www.solopos.com

Aneka Buah-buahan Berwarna Kuning Beserta Kandungan dan Manfaat Ajaibnya

Posted on

Buah merupakan hasil pangan dari tanaman yang terbentuk dari bakal buah.

Di Indonesia terdapat berbagai macam buah yang dapat kamu jumpai setiap harinya. Bukan hanya jenisnya saja yang bermacam-macam, buah-buahan pun memiliki warna yang berbeda-beda.

Warna yang berbeda itu mengindikasikan kandungan dan manfaat yang berbeda antara buah yang satu dan yang lain.

Jika kamu diminta untuk menyebutkan buah berwarna kuning maka ada berapa buah yang bisa kamu sebutkan? Buah yang paling banyak diketahui masyarakat adalah jeruk maupun lemon, pisang, nanas, nangka, belimbing dan pepaya kuning.

Berikut kandungan dan manfaat yang terdapat dalam buah yang berwarna kuning yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Flavonoid

muh-rafa-azka-putra.blogspot.com
muh-rafa-azka-putra.blogspot.com

Flavonoid ialah senyawa kimia yang ampuh sebagai agen anti inflamasi. Apabila kamu mengalami alergi, kamu bisa untuk mencoba mengonsumsi buh berwarna kuning. Buah-buahan yang berwarna kuning biasanya tinggi akan kandungan flavonoid.

Likopen

www.naturalhealth365.com
www.naturalhealth365.com

Likopen merupakan antioksidan yang terdapat dalam buah berwarna kuning. Manfaat likopen dalam kandungan buah berwarna kuning untuk menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Zeaxanthin

www.google.com
www.google.com

Zeaxanthin merupakan kandungan dalam buah berwarna kuning yang belum tentu terdapat pada buah-buahan lain.

Betakaroten

petrusadisusilo.wordpress.com
petrusadisusilo.wordpress.com

Betakaroten banyak sekali terdapat dalam buah-buahan berwarna kuning. Manfaat betakaroten untuk menjaga kesehatan mata, jaringan otot dan paru-paru.

Jika aktivitasmu banyak dihabiskan di depan komputer, kamu dapat mengonsumsi buah berwarna kuning. Olahan dari jeruk maupun lemon dapat kamu gunakan untuk menjaga mata agar tetap sehat.

Kalium dan Vitamin C

www.tribratanewspolresbanyumas.com
www.tribratanewspolresbanyumas.com

Buah nanas dan belimbing yang berwarna kuning juga terbukti kaya akan kandungan kalium dan vitamin C. Kombinasi kedua zat ini akan bekerja untuk melindungi sel-sel tubuh dan meningkatkan antibodi.

Stamina tubuh juga dapat terjaga ketika kamu mengonsumsi buah-buahan berwarna kuning. Agar kamu dapat tampil secara prima dan mengatasi rasa lelah.

Vitamin C sendiri memiliki manfaat untuk mengurangi 40% resiko hipertensi dan stroke apabila penderita rajin mengonsumsi si kuning.

Magnesium

herbaneka.com
herbaneka.com

kandungan kalsium tidak banyak ditemukan dalam buah berwarna kuning. Meskipun begitu, buah seperti pisang mengandung magnesium yang baik dalam menjaga kesehatan tulang. Magnesium juga memfasilitasi pembentukan kolagen yang baik untuk sendi.

Vitamin A

www.artikeldokter.com
www.artikeldokter.com

Kandungan vitamin A yang terkenal terdapat dalam buah berwarna jingga seperti wortel. Buah-buahan dengan warna kuning pun selain mengandung vitamin C juga dapat menjaga kesehatan mata dengan adanya vitamin A.

Khasiat lain yang diberikan buah-buahan berwarna kuning ini bagi pria dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Sedangkan untuk wanita, dapat memperlambat degenerasi otot yang disebabkan pertambahan usia.

Kombinasi dari kandungan nutrisi, vitamin dan mineral akan membuat kamu akan terlihat lebih awet muda.

Jika kamu hendak mengonsumsi buah yang kamu beli dari pasar tradisional maupun swalayan, pastikan kebersihannya. Kamu dapat memilih buah yang masih segar. Jangan terkecoh dengan kemasan yang kamu lihat.

Buah yang dari luar terlihat bagus belum tentu baik di dalamnya. Bisa jadi buah yang cantik itu sudah busuk dan tak layak konsumsi.

Jika kamu membeli buah di pasar, mintalah tukang buah untuk memberikan sample yang sama dengan buah yang akan kamu beli. kamu dapat mencicipi apakah buah itu manis atau masam. Maupun masih baik atau sudah tak layak makan.

Pilihlah buah yang matang pohon untuk kamu konsumsi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *