Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh keberadaan sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam tubuh berkurang.

Sedangkan hemoglobin merupakan senyawa protein yang berfungsi membawa oksigen dalam sel darah merah menuju seluruh jaringan tubuh.

Ibu hamil memang lebih rawan mengalami anemia daripada orang biasanya. Sekitar 56% penderita anemia merupakan wanita yang sedang hamil. Itu artinya, bagi ibu hamil harus lebih waspada terhadap penyakit ini.

Salah satu penyebabnya karena sel darah merah yang biasanya cukup untuk memasok nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh harus dibagi lagi ke janin dalam rahim. Karena tubuh kekurangan asupan nutrisi untuk memproduksi hemoglobin lebih banyak, akhirnya sang ibu mengalami anemia.

Bagi kamu yang saat ini sedang hamil dan mengalami gejala anemia. Perlu segera mendapatkan pertolongan yang tepat agar ancaman gangguan kehamilan tidak sampai menimpamu.

Gejala Anemia yang Perlu Kamu Ketahui.

1Sesak Nafas saat Melakukan Kegiatan

sehatfresh.com

Kurangnya oskigen yang dipasok ke seluruh jaringan tubuh dapat menyebabkan kondisi tubuh melemah. Salah satunya paru-paru yang kesulitan bekerja menyaring oksigen yang masuk melalui saluran pernafasan. Akibatnya kamu akan merasakan sesak nafas.

2Jantung Berdetak Lebih Cepat

suksesimpian.blogspot.com

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya oksigen dan nutrisi dalam jaringan tubuh yang dibawa oleh sel darah merah. Sebagai reaksi agar tubuh tetap dapat memenuhi tugasnya, jantung memompa darah lebih cepat. Akhirnya kamu merasakan jantungmu berdebar.

3Kepala Terasa Pusing

samsulkosasi.wordpress.com

Hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen ke otak dan ke seluruh tubuh. Sehingga tubuhmu memberikan tanda warning agar kamu segera beristirahat dan mengambil tindakan pengobatan melalui kepala yang pusing tadi.

4Mudah Merasa Lelah

endarwahyuni.blogspot.com

Akibat berkurangnya hemoglobin dalam tubuh menjadikan pasokan nutrisi untuk sumber energi dalam sel-sel tubuh juga berkurang. Dampaknya kamu akan mudah merasa lelah karena jaringan sel dalam tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan energimu dalam beraktifitas.

5Merasa Mual

arisyanti.wordpress.com

Akibat berkurangnya pasokan nutrisi dan oksigen dalam jaringan tubuh yang disebabkan oleh anemia berikutnya adalah rasa mual. Penyebab dari rasa mual ini bisa jadi sebagai lanjutan dari kepala pusing yang berkepanjangan.

Selain itu rasa mual juga akibat dari reaksi organ pencernaan yang mengalami kekurangan nutrisi sehingga tidak dapat optimal dalam menjalankan fungsinya.

Setelah mengetahui gejala-gejalanya, kamu juga perlu mengetahui penyebab anemia untuk dapat melakukan pencegahan.

Terdapat tiga jenis anemia yang selama ini telah ditemukan oleh para ahli dengan klasifikasi sesuai dengan penyebabnya. Anemia bisa disebabkan oleh defisiensi vitamin B12, defisiensi mineral zat besi atau defisiensi asam folat.

khadijahbeautyshop.blogspot.com
khadijahbeautyshop.blogspot.com

Vitamin B12 berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Jika saat hamil, sang ibu kekurangan asupan vitamin ini, maka tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah dalam jumlah banyak.

Sedangkan mineral zat besi berfungsi untuk menghasilkan hemoglobin dalam jumlah cukup. Jadi ketika jumlah zat besi dalam tubuh kurang, akibatnnya pasokan oksigen yang dibawa oleh hemoglobin ke seluruh tubuh juga sedikit.

Berbeda halnya dengan asam folat. Zat ini berfungsi untuk menghasilkan sel-sel baru yang dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk sel darah merah. Jika kekurangan asam folat, berarti jumlah sel darah merah yang dibutuhkan tubuh juga tidak mencukupi.

Mengkonsumsi suplemen yang mengandung mineral zat besi, asam folat dan vitamin B2 merupakan hal yang bisa kamu lakukan untuk mecegah terjadinya anemia pada ibu hamil.