Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena kurangnya hemoglobin atau keping darah merah dalam tubuh.

Jika dalam keadaan normal, tubuh terdiri dari empat puluh persen sampai empat puluh lima persen keping darah merah dan enam puluh persen plasma darah. Anemia terdiri dari berbagai macam jenis yaitu anemia hemolitik dan anemia aplastik.

1Apa Itu Anemia Aplastik?

keponews.tumblr.com

Anemia aplastik merupakan salah satu jenis anemia yang ditandai dengan adanya pansitopenia (defisit sel darah pada jaringan tubuh). Anemia aplastik berbeda dengan anemia biasanya.

Anemia yang biasa hanya kekurangan sel darah merah saja, sedangkan anemia aplastik mengalami defisit sel darah merah, sel darah putih dan trombosit.

Sebenarnya penyakit anemia aplastik merupakan anemia yang disebabkan karena gangguan kegagalan sumsum tulang sehingga menyebabkan penipisan unsur sumsum dan menyebabkan penurunan dan berhentinya produksi sel darah merah.

Defisit sel darah pada sumsum tulang ini disebabkan karena kurangnya sel induk pluripoten sehingga sumsum tulang gagal membentuk sel-sel darah. Kegagalan sumsum tulang ini disebabkan banyak faktor. Mulai dari induksi obat, virus, sampai paparan bahan kimia

2Faktor Penyebab

yogisite.my.id

Anemia aplastik dapat disebabkan oleh beberapa macam faktor salah satunya adalah penyakit kongenital atau penyakit yang sudah dibawa sejak lahir. Penyakit kongenital yang menyebabkan terjadinya aplastik adalah anemia fanconi atau kelainan resesif autosomal.

Penyakit ini ditandai dengan adanya mutasi 13 gen yang menyebabkan hipoplasia, pansitopenia, instabilitas kromosom, sumsum tulang, dan syndrom dubowizt atau pertumbuhan yang lambat.

Hal ini ditandai dengan kurangnya hormon pertumbuhan, dislokasi kromosom, dan kelainan hipotalamus. Selain itu, anemia aplastik juga bisa disebabkan karena obat – obatan. Salah satu jenis obat yang menyebabkan anemia ini terutama adalah kloramfenikol.

Misalnya jika bayi diberi kloramfenikol sejak umur 2 tahun maka ia bisa menderita anemia jenis ini setelah umurnya 6 tahun.

Obat lain yang dapat menyebabkan anemia aplastik adalah azathioprine, inhibitor carbonic anhydrase, karbamezepine, indomethasin, penisilamine, trimethadione, dan probenesid.

3Gejala Anemia Aplastik

health.kompas.com

Biasanya, Anemia aplastik ditandai oleh jumlah ganulosit kurang dari 500/mm3, jumlah trombositnya kurang dari 20.000/mm3, dan jumlah retikulositnya kurang dari 1 persen.

Penderita anemia aplastik biasanya akan mengalami gejala – gejala khusus misalnya mengalami anemia atau kurang sel darah merah, leukopenia atau kurang leukosit, dan trombositopenia atau kekurangan trombosot.

Ketiga gejala ini biasanya juga disertai dengan beberapa gejala lain misalnya pucat, lemah, mudah lelah, hilang selera makan, palpitasi, pendarahan pada gusi, infeksi, petekia, epistaksis, dan ekimosa.

Selain itu, tanda lain dari penderitanya yaitu infeksi bakteri, pucat, demam, mudah letih, kongestif, takikardia, dan gagal jantung.

4Siapa Saja Penderita Anemia Aplastik?

tumbuh-kembang.co.id

Kasus anemia aplastik ini sangat rendah pertahunnya. Kira-kira 2 – 5 kasus/juta penduduk/tahun.

Dan umumnya penyakit ini bisa diderita semua umur. Meski termasuk jarang, tetapi penyakit ini tergolong penyakit yang berpotensi mengancam jiwa dan biasanya dapat menyebabkan kematian

5Cara Cegah Anemia Aplastik

harnas.co

Usaha pertama untuk mencegah anemia aplastik ini adalah menghindari paparan bahan kimia berlebih sebab bahan kimia seperti benzena juga diduga dapat menyebabkan anemia aplastik.

Kemudian hindari juga konsumsi obat-obat yang dapat memicu anemia aplastik. Kalaupun memang harus mengonsumsi obat-obat yang demikian, sebisa mungkin jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Usahakan mengobati dengan cara alami terlebih dahulu. Membiasakan pola hidup sehat dan rutin olah raga. Dua hal sederhana yang sulit dilakukan jika tak ada tekad kuat dari dalam diri.

Selain bahan kimia dan obat, ada baiknya pula untuk menjauhi radiasi seperti sinar X dan radiasi lainnya yang telah dijelaskan di bagian faktor penyebab di atas.

6Fakta Lain Seputar Anemia Aplastik

deherba.com

Istilah-istilah lain dari anemia aplastik yang sering digunakan antara lain anemia hipoplastik, anemia refrakter, hipositemia progresif, anemia aregeneratif, aleukia hemoragika, panmielofisis dan anemia paralitik toksik.