Buat kamu penggemar film anime dari Jepang, mungkin tidak asing lagi dengan nama Hayao Miyazaki. Seorang sutradara animasi dan kartunis manga Jepang yang mungkin menjadi legenda hidup.

Hayao Miyazaki lah yang membuat film anime Jepang melambung ke dunia internasional yakni lewat dua film tersuksesnya, Princess Mononoke (1997) dan Spirited Away (2001).

Pria kelahiran 5 januari 1941 ini baru saja merayakan ulang tahunnya ke-75. Berkarir dalam bidang animasi semenjak tahun 1963, Miyazaki telah menjadi animator selama lebih dari setengah abad.

Semenjak 1985 ia mendirikan Studio Ghibli yang sampai sekarang menjadi ikon produsen film animasi terbesar di Jepang.

Lewat studio itu pula Miyazaki bisa berkreasi dan menyampaikan gagasan cerita dan karakter animasi yang penuh imajinasi, provokatif, dan mengaduk-aduk emosi penontonnya.

Kini Miyazaki menjadi legenda hidup dunia anime yang disanjung dan digemari jutaan fans anime. Saat ulang tahun ke-75 Hayao Miyazaki, para fans merayakannya dengan menampilkan berbagai wallpaper yang diambil dari film-film terbaik Miyazaki.

1Howl Moving Castle

boredpanda.com

Film ini film terakhir kedua dari Hayao Miyazaki yang dirilis pada tahun 2004. Padahal Miyazaki sendiri sudah ingin pensiun dari tahun 1997 dan mulai menarik diri dari dunia film setelah kesuksesan film Spirited Away di tahun 2001.

boredpanda.com
boredpanda.com

Namun, ketika sutrada film Howl Moving Castle yang diproduksi Studio Ghibli (didirikan Miyazaki) mendadak mengundurkan diri, Miyazaki terpanggil untuk mengisi pos sutradara demi menyelamatkan produksi film Studio Ghibli.

boredpanda.com
boredpanda.com

Pada dasarnya ide memfilmkan Howl Moving Castle dari sebuah novel dengan judul yang sama datang dari Miyazaki sendiri. Makanya ia merasa bertanggung jawab untuk merampungkan film ini.

Dan hasilnya cukup memuaskan, film ini menerima omset 190 juta Dolar AS di Jepang dan 235 juta Dolar AS di seluruh dunia. Menjadikannya sebagai salah satu film terlaris dalam sejarah perfilman Jepang.

2Hayao Miyazaki Art Portrait

boredpanda.com

Para fans dan animator banyak terinspirasi darinya, maka tak salah jika ia disebut sebagai legenda animator dunia. Sebuat art portrait dibuat oleh animator yang lengkap banyak karakter tokoh kartun yang pernah dibuatnya.

3My Neighbor Totoro

boredpanda.com

Salah satu film sukses dari Miyazaki, yang melambungkan namanya ke dunia di dekade 80-an. Berbagai kategori penghargaan telah disabet film ini baik di Jepang maupun di dunia.

boredpanda.com
boredpanda.com

4Spirited Away

boredpanda.com

Sempat memutuskan pensiun pada tahun 1997 setelah kesuksesan besar film Princess Mononoke, Miyazaki ternyata tak bisa lepas sepenuhnya dari dunia film.

Ketika dia menemukan sesuatu menarik, langsung terbayang ide film yang baginya harus tersalurkan. Film spirited away yang rilis pada tahun 2001, diinspirasi dari seorang anak gadis, putri dari teman Miyazaki.

boredpanda.com
boredpanda.com

Keputusannya untuk kembali menyutradai film ternyata tidak sia-sia. Film ini sukses gemilang menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang.

Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

Film ini juga memenangi Penghargaan Beruang Emas pada Pesta Film Internasional Berlin 2002.

5Kiki Delivery Service

boredpanda.com

Film yang dirilis tahun 1989 oleh Sutradara Hayao Miyazaki dan rumah produksi Toei Company. Saat itu Studio Ghiblin belum mampu memroduksi film animasi dengan kualitas internasional.

boredpanda.com
boredpanda.com

6Princess Mononoke

boredpanda.com

Inilah salah satu film fenomenal dari Miyazaki yang disambut luas oleh pecinta film animasi sedunia. Princess Mononoke, adalah adalah animasi fantasi yang diangkat dari kisah rakyat Jepang.

“Mononoke” bukanlah sebuah nama, tetapi istilah umum dalam bahasa Jepang untuk roh atau raksasa. Film ini pertama dirilis di Jepang pada tanggal 12 Juli 1997, dan di Amerika Serikat pada tanggal 29 Oktober 1999.

Princess Mononoke bahkan sempat bersaing dengan film Titanic dalam box office, tangga film yang merangking film terlaris dunia.