en.wikipedia.org

Kamu Bisa Membuat Aneka Kue Kering Hanya dengan 3 Bahan

Posted on

Kue kering memiliki tekstur yang keras tetapi renyah ketika dimakan. Kadar air yang terkandung dalam kue kering pun rendah karena cara memasaknya menggunakan oven.

Makanan ini dihidangkan bukan untuk menjadi makanan utama, kue kering tergolong sebagai makanan ringan yang biasa disebut orang Indonesia sebagai cemilan

Jika kamu ingin membuat kue kering akan tetapi tidak ingin ribet dengan bahan-bahan yang terlalu banyak, resep kue kering berikut ini wajib kamu coba.

Kue Kering Oatmeal Coklat

cookdiary.net
cookdiary.net

Kamu menyukai coklat sebagai cemilan? Buatlah kue kering berbahan coklat yang satu ini untuk variasi makanan ringanmu.

Bahannya pun mudah, kamu hanya perlu 2 buah pisang yang telah dihaluskan, 1 cangkir oatmeal dan ¼ cangkir chocochips.

Cara membuatnya tidak serumit kue kering yang lain. Panaskan oven terlebih dahulu. Kemudian siapkan Loyang telah diolesi mentega atau minyak supaya tidak lengket.

Lalu ambil wadah dengan ukuran sedang guna mencampur pisang yang telah dihaluskan dan oatmeal. Jika sudah tercampur rata, bentuklah adonan tersebut bulat-bulat.

Kemudian taburi adonan kue kering bulat tadi dengan chocochips. Panggang di oven hingga matang kurang lebih 15 menit. Angkat dan sajikan kue kering hasil tanganmu sendiri.

Kue Kering Kacang

chellascommoncents.com
chellascommoncents.com

Jika selai kacang di rumahmu masih banyak dan kamu bingung untuk memanfaatkannya selain sebagai olesan roti, kamu bisa menjadikannya sebagai kue kering.

Kamu hanya membutuhkan 235 gram selai kacang, 200 gram gula dan 1 butir telur.

Sebelum kamu membuat adonan kue kering ini, yang perlu kamu lakukan adalah memanaskan oven mencapai 350 derajat celsius.

Kemudian campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk merata. Bentuklah adonan tersebut lalu bulatkan dan pipihkan dengan menggunakan punggung garpu.

Buatlah motif menyilang pada adonan kue keringmu agar terlihat cantik. Setelah itu letakkan adonan pada Loyang dan panggang dalam oven kurang lebih 12 menit.

Kue Kering Hazelnut

acalculatedwhisk.com
acalculatedwhisk.com

Hazelnut merupakan jenis kacang berbentuk bulat yang banyak tumbuh di Turki, Italia, Yunani, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat.

Hazelnut mengandung banyak protein dan asam lemak tak jenuh yang baik jika dikonsumsi. Biasanya hazelnut ini digunakan sebagai campuran dalam membuat coklat praline atau sirup.

bestherbalhealth.com
bestherbalhealth.com

Namun, kali ini kamu bisa menggunakan hazelnut sebagai bahan campuran kue kering yang lezat. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 butir telur diambil putihnya saja, 80 gram gula pasir dan 100 gram hazenult.

Panggang terlebih dahulu hazenult di dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius kurang lebih 15 menit hingga kulitnya terlihat berubah warna menjadi coklat keemasan.

Lalu pisahkan hazenult dari kulitnya, biarkan dingin dan cincang kasar. Kemudian panaskan oven dengan suhu 150 derajat celsius.

Ambil wadah dan masukkan putih telur ditambah sedikit garam, lalu kocok hingga mengembang dan kaku. Masukkan gula dan hazenult ke dalam wadah aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu bentuk adonan dan letakkan di atas loyang, kemudian panggang hingga berwarna coklat keemasan kurang lebih 30 menit.

Kue Kering Shortbread

thecomfortofcooking.com
thecomfortofcooking.com

Shortbread, dari namanya beberapa orang mengira bahwa shortbread merupakan roti, akan tetapi shortbread  termasuk jenis kue kering  khas Skotlandia.

Pada zamannya kue ini termasuk mewah dan istimewa. Namun, sekarang kamu dapat membuatnya dengan mudah di dapurmu.

Kamu perlu menyiapkan ½ cangkir gula halus, 2 potong margarin, 2 cangkir tepung terigu. Cara membuatnya pun mudah. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 350 derajat celsius.

Campur secara bersamaan margarin dan gula, jika sudah tercampur masukkan tepung aduk hingga rata. Kemudian bentuk adonan dan letakkan di atas loyang. Panggang kurang lebih 20-25 menit hingga matang.

Tips:

Kamu dapat menggunakan scoop es krim sebagai alat bantu untuk memudahkan dalam membentuk adonan.

kingarthurflour.com
kingarthurflour.com

Setelah dikeluarkan dari oven, diamkan terlebih dahulu kue kering selama kurang lebih 10 menit hingga dingin sebelum diangkat dari loyang. Kue kering yang baru saja keluar dari oven masih memiliki tekstur yang lembut dan mengeras.

www.plantandplate.com
www.plantandplate.com

Cara menyimpan kue kering agar lebih tahan lama dengan cara tempatkan kue kering dalam wadah kedap udara.

belanjamurahm.yukbisnis.com
belanjamurahm.yukbisnis.com

Mudah bukan cara membuat kue kering ini? Selamat mencoba.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *