Rotan seringkali dimanfaatkan sebagai bahan membuat berbagai perlengkapan mebel. Bagi kamu yang berminat untuk memilikinya, dapat membeli berbagai jenis kerajinan tangan ini di pusat kerajinan mebel rotan di kotamu.

Harga yang ditawarkan untuk mendapatkannya pun sangat beragam. Bahkan untuk rotan yang berkualitas sangat baik, kamu harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk memilikinya.

Nah, bagi kamu yang berkeinginan membeli kerajinan tangan berbahan rotan, sebaiknya juga harus mengetahui berbagai jenis rotan yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Berikut ini jenis-jenis rotan yang bisa ditemukan di Indonesia:

  • Rotan Balubuk; Rotan jenis ini sangat banyak ditemukan di pulau Jawa. Jenis ini seringkali digunakan untuk membuat bakul dan peralatan dapur lainnya. Rotan jenis ini cukup kuat untuk menahan beban yang berat.
  • Rotan Taman; Rotan jenis ini tersebar luas di wilayah pulau Kalimantan dan juga di pulau Sumatera. Namun demikian, nama dari rotan tanam ini berbeda-beda di setiap daerahnya.
  • Rotan Seletup; Rotan jenis ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam anyaman tikar. Rotan ini memiliki tekstur yang mudah dibentuk menjadi tikar. Terkadang rotan ini juga dikirim untuk memenuhi permintaan ekspor sebagai komoditas dagang.
  • Rotan Calamus Manan; Rotan jenis ini biasanya digunakan untuk membuat kursi dan berbagai perabotan lainnya. Hal ini tidak lepas dari jenis rotan ini yang sangat kuat untuk menahan beban yang berat. Selain itu, jenis ini juga tahan lama.

Bahkan, sebagian pengrajin rotan memanfaatkannya menjadi bahan dasar untuk membuat lantai. Rotan dari jenis calumus manan bisa dimanfaatkan seluruh bagiannya, mulai dari batang sampai dengan daun.

Produk kerajinan tangan berbahan dasar rotan haruslah dirawat dengan baik, agar kesan unik dan menarik dari kerajinan tangan ini tetap terjaga dan tidak hilang. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kerajinan tangan dari rotan haruslah dirawat dengan baik.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kerajinan tangan berbahan rotan dapat tahan lama dan tetap terawat.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawatnya antara lain seperti membersihkannya dari kotoran seperti debu, minimal seminggu sekali. Mengecat ulang jika terlihat warnanya sudah mulai memudar.

Serta menjauhkannya dari sinar matahari karena dapat membuatnya menjadi cepat rusak. Rotan yang sering terpapar sinar matahari dan terkena guyuran hujan akan terlihat kering, cepat pudar dan tidak akan bertahan lama.