permiekids.com

Anak Banyak Pertanyaan Filosofis? Jangan Sepelekan, Jawab dengan Tepat Hingga Dia Paham

Posted on

Kamu dan pasangan kamu sebagai ibu muda dan ayah muda mungkin bingung untuk pertama kalinya menyikapi berbagai tingkah rewel anak. Tidak hanya antusiasme anak terhadap berbagai benda di sekelilingnya.

Namun, juga antusiasme anak terhadap berbagai hal filosofis, terutama tentang kehidupan dan asal muasal manusia. Ini adalah titik penting dalam perkembangan karakter dan pemahaman anak tentang dunia.

Jadi, jangan sekali-kali menyepelekan pertanyaan anak tentang kehidupan. Kamu harus menjawabnya dengan tepat dan sempurna. Paling tidak, sempurna untuk ia mengerti dan ia pahami.

Pertanyaan Tentang Tuhan

islamicdesktop.net
islamicdesktop.net

Anak bisa saja menanyakan berbagai hal tentang Tuhan. Anak kamu mungkin menanyakan tentang bentuk Tuhan, siapa itu Tuhan, seperti apa Tuhan, dan banyak hal lain yang berhubungan tentang Tuhan.

Nah, kamu bisa jelaskan seperti ini misalnya. Pertama, kamu jelaskan tentang berbagai bentuk alam. Binatang, tumbuhan, air, udara, buah, sayur, dan berbagai hal tampak yang menarik bagi anak-anak.

Kamu juga bisa jelaskan tentang gunung, sungai, hujan, pelangi, malam, matahari, bulan, dan segalanya yang membuat anak kamu semakin kagum tentang berbagai ciptaan di dunia ini.

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Kemudian, masuklah ke penjelasan tentang Tuhan. Kamu bisa jelaskan pelan-pelan bagaimana Tuhan adalah pencipta segala hal yang sangat menarik tersebut. Jangan lupa tekankan bahwa Tuhan itu berbeda.

Berbeda dari segala bentuk dan sifat makhluk dan benda ciptaan Tuhan. Tuhan itu satu dan berbeda dari semua hal yang pernah kamu ceritakan pada anakmu. Tuhan adalah Tuhan yang mampu menciptakan segalanya.

Pertanyaan Tentang Manusia

abiummi.com
abiummi.com

Anak kamu mungkin bingung dengan banyaknya orang baru di kerabat kamu yang datang berkunjung. Juga tentang tetangga, tentang banyak orang saat liburan keluarga. Bagaimana manusia bisa banyak sekali?

Jelaskan dengan sederhana tentang berkembang biak. Pastikan penekanan bahwa manusia berkembang biak dengan cara menikah, tujuan menikah adalah melanjutkan keturunan. Seperti kamu dan pasangan kamu, jelaskan tentang pernikahan kamu pada anakmu.

solomoli.com
solomoli.com

Kemudian kamu bisa menjelaskan tentang bagaimana tumbuhan berkembang biak, bagaimana hewan berkembang biak. Jelaskan bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu yang berbeda, maka cara berkembang biak pun berbeda.

Tentu saja lebih baik jika kamu jelaskan dengan gambar-gambar lucu berbagai anak binatang dan tunas tumbuhan kecil yang cantik. Jangan lewatkan penjelasan tentang bunga yang indah.

Pertanyaan Tentang Moral

bucketcity.ning.com
bucketcity.ning.com

Pada waktunya, anakmu akan sampai pada berbagai pertanyaan non-materil yang berkaitan dengan moral dan karakter. Kamu mungkin sering kesulitan melerai dua anak kamu yang masih dalam masa pertumbuhan dan sedang bertengkar.

Ajarkan mereka tentang karakter, ajarkan mereka tentang baik dan buruk, ajarkan mereka tentang moral. Ajarkan bahwa mengalah itu baik, memaksa itu buruk. Ajarkan bahwa bangun pagi itu baik dan banyak tidur itu buruk.

Kamu mesti memahamkan berbagai hal baik dan hal buruk dengan penekanan. Bagaimana kalau anakmu bertanya apa itu baik dan apa itu buruk?

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Ceritakan, pahamkan, bahwa hal baik adalah hal yang membuat Tuhan, orang tua, dan orang lain senang. Tekankan bahwa yang terpenting adalah membuat Tuhan senang. Lalu jelaskan tentang ridho Tuhan, tentang nabi, dan rasul utusan Tuhan.

Jangan lupa menjelaskan bahwa hal buruk adalah tentu saja sebaliknya. Jika anakmu sulit memahami berbagai penjelasan tersebut, kamu cukup tersenyum. Berikan contoh dengan berbagai perilaku baik kamu dan pasangan kamu.

Ingat, moral dan karakter anak adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugasmu, bukan juga hanya kewajiban pasangan kamu. Anak adalah titipan, jadi didik dan jaga dengan seluruh jiwa, raga, harta, dan upaya terbaik kamu dan pasangan kamu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *