi jus mangga atau mencampurnya dengan susu UHT sehingga menjadi milkshake buah mangga. Begitu juga dengan bayam yang bisa dimasak menjadi sayur atau keripik.

3Sabar dan Telaten

webmuslimah.com

Modal yang paling penting dalam menghadapi anak yang susah makan adalah sabar. Bunda tentu ingin yang terbaik untuk si kecil. Bentakan dan apalagi pukulan akan terekam di memori si anak hingga ia dewasa.

Tentu saja tidak mudah menghadapi anak yang susah makan, namun bunda tidak boleh mudah marah dan menyerah. Jadi tetap tersenyum dan cerdas ya Bunda.

SHARE