Es buah enak dinikmati untuk menghilangkan dahaga diterik siang. Selain itu, es buah juga bisa jadi pilihan diet bagi kamu yang berniat menurunkan berat badan. Tentu dengan mengurangi gula.

Ada beragam es buah yang segar dan enak serta mudah dibuat sendiri. Dari bahan-bahan yang mudah didapat dan juga sederhana.

Berikut ini 5 aneka es buah segar yang mudah dibuat sendiri di rumah.

1Es Campur Alpukat Cendol

www.pegipegi.com

Untuk membuat es ini kamu membutuhkan bahan-bahan 1 buah alpukat matang, susu kental manis, sirup coco pandan, cincau hitam yang dipotong dadu, cendol dan tapai secukupnya.

Untuk pelengkap lainnya kamu juga bisa menambahkan daging kelapa muda, nata de coco, dan selasih secukupnya. Tidak ketinggalan es serut atau es batu dan air matang secukupnya.

Untuk mengolahnya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu mempersiapkan mangkuk lalu memasukkan daging buah alpukat, cincau, selasih, nata de coco, cendol, kelapa muda dan tapai.

Agar warnya merah segar, kamu bisa menambahkan sirup coco pandan dan susu kental manis secukupnya. Aduk perlahan saja.

Sebagai sentuhan akhir, beri es serut di atasnya. Jika perlu juga tambahkan air agar bisa langsung dinikmati kesegarannya.

2Es Buah Nanas Kelapa Muda

hesti-myworkofart.blogspot.com

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es ini tidak sulit. Kamu butuh 1 buah kelapa muda yang diambil dagingnya, nanas yang dipotong dadu, 1 sendok makan gula pasir dan 75 gram sagu mutiara.

Sebagai pelengkapnya, kamu bisa menambahkan 150 gram nata de coco, air bersih secukupnya, sirup coco pandan secukupnya dan tidak lupa es serut.

Sebelumnya, kamu perlu merebus sagu mutiara terlebih dahulu dengan 500 ml air hingga mutiara matang. Kemudian baru dimasukkan gula pasir. Setelah air meresap benar, baru diangkat.

Sekarang tinggal menatanya di mangkuk saji. Ambil beberapa sendok makan sagu mutiara, kelapa muda, potongan nanas dan nata de coco.

Terakhir tambahkan juga es serut di atasnya. Lalu beri air dingin secukupnya dan lengkapi dengan sirup coco pandan.

3Es Jus Buah Jeruk Campur Pisang

pondokibu.com

Es satu ini dibuat dari kombinasi jeruk dan pisang. Karenanya kamu membutuhkan tiga buah jeruk manis, 2 buah pisang yang cukup matang, 1 ½ cangkir susu cair rasa vanilla, 1 sendok teh madu. Tidak lupa beri es batu.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan blender. Setelah pisang dan jeruk dikupas, lalu dimasukkan ke dalam blender. Jangan lupa tambahkan susu cair, madu dan es batu. Blender hingga halus.

Setelah jus cukup rata tercampur, matikan blender. Jus bisa disajikan dalam 2 hingga 3 gelas saji.

4Es Buah Campur Spesial

caramembuat123.blogspot.com

Ciri utama es campur ini adalah isinya yang terdiri dari beragam buah. Kamu membutuhkan 5 buah jeruk manis, ½ buah pepaya matang, ½ buah nanas matang dan 3 buah pisang.

Lalu ditambahkan juga gula pasir secukupnya. Tidak lupa potongan es batu agar lebih dingin.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengekstrak jeruk. Kamu bisa menggunakan juicer atau pemeras jeruk manual. Setelahnya sisihkan sari jeruk tadi.

Kemudian potong dadu buah-buahan yang lain, seperti nanas, pepaya dan pisang. Buah yang telah dipotong ini lalu dimasukkan dalam mangkok ukuran besar.

Setelahnya kamu bisa menambahkan sari jeruk tadi dan gula pasir di atas buah yang telah ditata. Terakhir jangan lupa berikan juga es batu atau es seru di atasnya. Es buah campur siap disajikan.

5Es Buah Apel Segar

hausemich.blogspot.com

Untuk membuat es buah ini kamu hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit saja. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 buah apel merah, 1 buah apel hijau, 1 buah jeruk lemon yang diperas airnya.

Kemudian 350 gram semangka merah, 350 gram melon hijau, 200 gram jeruk mandarin, 1 liter sari buah jeruk manis dan 500 ml soda manis. Tidak boleh ketinggalan adalah es batu secukupnya.

Cara membuatnya pun sederhana. Pertama cuci bersih apel lalu dipotong ukuran dadu. Apel tidak perlu dikupas. Setelah dipotong, campur apel dengan air perasan lemon lalu dibiarkan sebentar.

Langkah selanjutnya adalah memotong semangka dan melon ukuran dadu. Kemudian kupas juga buah jeruk mandarin dan campurkan dengan bahan lainnya.

Soda dan air jeruk yang sudah disiapkan kemudian dicampur. Lalu masukkan aneka buah yang telah dipersiapkan tadi ke dalam campuran soda dan sari jeruk dan didiamkan selama 1 jam.

Setelahnya, kamu bisa menyajikan es buah ini dengan mangkuk es. Jangan lupa berikan juga es batu di bagian atasnya.

pasitoapasitoblog.blogspot.com
pasitoapasitoblog.blogspot.com

Demikian tadi beberapa resep aneka es buah yang enak, segar dan mudah dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba.