Masakan khas Indonesia memang memiliki cita rasa tanpa tanding. Bahkan masakan-masakan luar negeri pun kalah lezatnya dengan masakan Indonesia. Terbukti dari kuliner Indonesia yang pernah masuk dalam kategori masakan terlezat dunia versi CNN.

Adanya rempah-rempah yang berlimpah dikombinasikan dalam satu resep masakan membuat rasa masakan khas nusantara menjadi berbeda. Itulah yang tidak dimiliki negara lain.

Seperti daftar resep masakan berikut ini nih, yang selalu dicari para wisatawan ketika bertandang ke Indonesia. Simak ulasannya, yuk!

1Bubur Ayam Khas Betawi

aficionado.com

Betawi terkenal dengan aneka kulinernya yang khas. Termasuk bubur ayam. Sebenarnya bahan-bahan bumbunya hampir mirip dengan bubur ayam Palembang. Namun, ada sedikit tambahan pada bumbu kuahnya.

Bahan bumbu untuk kuah bubur ayam khas betawi terdiri dari, dua buah paha ayam yang dimemarkan tulangnya dan jahe sepanjang 2 cm. Perbedaan lainnya terletak pada bumbu halus, yaitu ditambahkan ketumbar.

Cara membuatnya pun tidak berbeda dengan cara pembuatan bubur ayam dari Palembang. Hanya saja ketika membuat kuah, diberi tambahan dua paham ayam memar dan sedikit jahe sebagai penyedap.

Pertama kali, kamu harus buat bubur beras, kaldu ayam, garam, dan daun salam terlebih dahulu.

Setelah itu buatlah kuahnya dengan menggunakan kaldu ayam yang dicampur air dan bumbu halus dan jahe yang sudah ditumis.

diahdidi.com
diahdidi.com

Kalau sudah matang semua, sajikanlah bubur beras bersama kuah, ayam, dan bahan pelengkap.

2Nasi goreng

recipeshubs.com

Nasi goreng khas Indonesia menjadi makanan favorit para turis asing yang berkunjung di Indonesia. Bumbu rempah-rempah yang bertabur di dalam nasi goreng membuat rasa dan aroma masakan nasi goreng Indonesia berbeda dari yang lainnya.

Lagi-lagi kuliner Indonesia yang jadi juaranya. Nasi goreng pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat kedua oleh CNN pada tahun 2011. Sungguh prestasi yang luar biasa.

Cobalah memasak nasi goreng sendiri dan nikmati kelezatan rasanya.

Siapkan saja bahan-bahan utama, seperti beras, telur, bawang putih, bawang Bombay, daun bawang, seledri, cabai, garam, dan penyedap rasa.

Pertama, kamu cuci beras sampai terlihat bersih, lalu masaklah sebagaimana kamu memasak seperti biasanya.

Kedua, haluskan cabai, bawang merah, dan putih hingga lumat dan terasa lembut. Sisihkan bumbu halus ke dalam mangkuk kecil.

Ketiga, iris bawang bombay, seledri, dan daun bawang. Kalau sudah, tumis irisan bawang merah dan putih sampai aromanya harum, kemudian tambahkan bumbu halus.

Tumis bahan-bahan tersebut dan masukan telur untuk dibuat orak-arik.

nutami.wordpress.com
nutami.wordpress.com

Tumis setengah matang saja, setelah itu diikuti dengan memasukkan nasi yang sudah matang. Aduk-aduk bersama adonan bumbu hingga menyatu dan meresap. Taburkan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Bahan terakhir yang harus dicampurkan yaitu bawang bombay, daun bawang, dan seledri. Aduk lagi sampai nasi goreng matang. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Nasi goreng cocok disajikan untuk makan malam atau ketika sarapan di pagi hari. Tambahkan telur mata sapi, irisan timun, dan tomat sebagai pemanis dan pelengkap. Selamat menikmati!

3Sate Madura

rachmira.blogspot.com

Siapa sih yang tidak kenal Sate Madura? Sate eksotis ini tersohor dengan segala kelezatan rasanya. Sate Madura menjadi pilihan pertama para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Adonan bumbu spesial Sate Madura terletak dari bahan pembuatnya, yaitu kacang. Bahan utama yang harus kamu siapkan, yakni kacang tanah, bawang putih, bawang merah, air, garam, merica bubuk, kecap manis, daun jeruk, dan cabai merah.

Seperti biasanya, pertama kali yang harus kamu buat adalah bumbu halusnya, berupa bawang putih, bawang merah, kacang tanah goreng, dan cabai merah.

food.blogspot.com
food.blogspot.com

Campurkan bumbu halus dengan air, kecap manis, daun jeruk, garam, dan merica, lalu tumis hingga aromanya harum dan menggiurkan. Jika sudah matang, tambahkan lagi kecap manis agar rasanya makin sempurna.

Sekarang, potong dadu daging kambing lalu tusukan satu persatu ke tusuk sate. Setelah semua daging dikemas dalam beberapa tusuk sate, lumuri dengan bumbu yang tadi kamu buat. Kemudian, panggang di atas bara api yang sudah disiapkan.

Sambil memanggang, kamu boleh menambahkan kecap lagi. Kalau sudah matang dan empuk, angkat sate dan sajikan bersama bumbu kacang khas Madura.

4Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas

youtube.com

Ini resep untuk kamu yang hobi makanan pedas. Bahan-bahan utama yang harus kamu siapkan yakni ayam potong, sereh dimemarkan, daun jeruk nipis, gula, garam, dan penyedap rasa (bila diperlukan).

Bahan untuk membuat bumbu halus, yaitu cabai rawit merah, cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih. Haluskan bumbu di atas menggunakan blender atau diuleg.

Langkah pertama, bersihkan ayam yang sudah dipotong-potong lalu goreng ayam sampai berwarna setengah kuning atau setengah matang.

Kedua, tumis bumbu halus bersama gula pasir, garam, dan tambahkan penyedap rasa. Aduk-aduk bumbu tumis, kemudian masukan ayam goreng sambil diaduk hingga bumbu-bumbunya meresap ke dalam ayam.

Terakhir, tuangkan air secukupnya sambil memasukkan sereh, jahe, dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dengan ayam.

Jika sudah matang, angkat dan hidangkan. Tambahkan aksesoris dari daun jeruk dan cabai sebagai pemanis hidangan.